Skip to content

ROLL CAKE Dasar

September 27, 2006

Description:
Resep dasar Roll Cake ini yang kupraktekkan di depan pakar masak, mbak Estherlita dan Nining. Karena katanya enak, jadi PD buat mempostingnya :-))

Pada foto atas, Roll cake pakai loyang zigzag setengah, menghasilkan motif cantik seperti bintang di tengah.

Pada foto bawah, menggunakan loyang full zigzag, hasilnya seperti bergaris2.

Satu resep ini menggunakan loyang 30X30 cm, hasilnya cake tebal 1,5-2 cm. Sesuaikan sendiri komposisi bahan dengan loyang yang dimiliki dengan tips Konversi Resep Cake sesuai loyang

Resep dasar ini bisa dikembangkan dengan berbagai rasa dan berbagai macam olesan/isian.

Ingredients:
10 btr Kuning Telur
5 btr Putih telur
110 gr gula pasir
100 gr terigu (bisa diganti 85 gr terigu 15 gr maizena)
25 gr susu bubuk
130 gr margarine
1 sdt Emulsifier (optional)

Directions:
– Kocok Telur dan gula (dan emulsifier jika di gunakan) hingga mengental putih dan berjejak
– Campurkan tepung dan susu bubuk yang telah di ayak, aduk dengan spatula
– campurkan margarine yang sudah dicairkan, aduk hingga rata
– Tuang pada loyang 30X30
– Oven dengan suhu 180-200 derajat selama 10-12 menit

Ikuti Tips dan Trik menggulung bolu gulung di sini

From → Cake, Kue

44 Comments
  1. Ini dia yang aku tunggu dari kemaren..terjawab deh pertanyaanku dari mana datangnya motif cantik itu hehehehehe…thanks a lot ya mbak Ine. Duh kuning telurnya booo banyak bener..seyem🙂

  2. lha kok aku “dituding” pakar masak, ntar ada yang kelewatan lho…he he he….makasih ya mbak resepnya… hri ini may bikin tapi pake loyang biasa aja gak pake yang bergerigi, lupa nyimpenna dimana soale…ntar aku posting hasilnya…. mudah2an bisa *grogi dilihatin gurunya*

  3. Dewi yang bikin enak tuh ya banyak kuningnya….

  4. Aciiikkk, ada resep bolgul lagiii….

  5. dewijoris said: Duh kuning telurnya booo banyak bener..seyem🙂

    biar enak Dew.

  6. ooo pake loyang khusus tohh… TFS mbak

  7. estherlita said: ntar aku posting hasilnya…. mudah2an bisa *grogi dilihatin gurunya*

    asal kuenya nyampai tempatku….aku akan merem dan menikmati tiap gigitannya mbak. hehehehe….

  8. Nyobain ah .. tapi nggak punya loyang khusus, kmaren pulang lupa … pake yang biasa aja bisa kali ya … yang penting rasanya enak🙂 makasih banyak udah sharing.

  9. hari ini lagi bingung mau bikin cemilan manis apa untuk buka puasammmh…. nyesel kemarin tidak beli loyang bolu gulung😦

  10. mba Ine…kalo mau rasa coklat, terigunya diganti coklat bubuk apa masukin pasta coklat aja?

  11. aku mau loyangnya :((

  12. mbak ..aku juga senang banget pake loyang zigzag itu untuk bikin bolu gulung …. cantik hasilnya …cuman belum punya yang setengah zigzag ni …dipasar ikan ada ngga …hehehe ….btw …makasi resep bolgulnya ya …. akus eneng banget bikin bolu gulung ….. gampang dan cepat ….

  13. wah tar aku contek kapan kapan mba, TFS…

  14. Cakep banget ya jadinya klo pakek loyang gituan. Indonesia mang top dah klo urusan perloyangan….Copy resepnya ya Cik😀

  15. M’Ine, kemaren aku bikin bolgul juga, (ga pake resep diatas sih), trus pake loyang biasa. Hasilnya gatot bow’. Resepnya aku copy n mau dipraktekin. Thanks

  16. mbak Ine, nyontek resepnya yach … sapa tau besok-besok lagi rajin … hi hi hi …

  17. menikmati fotonya saja sudah seneng.

  18. Betul, menikmati fotonya, membayangkan sedapnya … emm sudah senang.

  19. beneran… yang ini enak! sumpah dehh… ayo pada coba bikin! nanti klo udah jadi, kirim2 ya…. hueheheh

  20. evimeinar said: ooo pake loyang khusus tohh… TFS mbak

    iya Pep, kalau nggak….kan kita mesti mengukir dulu untuk dapat motif tsb.heheheh…..

  21. linagladman said: Nyobain ah .. tapi nggak punya loyang khusus, kmaren pulang lupa … pake yang biasa aja bisa kali ya … yang penting rasanya enak🙂 makasih banyak udah sharing.

    iya Lin, pakai loyang biasa juga nggak kalah cantik kog

  22. sylviegill said: hari ini lagi bingung mau bikin cemilan manis apa untuk buka puasammmh…. nyesel kemarin tidak beli loyang bolu gulung😦

    pakai loyang biasa aja Syl, bagus juga kog

  23. siera2505 said: mba Ine…kalo mau rasa coklat, terigunya diganti coklat bubuk apa masukin pasta coklat aja?

    kalau rasa…enakan coklat bubuk, kalau warna..bagusan dari pasta.kurangi terigu 15 gram, di ganti coklat bubuk, trus tambah 1 sdm pasta coklat

  24. orientale said: aku mau loyangnya :((

    di sini banyak Yam

  25. kuenyaoyan said: mbak ..aku juga senang banget pake loyang zigzag itu untuk bikin bolu gulung …. cantik hasilnya …cuman belum punya yang setengah zigzag ni …dipasar ikan ada ngga …hehehe ….btw …makasi resep bolgulnya ya …. akus eneng banget bikin bolu gulung ….. gampang dan cepat ….

    sama Yan, aku juga demen karena cepet. Ada banyak tuh loyangnya di pasar ikan

  26. loranty said: wah tar aku contek kapan kapan mba, TFS…

    sama sama Li

  27. bellnad said: Cakep banget ya jadinya klo pakek loyang gituan. Indonesia mang top dah klo urusan perloyangan….Copy resepnya ya Cik😀

    emang disini loyang macem2 dan murah2.

  28. ritadesy said: M’Ine, kemaren aku bikin bolgul juga, (ga pake resep diatas sih), trus pake loyang biasa. Hasilnya gatot bow’. Resepnya aku copy n mau dipraktekin. Thanks

    iya…yang penting telaten mengocok dan mengaduknya.paling kritis itu nyampur margarine cair, mesti bener2 rata.

  29. phitree said: mbak Ine, nyontek resepnya yach … sapa tau besok-besok lagi rajin … hi hi hi …

    iya Fit, silakan

  30. agneswollny said: menikmati fotonya saja sudah seneng.

    coba deket ya Nes…

  31. gamelan said: Betul, menikmati fotonya, membayangkan sedapnya … emm sudah senang.

    berarti yang bikin seneng imajinasinya ya mbak

  32. musti beli loyangnya dulu nih, dulu pernah nyoba bikin roll gulung tapi resepnya kayanya kaga bener jadi gatot (keras jadinya), kalu resep dr ci Ine enga diragukan pasti ok, nanti mau nyoba ahh, moga2 aku bisa ngegulungnya.

  33. amadeus18 said: musti beli loyangnya dulu nih, dulu pernah nyoba bikin roll gulung tapi resepnya kayanya kaga bener jadi gatot (keras jadinya), kalu resep dr ci Ine enga diragukan pasti ok, nanti mau nyoba ahh, moga2 aku bisa ngegulungnya.

    pakai loyang biasa juga bisa lho Dewi. kan mau mencoba dulu, nggak usah beli dulu deh

  34. Hore .. , pagi Cie Ine, semalem aku sudah berhasil menaklukan yang namanya bolu gulung Cie. Cuman ada berita nggak bagusnya Cie Bolunya seperti nggak begitu mateng sebagian ada yang agak2 benyek gitu. kenapa ya Cie ? ada yang salah nggak dengan pemanggangannya. kemarin itu saya pakai semua cara yang cie Ine ajarin, hanya saja pemanggangannya saya pakai 180 aja nggak sampai 200 takut kegosongan, terus pas udah 15 menitan saya ganti api atasnya.apa yang salah ya Cie ?Makasih banyak buat tips and triknya.

  35. selamat ya….. atas berita penaklukannya :-)kalau rada benyek…berarti kurang kering dikiiiiit. pake suhu 200 masih boleh kog.

  36. halo Mbak Ine, mampir ya, lagi cari inspirasi (doo meuni inspirasi) mo bikin apa hari ini. Kemana lagi tempat yang lebih baik selain blog masak jawara (versi 100 blog Indonesia) Mbak Ine ini🙂. Sampe bingung nih mo pilih yang mana, keliatan enak semuah :-)Btw, ngeliat bolgul bermotif ini, jadi inget, aku juga suka bikin yg bermotif gini (terinspirasi dari sini juga:-)). Tapi aku punyanya loyang biasa. Supaya bermotif, pas mau gulung, bolgulnya diiris2 melintang dengan jarak teratur (jangan sampai putus, maks setengah tinggi kue), trus pas diisi dengan selai etc, jangan lupa ‘lubang’ irisan tadi diisi juga. Jadi deh motifnya, persis kayak yg pake cetakan punya Mbak Ine itu. :-)Gitu dulu, Mbak. Sekali lagi thank you udah sharing resep okenya ya, Mbak .-)

  37. ejatmiko said: Btw, ngeliat bolgul bermotif ini, jadi inget, aku juga suka bikin yg bermotif gini (terinspirasi dari sini juga:-)). Tapi aku punyanya loyang biasa. Supaya bermotif, pas mau gulung, bolgulnya diiris2 melintang dengan jarak teratur (jangan sampai putus, maks setengah tinggi kue), trus pas diisi dengan selai etc, jangan lupa ‘lubang’ irisan tadi diisi juga. Jadi deh motifnya, persis kayak yg pake cetakan punya Mbak Ine itu.🙂

    Echa…salut deh, telaten banget kamu.biarpun nggak ada loyangnya, tetep bisa bikin yang bermotif!salam, dari jakarta!

  38. ai ai.. ternyata ada nih resep bolu gulung… cip acip, bikin ah wiken ini… ada tips ngegulungnya pun… thx ya mbak…

  39. ummuauliya said: ai ai.. ternyata ada nih resep bolu gulung… cip acip, bikin ah wiken ini… ada tips ngegulungnya pun… thx ya mbak…

    sama-sama Laksmi!

  40. Ci Ine, aku kemarinnya nyoba resep ini. Heran deh, udah baca dua kali resepnya masih aja salah baca. Padahal diresep ditulis 5 putih telur, yg nyantel diotakku 5 butir telur. Untung pas nyadar belum ngaduk dgn di tepung terigu. Jadinya aku tambahin 65 g tepung terigu dan untung untung untung tu kue jadi dan bisa dimakan :)Yg sisa 10 putih telurnya aku bikin pavlova. Moga2 gula darah gak naik dgn manisnya ;p Gak tahu nih, akhir2 ini pas masak suka salah ambil bahan. Kemarinnya mau pake tepung terigu yg diambil tapioca starch, pantesan koq perasaan tepungnya ringan banget. Moga2 sih ngawurnya gak berlanjut…

  41. estudia14 said: Ci Ine, aku kemarinnya nyoba resep ini. Heran deh, udah baca dua kali resepnya masih aja salah baca. Padahal diresep ditulis 5 putih telur, yg nyantel diotakku 5 butir telur. Untung pas nyadar belum ngaduk dgn di tepung terigu. Jadinya aku tambahin 65 g tepung terigu dan untung untung untung tu kue jadi dan bisa dimakan :)Yg sisa 10 putih telurnya aku bikin pavlova. Moga2 gula darah gak naik dgn manisnya ;p Gak tahu nih, akhir2 ini pas masak suka salah ambil bahan. Kemarinnya mau pake tepung terigu yg diambil tapioca starch, pantesan koq perasaan tepungnya ringan banget. Moga2 sih ngawurnya gak berlanjut…

    Regina, kadang2 aku juga begitu kalau nggak konsentrasi…nggak tenang…nggak moodhehehehe….pernah juga…nimbang udah komplit dan benar, udah mecah telur, nyalain mixerkog….adonan naiknya lamaaaaaaa….. waktu ngelap meja…lha…ketahuan, gulanya belum ikut di mix. pantes!

  42. Saya nyontek resepnya,kebetulan nyari2 di google ketemu yng ini kayaknya praktis,moga2 jadi deh🙂 terima kasih resepnya dan salam kenal yah.

  43. julieastuti said: Saya nyontek resepnya,kebetulan nyari2 di google ketemu yng ini kayaknya praktis,moga2 jadi deh🙂 terima kasih resepnya dan salam kenal yah.

    salam kenal Julie, semoga sukses percobaannya.

  44. Ci Ine…Salam kenal yaaa….Duh thanks banget sharing resep n tips-nya, sangat bermanfaat buat daku yang masih amatiran ini he..he…Nyontek resepnya juga ya Cie….Salam hangat buat kel dari Alkhobar-Saudi. -Otty-

Leave a Reply

