Skip to content

Lotek

October 12, 2006

Description:
Aku tahu lotek waktu di Yogya, ternyata di Jawa barat juga ada Lotek. Ketika aku bilang doyan lotek Yogya, temanku …orang bandung nggak terima dan bilang…bahwa Lotek itu khas makanan Sunda. ya..terserah deh…

Ini lotek yang kucontek dari si ibu yang dulu jualan sore hari di malioboro di depan Batik Terang bulan.

Diantara sayur2an buat lotek, ibu ini juga jual tahu goreng, mie goreng, bakwan dll. Lotek pakai mie goreng….enak juga lho (**sambil ngelirik mbak Estherlita yang belum bisa menerima perjodohan ini**)

Kalau bikin lotek, aku menggelar tampah, kayak orang jualan, langsung nguleg sendiri di depan KJ dan anak2, persis mbok2 jualan. yang kurang…aku gak pakai kebaya dan konde :-)) tetep sedep loteknya🙂

Ini disajikan langsung dari cobeknya…sebelum dipindah ke piring.

Ingredients:
1 ikat bayam, di petik dan di seduh air panas (aku demen gak terlalu matang
1 piring taoge, di seduh air panas
3 lembar kol buang tulang daunnya. iris tipis panjang
1 ikat kacang panjang rebus
2 ketimun
2 potong tahu goreng dan atau tempe goreng
2 buah lontong atau ketupat
sepiring kerupuk bawang warna warni

Bumbu:
150 gr kacang tanah sangrai
2 siung bawang putih
2 cabai merah
2 lbr daun jeruk
2 potong kencur
1/2 sdt terasi
1/2 sdt garam
2 sdm gula jawa
1 mata asem jawa di remas dengan sedikit air

Directions:
1. uleg hingga halus cabai, garam, terasi, kecur dan daun jeruk
2. Tambahkan kacang tanah, uleg hingga kacang halus
3. Tambahkan gula jawa dan air asam jawa, sambil di uleg agar tercampur rata
4. Campur bumbu dengan sayuran dan lontong, tahu goreng, sajikan bersama kerupuk bawang.

62 Comments
  1. emang lotektuh makanan sunda :Pehm sama kayak cobalagi..aku lebih suka yang mentah heheehm jadi lapar

  2. Wuaduh……enak bener neh!!!Jadi kangen kampung halaman…Eh salam kenal sebelumnya

  3. Numpang mampir ya mbak..saya penggemar lotek abiss.. jadi kangen eiii lotek dumai

  4. kalau lotek dumai, kayak apa ya?

  5. siip… lengkap informasinya. Jadi tau bedanya lotek jawa dan lotek bandung. Thks ya

  6. aku pertama makan di cilacap😀 kalo sunda bukannya karedok yak… pas pertama makan lotek kesannya mirip pecel cuman sausnya lebih luber dan maniiis..

  7. justru yang aku tau, lotek itu sayurnya matang, karedok itu sayurnya mentah.

  8. Ooohhh… lotek plus mie goreng dan bakwan… huenakkeee…

  9. setujuuuu… mie goreng-e style jowo.

  10. oh, enake!!!!!

  11. bikin mie goreng yang style jowo itu gimana ya?yg warnanya tetep kuning, trus ada wortel ma kubisnyatanpa telur sama sekali

  12. Yang namanya sambal kacang..aq suka smua..Dari pecel,gado2 sby,gado2 jkt,karedok,kertoprak, batagor ma yang terakhir nih lotek..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: