Skip to content

Sup Kuping

October 13, 2006

Description:
Kenapa namanya kuping? Ini celetukan si Yoke waktu kecil, kalau lihat sup ini, dia bilang…kayak kuping.

Kalau yang dipakai daging sapi, akan kelihatan beda antara telur dengan dagingnya, kluwer-kluwer, ada yang menyebutnya ini sup uter.

Ini variasi sup/baso dengan beda penampilan baso nya aja, biar nggak bikin bosan keluarga. sayuran bisa di ganti dengan sayur lain ya asal bukan pare! :-))
Resep ini sudah jadi masakan rutin dapurku, favoritku…kuah sup aroma daging asap!

Ingredients:
250 gr daging ayam/sapi cincang halus
2 sendok makan tepung sagu tani/maizena
1 butir putih telur
garam, merica secukupnya
1 sm bawang putih goreng di haluskan

1 sendok makan minyak goreng
2 siung bawang putih, di memarkan
1000 cc kaldu ayam
2 batang daun bawang, di potong 2 cm
2 batang seledri, di potong 2 cm
2 batang wortel di iris 1/2 cm
50 gram kapri atau sawi atau sayur hijau lainnya
3 lbr daging asap, iris halus (optional)

Bahan kulit
2 butir telur ayam
1/2 sendok makan tepung terigu
30 cc air
sedikit garam

Directions:
1. Buat kulit, campur pertama kali garam, terigu dan air, aduk searah agar tidak mringkil, tambahkan 2 butir telur, aduk sampai rata.
2. Dadar dengan wajan teflon menjadi 4 buah dadar.
3.Campur jadi satu, daging ayam/sapi, tepung, putih telur, garam
dan merica, bawang putih goreng halus, aduk sampai rata.
4. Bagi adonan jadi 4 sama banyak, masing masing bagian
di oleskan dengan tebal merata pada tiap lembar kulit, gulung rapi, bungkus dengan aluminum foil atau plastik tahan panas.
5. kukus selama 20 menit. setelah matang, iris menyerong setebal 1 cm.

6. Didihkan kaldu, bubuhkan garam dan merica.
7. tumis bawang putih memar dengan sedikit minyak sampai kuning dan harum, masukkan pada kaldu beserta minyaknya.
8. Masukkan wortel dan sawi. Matikan segera setelah wortel dan sawi matang. masukkan daun bawang dan sledri.
9. Masukkan potongan ‘kuping’ saat sup akan di sajikan, taburi daging asap.

29 Comments
  1. waduhh aku pkr td pk kuping sapi😀

  2. hehehhe memang bentuk mirip banget ama kuping🙂 mbak ine penggemar daging asep ya? banyak kali resep favorit mbak ine yang pakai daging asep…

  3. aku pikir malah jamur kuping🙂

  4. mbak ine itu pake daging ayam ya? warna dadar dan dagingnya sama2 putih…

  5. hi..hi..hi… syl kira juga sup jamur kuping atau beneran pakai kuping sapi😉

  6. evimeinar said: waduhh aku pkr td pk kuping sapi😀

    Tadinya aku kira malah kuping manusia… sup kuping ala Sumanto… hihihi… Sumanto mo bebas lhooo

  7. evimeinar said: waduhh aku pkr td pk kuping sapi😀

    hehehehe….eh…aku kog nggak pernah liat kuping sapi ya…. langsung di buang kali ya?kalau kuping babi di masak sih….banyak penggemarnya

  8. ardhanamesvari said: aku pikir malah jamur kuping🙂

    hehehe…pada kecele ya ama judul sikuping

  9. ningnong said: hehehhe memang bentuk mirip banget ama kuping🙂 mbak ine penggemar daging asep ya? banyak kali resep favorit mbak ine yang pakai daging asep…

    iya Ning…daging asep, lidah asep, sosis asep…. aromanya itu lho…..

  10. haleygiri said: mbak ine itu pake daging ayam ya? warna dadar dan dagingnya sama2 putih…

    iya, kemarin itu dapat daging ayam giling di Makro dari fillet dada ayam. yang haluuuus banget. tapi malah rada sepo.

  11. sylviegill said: hi..hi..hi… syl kira juga sup jamur kuping atau beneran pakai kuping sapi😉

    Atau kuping sumanto spt kata Haley. hehehehe….

  12. Mbak, keknya penampilannya makin asyik klo daging asapnya ditaruh diantara dadar+daging. Hmmmm… *mbayangke trus ngiler*

  13. haleygiri said: Tadinya aku kira malah kuping manusia… sup kuping ala Sumanto… hihihi… Sumanto mo bebas lhooo

    lha kan kebeneran, katanya kalau dah bebas mau di berdayakan untuk memberantas koruptor. Koruptor yang tertangkap, di suruh hidup berdampingan dengan sumanto.

  14. haleygiri said: Mbak, keknya penampilannya makin asyik klo daging asapnya ditaruh diantara dadar+daging. Hmmmm… *mbayangke trus ngiler*

    iya…kalau lagi sepo gini….aku mikir…dagingnya di campur segenggam beras ketan…kan asyik juga.wis sana bikin…ntar kirim ke aku ya!

  15. seger amat ya Ine….enak tuk dingin dingin …cantik lagi kuping nya haaa

  16. marienapayne said: seger amat ya Ine….enak tuk dingin dingin …cantik lagi kuping nya haaa

    iya, masakan ini biasanya di sukai anak2. makanya sejak punya anak, aku masaknya yang bisa di makan seluruh keluarga, spy nggak banyak pernak pernik.

  17. hihihihihi..sama kayak Pepy aku pikir tadi juga kuping sapi ternyata hehehehe..tapi beneran keliatan segeer banget

  18. elkaje said: kuping babi di masak sih….banyak penggemarnya

    iya mbak aku sering liat disini

  19. O…o… asyik tuh bikin judulnya, jadi banyak yang penasaran seperti apa sih kuping yang jadi sup. Jebul-nya…. hehehe….

  20. enak tuh mbak, belum pernah bikin

  21. dewijoris said: hihihihihi..sama kayak Pepy aku pikir tadi juga kuping sapi ternyata hehehehe..tapi beneran keliatan segeer banget

    plok..plok..plok…..tepuk tangan buat Yoke yang udah kasi nama unik :-))

  22. milkaw said: O…o… asyik tuh bikin judulnya, jadi banyak yang penasaran seperti apa sih kuping yang jadi sup. Jebul-nya…. hehehe….

    Jebulnya…cuma mirip kuping :-))

  23. Aduh mbak, ini kayaknya enak banget. Aku pengin coba ah kapan-kapan. Kebetulan punya jamur kuping (yang hitam itu namanya jamur kuping ya?). Jadi ya cocok nanti namanya sup kuping…. Terimakasih ya mbak resepnya.

  24. hehehe…namanya cute, soup kuping🙂. segerrr nih mbak Ine, enak dimakan dingin2 gini🙂

  25. 3astwest said: hehehe…namanya cute, soup kuping🙂. segerrr nih mbak Ine, enak dimakan dingin2 gini🙂

    Enak Rat, sup macam ini paling sering jadi pilihan, karena anak2ku doyan yang bening2 gini

  26. hihihih ..kaget baca judulnya …. kirain pake kuping beneran …jamur kuping gitu ..hehehe

  27. huahahahaha….

  28. Thx ya resepnya. Enak! Cuman jadi nya nggak mirip blas sama foto di atas. Aku pake daging sapi, jadinya seperti galantin gitu. Yg aku heran kok punyamu bisa gede gitu ya?? Katanya dibagi 4? Punyaku kecil2 lucu😀

  29. tristanshawn said: Thx ya resepnya. Enak! Cuman jadi nya nggak mirip blas sama foto di atas. Aku pake daging sapi, jadinya seperti galantin gitu. Yg aku heran kok punyamu bisa gede gitu ya?? Katanya dibagi 4? Punyaku kecil2 lucu😀

    lha gede kan di foto, aslinya gede bulatannya segede koin uang 100 yang dulu itu…trus di potong serong…jadi kan kelihatan gede.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: