Skip to content

Telur Tebu Goreng

December 26, 2006

Description:
Pas ke pasar, aku tanya…apa ini? kata penjualnya “Telur tebu” Baru kali ini aku tahu telur tebu. Ah…masak tebu bertelur? tapi itulah namanya….
aku sekalian tanya cara masaknya.
katanya….di sambal goreng, di goreng…rasanya…mirip talas. Harganya ‘lumayan mahal’ seikat Rp 3000, isinya cuma 4 batang.

setelah di kupas, itu telur cuma segede jempolku.

sebagai percobaan, di goreng tepung aja…. hm….lumayan enak, legit gurih. tapi bener si abang, enakan di sambal goreng barangkali.

Ingredients:
10 Buah “telur” tebu

3 sendok makan terigu
1 btr telur
1 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt garam
air

Directions:
campur terigu, telur, bawang putih, garam dan air, aduk rata, hingga kekentalannya seperti tepung pisang goreng.
celup ‘telur’ tebu satu persatu dalam adonan dan goreng hingga kuning kecoklatan

48 Comments
  1. telur tebu apaan si mba’?^gakmudeng.com^

  2. iya nehh… ikutan mudeg… telur tebu kaya gimana sih??

  3. baru tau yg namanya telor tebu mba Ine…ga pernah denger sebelumnya

  4. bentuknya kaya apaan seh mba?? telur tebu??/

  5. wadoooh telur tebu, ada makanan baru di Indo hehehe….beneran gitu dari pohon tebu mbak In??

  6. wah… baru denger jg neh.. mba Ine ada poto telur tebu yg blom diolah ga? biar ada gambaran neh.. hehe

  7. mbak fotonya si telur sebelum dikupas dong.Pengen tau kaya apa sih “telur” tebu itu

  8. waks, tebu bertelur ???? …

  9. sassdiva said: telur tebu apaan si mba’?^gakmudeng.com^

    aku juga masih gak mudheng lho Amel heheheh…..beli di pasar, bentuknya mirip jagung yang sangat kurus masih terbungkus kulitnya.cara mengupasnya juga persis seperti jagung.penampakan setelah di kupas kulitnya, seperti telur ikan, segede jempol tangan orang dewasa.

  10. dhonatneth said: iya nehh… ikutan mudeg… telur tebu kaya gimana sih??

    menurutku…jangan2 ini sih calon bunga tebu, tapi karena bentuknya mirip telur ikan…di sebut telur tebu ya

  11. nanaheitmeier said: baru tau yg namanya telor tebu mba Ine…ga pernah denger sebelumnya

    aku juga baru tahu itu Na

  12. loranty said: bentuknya kaya apaan seh mba?? telur tebu??/

    Ntar hari sabtu, kalau di pasar ada lagi… aku fotoin ya.ke pasarnya cuma sabtu sih.

  13. 3astwest said: wadoooh telur tebu, ada makanan baru di Indo hehehe….beneran gitu dari pohon tebu mbak In??

    iya Rat…mungkin calon bunga tebu ya..

  14. cakroes said: wah… baru denger jg neh.. mba Ine ada poto telur tebu yg blom diolah ga? biar ada gambaran neh.. hehe

    ntar nunggu hari Sabtu ya… aku ke pasar dulu, di foto2 dah.

  15. Jadi inget lagu “Kalau bulan bisa ngomong.”Sekarang kita bikin lagu baru “Kalau tebu bisa bertelor” he he he.Jadi pingin mencicipi bu. Ada dijual umum yang sudah masak nggak?

  16. cindil said: mbak fotonya si telur sebelum dikupas dong.Pengen tau kaya apa sih “telur” tebu itu

    ntar ku fotoin, sebelum dan sesudah di kupas ya.

  17. phitree said: waks, tebu bertelur ???? …

    huahahahaha….. aku kirain…cuma aku yang kaget

  18. yohanesss said: Jadi inget lagu “Kalau bulan bisa ngomong.”Sekarang kita bikin lagu baru “Kalau tebu bisa bertelor” he he he.Jadi pingin mencicipi bu. Ada dijual umum yang sudah masak nggak?

    hm…gak tahu ya pak, aku juga baru tahunya sabtu itu, di pasar. Barangkali kalau ke perkebunan sekitar madu kismo situ….bisa dapat tuh. matengnya….entahlah

  19. Rasanya kek telur ato kek tebu mbak??????

  20. rasanya kaya apa?

  21. penampakan sebelum dikupas mana mbak?🙂

  22. baru tau, ada yg namanya telur tebu, kayak apa yah bentuknya?

  23. gak mudeng juga tebu bertelor😮 bentuk aslinya kaya apa siiiiii hihihi.. penasaran banget

  24. Awal ngeliat judulnya telur (berubung enggak terlalu ngefans sama telur) jadi selintas doang, pas liat2 lagi nyari resep lah telur tebu……hm….satu lagi hal yg baru dari tanah air.

  25. jrdd said: Rasanya kek telur ato kek tebu mbak??????

    kayak talas..atau ubi…rada lembut

  26. amadeus18 said: rasanya kaya apa?

    legit

  27. ningnong said: penampakan sebelum dikupas mana mbak?🙂

    Tadi aku ke pasar….gak ada Ning. kata abangnya, emang pasokan nggak pasti. sebelum di kupas mirip jagung…kurus

  28. cikciks said: baru tau, ada yg namanya telur tebu, kayak apa yah bentuknya?

    emang aku juga baru tahu Stell

  29. helvinrita said: gak mudeng juga tebu bertelor😮 bentuk aslinya kaya apa siiiiii hihihi.. penasaran banget

    jam 6 tadi pagi ke pasar Rit, mau beli dan buat di foto2, tapi lagi nggak ada

  30. abiandsammymummy said: Awal ngeliat judulnya telur (berubung enggak terlalu ngefans sama telur) jadi selintas doang, pas liat2 lagi nyari resep lah telur tebu……hm….satu lagi hal yg baru dari tanah air.

    kayaknya ini bagian dari bunga tebu, karena bentuknya mirip telur ikan…trus di bilang telur tebu

  31. Cie Ine, mertuaku sering masak telur tebu ini, buat campuran sayur lodeh-nya Ketupat Sayur itu loh! Enak deh, aku pertama makan langsung suka. Rasanya unik, kaya gabus-gabus gitu? Mudah-mudahan yang dimaksud sama ya… Ada artikel tentang “telur tebu” di majalah Selera tempoe doeloe, warisan oma-ku. Sayur ini termasuk sayur langka/jarang ditemui, dan kayanya hanya familiar di kalangan suku Betawi. Nama lainnya Terubuk (ada yang tau dengan nama ini mungkin?) Tapi aku sendiri belum pernah lihat penampakan mentahnya.

  32. santolis said: Cie Ine, mertuaku sering masak telur tebu ini, buat campuran sayur lodeh-nya Ketupat Sayur itu loh! Enak deh, aku pertama makan langsung suka. Rasanya unik, kaya gabus-gabus gitu? Mudah-mudahan yang dimaksud sama ya… Ada artikel tentang “telur tebu” di majalah Selera tempoe doeloe, warisan oma-ku. Sayur ini termasuk sayur langka/jarang ditemui, dan kayanya hanya familiar di kalangan suku Betawi. Nama lainnya Terubuk (ada yang tau dengan nama ini mungkin?) Tapi aku sendiri belum pernah lihat penampakan mentahnya.

    akhirnya…. ada yang tahu juga kegunaan telur tebu. thks ya Shin, aku belum ketemu lagi di pasar, ntar kalau ada, pingin coba di cemplungin di lodeh.telur terubuk aku pernah dengar…cuma..nggak ingat apaaaaaa gitu.

  33. wuah dipasar mana belinya ci ?🙂

  34. cusson90 said: wuah dipasar mana belinya ci ?🙂

    di pasar mandiri kelapa gading Len, tapi nggak setiap saat ada. udah 2 minggu aku pingin beli lagi, buat di foto dan dipamerin di sini…nggak ada pasokan.

  35. Cie Ine… ralat! Namannya bukan Terubuk tapi Telubuk. Kalo Terubuk itu nama ikan, hehehe… monggo mampir ke dapurku ada fotonya yang mateng dan yang mentah (di ujung kanan bawah foto utama), mudah-mudahan yang penasaran bisa terobati.

  36. santolis said: Cie Ine… ralat! Namannya bukan Terubuk tapi Telubuk. Kalo Terubuk itu nama ikan, hehehe… monggo mampir ke dapurku ada fotonya yang mateng dan yang mentah (di ujung kanan bawah foto utama), mudah-mudahan yang penasaran bisa terobati.

    nah…ayo..mampir ke dapur Shinta yang jauh dari amatir..:-) buat nengok si telur tebu itu. thks ya Shin, aku jadi dapat satu jenis lagi masakan si telur tebu ini

  37. seperti rebung kali ya Mbak….

  38. kuenyaoyan said: seperti rebung kali ya Mbak….

    teksturnya malah seperti ubi atau tales menurutku Yan.

  39. elkaje said: teksturnya malah seperti ubi atau tales menurutku Yan.

    blum pernah lihat ni Mbak .. tadi dah mampir ke sitenya Mbak Sinta ..ngga kebayang juga hehehe …..malah aku kebayangnya kayak rebung mentah yang masi berkulit …hihihi jauh ya

  40. kuenyaoyan said: blum pernah lihat ni Mbak .. tadi dah mampir ke sitenya Mbak Sinta ..ngga kebayang juga hehehe …..malah aku kebayangnya kayak rebung mentah yang masi berkulit …hihihi jauh ya

    kayak jagung masih berkulit.ketika di kupas, seperti gumpalan telur ikan, atau mungkin lebih tepatnya kayak ampas tahu di kepel.hihihihi…..

  41. elkaje said: kayak jagung masih berkulit.ketika di kupas, seperti gumpalan telur ikan, atau mungkin lebih tepatnya kayak ampas tahu di kepel.hihihihi…..

    aku bayangin dulu ya mbak … *bayangin* ….

  42. Ya betul Cie Ine, seperti ampas tahu dikepal! Gambaran yang tepat

  43. Ci Ine….telur tebu ini favoritku lhoooooo…duhhhh ngiler deh! Biasa mamaku dibuat semacem sayur asem gitu, tapi pakai tomat ijo, yummmm enak bgt! Aku ga tau bumbu persisnya apa, tapi kuahnya seperti sayur asem. Enak Ci Ine…disini ga ada😦 Kalo pulang biasanya mamaku masakin telur tebu ini. Emang mahal ya, udah gitu dari luar keliatannya besar, setelah dibuang kulitnya lahhhhh isinya cuma kecil banget!😛

  44. aharyanto said: Ci Ine….telur tebu ini favoritku lhoooooo…duhhhh ngiler deh! Biasa mamaku dibuat semacem sayur asem gitu, tapi pakai tomat ijo, yummmm enak bgt! Aku ga tau bumbu persisnya apa, tapi kuahnya seperti sayur asem. Enak Ci Ine…disini ga ada😦 Kalo pulang biasanya mamaku masakin telur tebu ini. Emang mahal ya, udah gitu dari luar keliatannya besar, setelah dibuang kulitnya lahhhhh isinya cuma kecil banget!😛

    sejak banjir aku belum ke pasar lagi, padahal pingin beli lagi buat di foto yang jelas sejelas jelasnya dan di masak lodeh atau yang lain spt kata teman2.thks sharingnya ya

  45. Disini nih ada photo buahnya. Kalo pohonnya saya lagi cari. Katanya sih batang pohonnya memang mirip batang tebu dan buahnya kaya telur ikan. Dari kombinasi itu barangkali makanya dinamakan telur tebu

  46. telur tebu itu bukanne telurnya ulat yang ada ditanaman tebu? nantinya jadi larva. Biasanya orang2 desa makan macam2 ulat seperti ini, baik di tanaman maupun di tanah.

  47. ci ineee…liat dong telur tebu bentuknya kek gimana?? pleaseee….penasaran deh…:)

  48. itu…di blognya Sinta (santolis) udah ada fotonya, liat ke sana gih.di sini suka di bilang bunga terubuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: