Skip to content

Muffin Wilton

March 20, 2007

Description:
Ini muffin yang paling enak yang pernah ku buat. Menurutku lho ya….
Karena aku senang yang rada lembab dan spongy ketimbang muffin yang klasik yang rada crumbly.

Sebenarnya udah sering bikin muffin ini dengan beberapa isian, tergantung
adanya persediaan di dapur. Tapi karena awal maret lalu ketemu langsung dengan penciptanya, ibu Dinie di Cooking With Style, yang juga mengajar di Wilton, jadi teringat buat mempostingnya.

Ruri yang membawa resep enak ini ke milis NCC, sehingga dikenal dengan Muffin Wilton, sering juga di sebut Muffin Ruri! (Resep Klappertartnya juga enyak…dan jadi salah satu jualanku yang laris)

Ibu Dinie yang rendah hati, Ruri yang mau berbagi, bahagianya kenal dengan teman-teman ini, sehingga aku punya resep favorit Muffin yang cempluk!

Libur kemarin, 2 hari berturut2 bikin muffin, karena ada keponakan yang doyan cemal cemil dan minta di bawa pulang. Ponakan ini umur 4 tahun, seneng menodongku bikin kue kalau dia main ke rumah, karena dia selalu boleh membantu, kemarin membantu memasang paper cup dan naburkan choco chips!

Resep dah kumodifikasi
dari http://kuehruri.blogspot.com/2006_01_01_kuehruri_archive.html

Ingredients:
Sumber: Ruri
Resep asli: Ibu Dinie Kursus Wilton, Fatmawati Jakarta.
Bahan:
350 gr tepung terigu
25 gr susu bubuk (aslinya gak ada)
180 gr Margarine+50 gr butter (aslinya 230 butter)
110 cc air
4 butir telur ukuran M (200 gr telur isi saja)
300 gr gula pasir (kalau mau cheese muffin atau daging asap atau muffin yang rada gurih, 200 gr aja)
1 sdm vanili ekstrak
8 gr baking powder
50 gr atau lebih boleeeeh bahan tambahan sesuka hati (misalnya coklat chip ato keju dipotong dadu)

Directions:
Cara membuat:
1. Rebus butter, air dan gula sambil mendidih dan gula larut
2, Masukkan tepung dan susu bubuk kedalam bowl mixer, tuangkan perlahan bahan campuran butter panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat.
3. Masukkan vanilla
4. Masukkan telur satu persatu
5. Masukkan baking powder, kocok sampai cukup rata
6. Masukkan bahan tambahan (choco chips/kacang/keju/buah dll)
7. Masukkan adonan kedalam piping bag, potong ujungnya
8. Semprotkan kedalam cetakan muffin sampai penuh taburi atasnya dengan sisa bahan tambahan
9. Oven dengan suhu 200° ± 20 menit

From → Cake, Kue

103 Comments
  1. Ci, mau nanya, kalau pake cetakan muffin satuan tetap bisa munjung ya jadinya ? ngg meleber tumpah gitu ?

  2. halo mbak…aku contek ya, lagi cari kue2 yang ga perlu di mixer,kira2 muffin ini kalo ga dimixer alias kocok tangan biasa bisa ga yaa?soale kan disitu dibilang dimixer dengan kecepatan sedang..heheeemakasih ya mbak…

  3. salam kenal, ibu. sy mohon ijin memasukkan resep muffin di blog saya. terimakasih ya bu enak sekali muffin nya. anak2 dan suami suka banget.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: