Skip to content

Lunpia Udang Jamur Kuping dengan Bumbu Saus Tiram

March 25, 2007

Description:
Bikin lunpia ini karena terpaksa, karena ada setumpuk kulit yang terlanjur di beli.

Karena nggak mau belanja bahan isian, pakailah isi yang ada di rumah.

Biasanya bumbu lunpia semarang itu seperti lem coklat muda yang nggak ada rasa. Ini di bikin dari saus tiram dengan rasa dominan manis buat mengimbangi rasa gurihnya lunpia.

Ingredients:
250 gr udang Peci ukuran sedang
5 lembar jamur kuping, di rendam hingga mekar, potong halus
4 lembar daun bawang, ambil putihnya saja, iris halus
2 siung bawang putih haluskan
1 sdm maizena
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
20 lbr kulit lunpia
1 telur putih
1/2 sdm air jeruk lemon

bahan saus
2 sdm saus tiram
1 siung bawang putih haluskan
1 sdm minyak goreng
50 cc air
1 sdm gula pasir
1 sdm maizena, cairkan dengan sedikit air
garam (bila di rasa kurang asin)…tapi saus ini dominan manis!

Directions:
1. kupas udang, ambil dagingnya saja, cuci bersih dan tiriskan. Potong udang
kecil2, kira2 1/2 cm.
2. beri air lemon, garam, merica, maizena dan bawang putih halus. aduk rata
3. Campurkan daun bawang dan jamur kuping, aduk rata.
4. Isikan 1 sdm adonan ke selembar kulit lunpia, bungkus dan gulung,
rekatkan dengan putih telur.
5. Goreng dengan minyak banyak hingga kecoklatan
6. Sajikan Lunpia dengan bumbu saus tiram

Saus
1. tumis bawang putih dengan 1 sdm minyak goreng
2. masukkan saus tiram dan air
3 kentalkan dengan larutan maizena

TIPS:
Dapat tips dari chef Pearl chinese restaurant hotel JW marriot, supaya
mendapatkan udang yang garing dan kenyal, Udang kupas di rendam dengan air yang di beri sedikit aboe/air Khie. Lalu cuci bersih, dan tiriskan hingga
kering. baru di potong2 atau di cincang halus (untuk baso atau siomay!)

From → Gorengan, Kue

25 Comments
  1. slllruuuppp… minta sepuluh! :))

  2. ningnong said: slllruuuppp… minta sepuluh! :))

    Malak!!!

  3. mbak gimana milihnya dipasar udang peci ?…kan pecinya udang kecil2….hehehehehe*kabuuurrr sebelum disambit lumpia*

  4. Air khie itu bentuknya kayak apa to mbak?

  5. estherlita said: mbak gimana milihnya dipasar udang peci ?…kan pecinya udang kecil2….hehehehehe

    hua ha haaaaaaaaaaaaaaaaaa ….mo koment lunpianya gag jadi gara-gara keburu ngakak duluan baca koment mbak Esther …

  6. nyam nyam .. tambah rebung kaleng enak juga nih …

  7. evimeinar said: ngencessss

    ini…tissue! :-))

  8. ningnong said: slllruuuppp… minta sepuluh! :))

    malak! (ikutan Haley!)

  9. estherlita said: mbak gimana milihnya dipasar udang peci ?…kan pecinya udang kecil2….hehehehehe*kabuuurrr sebelum disambit lumpia*

    ini butuh pecinya atau udangnya? * sambil ngemplok lunpia…ketimbang buat nyambit *

  10. cutyfruty said: Air khie itu bentuknya kayak apa to mbak?

    bentuknya air hihihihi….kalau di sini beli ditoko bahan makanan china. Bisa buat mengenyalkan mie.

  11. phitree said: hua ha haaaaaaaaaaaaaaaaaa ….mo koment lunpianya gag jadi gara-gara keburu ngakak duluan baca koment mbak Esther …

    jangan kelamaan ngguyu…ntar tambah laper tuh Fit!

  12. adekbayi said: nyam nyam .. tambah rebung kaleng enak juga nih …

    pasti…ada krenyes2nya.kemarin nggak punya sih!

  13. asiiikkkk ada resep pake kulit lunpia lagi …..aku juga suka diisi jamur kuping … plus rebung ….:)

  14. mbak ..aboe itu apa mbak ?

  15. kirim 20 biji ke Pancoran juga boleh mbak….perutku masih muat hehehehehehehe

  16. aku mau juga donk mbak dikirimin 10 boleh ? ikutan malak hihihihi

  17. kuenyaoyan said: mbak ..aboe itu apa mbak ?

    air abu…habis..dibotolnya di tulisnya aer aboe :-))

  18. dewijoris said: kirim 20 biji ke Pancoran juga boleh mbak….perutku masih muat hehehehehehehe

    ok Dew…tagihan atas nama siapa?? *oon mode.on*

  19. lamra said: aku mau juga donk mbak dikirimin 10 boleh ? ikutan malak hihihihi

    lho…jauh2 dari prancis cuma pesen 10 doang? cukup tuh? hihihihi….*nantangin*

  20. Ci Ine, mau juga dongggg, lagi males masaknya kumat………

  21. amadeus18 said: Ci Ine, mau juga dongggg, lagi males masaknya kumat………

    lho…kenapa males? ke sini deh :-))

  22. Lucu skali, aku ga doyan lun/mpia.. apalagi yg nggorengnya ga kering.. tp martabak sih yummy..

  23. jrdd said: Lucu skali, aku ga doyan lun/mpia.. apalagi yg nggorengnya ga kering.. tp martabak sih yummy..

    ini kering kog Ros, lagian isinya bukan kayak lunpia spt biasanya. ayo..cobain :-))

  24. Ci Ine, saya pernah makan lumpia vietnam (di resto vietnam) pake saus hoisin. Cocok ndak ya sama lumpia ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: