Skip to content

Donat Lolipop

June 28, 2007

Description:
Donat sih biasa di mana mana ada…, ini juga donat biasa, cuma dibikin beda penampilannya aja.

Donat fav tua muda, paling sering di order anak-anak. aku juga sering menyajikan donat polos aja, untuk beberapa acara anak sekolah minggu. Anak-anak senang sekali meracik sendiri topping donat yang mau di makan.

Sebenernya Yoke dan Rachel demen donat gula biasa, nggak neko neko. Tapi kemarin Rachel minta donat hias. Lucu juga donat di bikin ala lolipop gini. Buat yang makan, tangan juga tetap bersih, Tapi biarpun sudah di hias hias, tetap saja anak2 makannya yang donat gula. Resep ini asalnya dari ibu Mei Siang, temanku, dan sudah ku modifikasi dikit.

Sebenarnya aku membuat percobaan dengan menggunakan tepung Komachi, tapi masih belum sreg di hati, jadi belum di tayang yang pakai tepung komachi, karena komposisi bahan lain kudu di ubah juga.

Kemarin dengan resep yang sama, persis, bikin 2 adukan dengan tepung yang berbeda. Waks… rada kacau juga si komachi. tapi tetep berhasil kog.

Kesimpulan sementara, jangan percaya dengan resep yang menyebutkan “sekian gram tepung Cakra atau tepung komachi” trus bahan lainnya sama! Karakternya beda tuh! Ntar deh…kalau lagi mood meneliti lagi, dan sreg hasilnya, kutayang bagaimana si komachi ini. Joice Beruang juga bikin pengamatan lho.

Ingredients:
250 gr tepung protein tinggi (mis merk Cakra)
5 gr instant yeast (mis Fermipan, Haan, Mauripan, Saft Instant)
2 gr bread improver (mis S500, Baker bonus)
50 gr gula pasir
10 gr susu bubuk
2 kuning telur.
130-140 gr air
50 gr mentega
1/2 sdt vanili extract (bisa pakai vanili powder)

Directions:
1. campur bahan kering jadi satu, aduk rata.
2. tambahkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit. Air jangan dihabiskan, karena tergantung tingkat kekeringan terigunya.
(maka di tulis 130-140 gr) kira kira sendiri ah…..
3. Aduk hingga kalis (pakai mixer) atau uleni dengan tangan hingga rata dan halus.
4. masukkan mentega dan vanili extrack, aduk/uleni hingga rata dan kalis.
5. Istirahatkan dalam wadah yang di tutup plastik wrap, hingga mengembang dua kali volume semula.
6. Bentuk donat sesuka hati, istirahatkan hingga mengembang.
7. Goreng dengan minyak banyak dan api kecil.
8. Setelah dingin hias dengan coklat masak, gula dsb.

* membentuk lolipop, donat di buat bulat gepeng saja, dari adonan sebanyak 30 gr.
* Setelah matang, tusukkan pada stik es, lalu hias dengan coklat warna warni.

From → Kue, Roti

60 Comments
  1. cantik donatnya mbak….idenya bagus bgt.. tfs.

  2. Huah…..huah….hiks…hiks…kok beda ama donutku yah….

  3. lucuu donatnyaaaa….aku kok ketinggalan posting yg ini yah mbak😦

  4. Donat yang bentuk bunga lucu mbak…hehehe… aku juga sukanya donat gula halus.. tapi kalo lagi maruk pengennya donat meisjes atau keju parut…(halah halah jarene diYet)… maap telat replynya…

  5. mau dooonk cetakannya… keren banget deh mbak..

  6. cetakan opo? itu mah…pakai gunting aja…cekris2…cantik

  7. kereen banget mba. idenya itu lho!!! saluuuuuuuuut

  8. dapurmeranti said: kereen banget mba. idenya itu lho!!! saluuuuuuuuut

    thks ya Irma

  9. Untung Donat ya … dan bukan Do NOT….🙂 Donatnya imut2 banget deh…buat si dede aja ah…

  10. cecepnk said: Untung Donat ya … dan bukan Do NOT….🙂 Donatnya imut2 banget deh…buat si dede aja ah…

    iya…ini buat lidah orang tuwek kayak aku…kemanisan karean toppingnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: