Skip to content

Ayam goreng kecap

September 23, 2007

Description:
Masih ada sisa daging ayam tanpa tulang, cuma sepotong selebar telapak tangan.
Mau di steak…cuma cukup buat seorang. Akhirnya kupotong-potong, di bumbui, di goreng, di bumbui lagi… lumayan bisa jadi bekal sekolah jumat pagi kemarin untuk 2 anak.

Ingredients:
150 gr daging ayam tanpa tulang dan kulit, iris tipis 3X3 cm
garam
merica
2 sdm putih telur
75 gr tepung terigu
1/4 butir bawang bombay iris panjang2
5 sdm kecap manis
minyak untuk menggoreng

Directions:
1. Daging ayam+garam+merica+putih telur+2 sdm terigu, aduk rata, diamkan selama 10 menit
2. Gulingkan tiap potong daging ayam pada sisa tepung terigu, sambil di tekan2 agar tepung menempel rata.
3. Goreng hingga kuning kecoklatan, sisihkan
4. Panaskan 1 sdm minyak, tumis bawang bombay hingga layu
5. Masukkan kecap dan ayam, aduk cepat hingga rata, matikan api

Tips:
Tepung pelapis enak juga jika menggunakan tepung roti
Tambahkan potongan cabe rawit merah saat memasukkan kecap, sehingga menambah kaya ayam ini.

30 Comments
  1. waduh…kalo yang di kecap2 kesukaan anak2 tuh….tfs yah Ci….

  2. Good idea mba … besok2 aku contek ya .. D&B pasti suka nich.

  3. Putih telor di resep ini gunanya buat apa ya mba ine?

  4. hmmm enak, ditambahin ngohyang waktu marinate kali enak juga ya ci Ine?

  5. yusys said: waduh…kalo yang di kecap2 kesukaan anak2 tuh….tfs yah Ci….

    iya Yus, anak2ku juga demen kecap

  6. linagladman said: Good idea mba … besok2 aku contek ya .. D&B pasti suka nich.

    ayam goreng … apalagi tanpa tulang gini… anak2 pasti nggak nolak Lin

  7. erwin80s said: Putih telor di resep ini gunanya buat apa ya mba ine?

    buat tebalkan tepung yang nempel di ayam. Makanya…biarpun ayamnya cuma dikit, bisa jadi banyak karena di ganjal hihihihi……

  8. erm718 said: hmmm enak, ditambahin ngohyang waktu marinate kali enak juga ya ci Ine?

    tambah wangi… tapi nggak usah pake kecap lagi Elika, kayaknya ngohiang ama kecap manis gak terlalu klop.

  9. elkaje said: buat tebalkan tepung yang nempel di ayam. Makanya…biarpun ayamnya cuma dikit, bisa jadi banyak karena di ganjal hihihihi……

    Wah, smart idea! He..he..he… n_n

  10. Enyak….lapeerrr

  11. Anak2 pasti doyan deh ini, nyontek habis2an deh!

  12. wah variasi lain nih pake kecap manis, boleh dicoba,thanks.

  13. enyaaakkk …….*lapeerrr*

  14. paling sip ayam goreng, gak ada matinya deh ni ayam goreng🙂 cuma gak sipnya mesti pake banyak minyak ;(

  15. Wahhh malem ini mau coba deh buat sarapan besok..TFS mbak….

  16. cocok nich buat menu makan sahur … tinggal rebus buncis buat sayurnya … he he he …

  17. Buka masih lama, dipamerin kayak gini…..Tapi pengin juga sih bikin kayak gini tapi pake daging, soale kalau di sini aku nggak makan ayam. Apalagi Leo, jan emoh tenan kalau dikasih daging ayam. Maklum ayam Londo rasane menurut kami sepo, kayak karet. Beda banget dengan ayam kampung. Thanks for sharing ya…

  18. asik asik…mo tak contek buat nanti malem, makasih ya mbak..

  19. wah enak banget nih ayamnya…anakku doyan banget soalnya yg namanya kecap2an…thanks resepnya, Ci Ine..

  20. thxs ya buat resepnya!!!

  21. wah enak yg pakai kecap-kecap nih….mungkin untuk ikan goreng juga enak ya mbak…ntar aku coba ah….maksasih ya…

  22. Ci Ine emang punya ide segudang dech, salut benar….

  23. wahh…patut dicoba nih…mumpung ada ayam dirumah…TFS

  24. sedaaaap..aku juga doyan ayam goreng mentega & kecap

  25. simpel yo Mbak, cuman dikecapin, cucok buat kepepet

  26. Mba, kalo ibuku ditambah sedikit kecap inggris dan perasan jeruk limo. Jadi kaya’ versi resto lho.

  27. gandes said: Mba, kalo ibuku ditambah sedikit kecap inggris dan perasan jeruk limo. Jadi kaya’ versi resto lho.

    ide bagus tuh Wulan, ntar nyontek ah…tambah kaya rasa ya si ayam

  28. Mba, makasih resepnya..sangat membantu sekali,maklum saya baru menjadi Ibu Rumah tangga jadi masih terus banyak belajar masak, dan ternyata suami saya suka banget ama ayam kecapnya….

  29. erniawati said: Mba, makasih resepnya..sangat membantu sekali,maklum saya baru menjadi Ibu Rumah tangga jadi masih terus banyak belajar masak, dan ternyata suami saya suka banget ama ayam kecapnya….

    syukurlah Erni, kalau cocok!

  30. klo ga ada bawang bombay bisa diganti apa???trus merica’y seberapa sih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: