Skip to content

MFM #7 Nasi Sapo daging cah jamur

September 23, 2007

Ini PR untuk MFM#7 yang di host oleh Yami

Awalnya aku menyiapkan resep lain buat MFM, tapi karena gagal, jadi kudu putar haluan segera, biar cepet mengumpulkan PR.

Kebetulan di lemari es ada sisa daging dan buncis, yang nggak cukup kalau di masak khusus lauk saat itu. Mau belanja juga malas🙂 Supaya serumah bisa kebagian makanan malam yang sama, maka di bikin nasi sapo ini…. dengan lauk tak perlu banyak, karena nasinya sendiri sudah berbumbu.

Ingredients:
Nasi:
250 gr beras
500 cc air
2 siung bawang putih
2 sdm minyak wijen
2 potong jahe di geprek
1 sdt garam

Cah daging:
150 gr daging has dalam, potong tipis panjang
di marinate dengan 2 sdm saus tiram
150 gr jamur champinon, belah
100 gr buncis, potong2
2 siung bawang putih
1/2 butir bawang bombay iris tipis
1 sdm minyak wijen
garam
lada
1 sdm tepung sagu, di cairkan dengan sedikit air

Directions:
Nasi:
Tumis bawang putih dengan minyak wijen dan jahe hingga harum
masukkan beras, garam, air, masak dengan api kecil dalam mangkuk sapo, sambil sekali sekali di aduk.
ketika hampir matang, tuangkan cah daging.

Cah daging
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan daging, jamur dan buncis.
tambahkan garam, lada, dan sedikit air, masak hingga daging matang.
tambahkan sedikit campuran sagu untuk mengentalkan.
tuangkan di atas nasi yang hampir matang.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

35 Comments
  1. naaah, kalau yg ini wajib dicoba niih!makasih udah share resepnya ya, mbak ine!mau aku coba buat buka puasa aaaah..🙂

  2. tapi ada pertanyaan..beras kalau dimasak di mangkok sapo nggak perlu dikukus didandang lagi ya, mbak? (diresep kan cuma diaduk2 sampai mateng..nggak pakai dikukus lagi)secara aku punya mangkok sapo tapi belum pernah dipakai, jadi nggak ngerti..

  3. benar Da, beras kalau di masak di mangkuk sapo, gak usah di kukus lagi, tapi kalau air dah mulai menyusut….apinya keciiiiil ya…. buat mematangkan nasi dan jangan sampai berkerak tebal.Ciri nasi sapo kan ada bau2 sangit dari keraknya nasi yang terbentuk di mangkuk.

  4. ida22 said: secara aku punya mangkok sapo tapi belum pernah dipakai, jadi nggak ngerti..

    Ida, ada beberapa resepku pakai mangkuk sapo, yang miswa sapo, yang bubur sapo dll. asyik tuh apa lagi kalau pas musim hujan dingin dingin……

  5. Cie, mangkok saponya mesti ditutup ngga wkt masaknya?

  6. Dikasih nggak nolak! *blum sarapan soale*

  7. wah ci’ enak nih yg begini2 anakku doyan banget apalagi nasi yg sdh berbumbu…:)

  8. waaah senangnya…bakal dicoba nich jie

  9. hmmm bisa dibuat lauk sahur ….sambil memanfaatkan mangkuk sapo yang lum pernah dipake ..hehehe …. makasi resepna mbak Ine ..:)

  10. Jadi inget nasi cabe ijo yg di bakmi GM.thanks ci.Ine, nanti mau nyoba.

  11. Simple tapi enak nih.. aku belom pernah nyoba bikin nasi sapo pdhl mangkok udah beli dari kapan2.. hehehe.Total waktu masak berapa lama Ci ?

  12. Sederhana tapi mak nyosssssssss…kalo buat aku cocok buat buka puasa,

  13. enak mbak. nyam nyam hehehe…

  14. mangkok sapo kaya apa sih?

  15. kinclong bangetih :Djadi laper :Dmakasih ya untuk PR nya😀

  16. Wahhh.. enyaaaakkkkkk… dimakan anget2 pas banget nih :p

  17. kl bikin sendiri….isian cah dagingnya bisa banyak nih hehehe

  18. Wah mangkok sapoku bisa dipake lagi nih. Inget nggak waktu itu aku bela-belain beli mangkok sapo yang berat di Asemka? Mau coba ah…enak nih buka puasa. Makasih ya sudah berbagi. huuugggsss…

  19. cucok nich buat bumil … sekali masak dapet nasi sekalian lauknya … :))

  20. jamurnya menggoda sekali….

  21. vilimo said: Cie, mangkok saponya mesti ditutup ngga wkt masaknya?

    iya…kudu di tutup. tapi boleh di buka2 kog🙂

  22. dewijoris said: Dikasih nggak nolak! *blum sarapan soale*

    enyak..hangat dan lembut Dew

  23. darrellmom said: wah ci’ enak nih yg begini2 anakku doyan banget apalagi nasi yg sdh berbumbu…:)

    iya Ma, anak2ku juga gampang kalau makan nasi yang berbumbu.

  24. yahhh…hiks..gak punya mangkok saponya😦

  25. Enak nih ci Ine … yummy:p, nyobain ah …

  26. Mau nyobaaaaa…. makasi ya mbak Ine….

  27. enak…enak…

  28. Kalo ga punya mangkok sapo gimana ci Ine?Pakai rice cooker biasa bisa ga?

  29. wah iya nih aku juga hrs nyoba nih… suamiku kalo nasi putih aja nggak suka mbak(nggak ada rasa katanya walau udah pake lauk pauknya) … hrs yang pake bumbu….nasi kuning, nasi goreng…. dan ini ada nasi sapo… makasih ya…

  30. lllaaaapppeeeerrrr…….mau duonk…ngeces nih…hehehe

  31. besok tdk puasa gara2 Ci Ine🙂

  32. Permisi…..Numpang mampir mo liat² Salam kenalDomo arigatoAnti

  33. Pengen nyoba akh. Masak nasinya di rice cooker aja bisa kan? Biar skalian masak banyak. Lagian ndak punya mangkuk sapo.

  34. jamurnya diganti jamur kuping enak ga Bu…salam kenal

  35. ujubew said: jamurnya diganti jamur kuping enak ga Bu…salam kenal

    enak juga…& salam kenal juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: