Skip to content

Mengisi Sosis dengan Concerto

September 24, 2007

Aku kemarin bikin 2 kilo sosis.🙂 ini udah yang kedua kalinya bikin.

Bikin sosis bukan hal yang asing bagiku, karena dulu ini salah satu tugasku. Sosis Babi kecap, di jawa tengah (solo, semarang dan sekitarnya), merupakan makanan yang umum di jual di warung-warung makan. Juga di warung mamiku, menu ini merupakan salah satu favorit, jadi dua hari sekali bikin sampai bosen rasanya.

Jadoel….selongsong sosis yang dipakai dari usus babi, yang rongga ususnya tidak terlalu kecil. Eh…sekarang juga msih banyak kog….orang pakai selongsong dari usus babi gini. Selongsong di jual dalam keadaan kering, di gantung2 di kios2 daging babi di pasar tradisional.

Cara memasukkan daging, dengan menggunakan corong  khusus, dibantu dengan jempol tangan. Butuh ketelatenan saat mengisi sosis ini. Dan dulu sekali bikin bisa 2 atau 3 kilo sekaligus.

Harus hati2 sekali karena selongsong sosis ini ketebalannya tidak rata, ada yang tebal…ada yang tipis.  dan butuh waktu lama buat mengisinya. Belakangan, mami menciptakan alat buat mengisi sosis, lebih praktis sih….cuma aku belum ketemu aja…dimana tuh alat. Alat berupa tabung, dengan ujung panjang, dan ada pendorong, terbuat dari stainless stell.

Nah…kemarin beli selongsong sosis ama Stella, sempat menghilang tuh selongsong. Sebel juga…… baru ketemu beberapa hari kemarin.

Aku kalau di suruh ngisi pakai cara Jadoel….duuuh…muales banget. Akhirnya kreativitas kudu dipake.

Aku gunakan pasta machine (merk Concerto), pakai corongnya. Tapi ujung corong ini gede, tidak bisa masuk dalam selongsong sosis. Jadi…aku ambil Mika tebal, aku sambung ujung jorong dengan mika agar lebih panjang dan kecil.

Bermodal selotape, balut sana sini…. jadilah corong sosis yang asyik, bisa buat menaruh selongsong sosis yang masih berbentuk padat terserut.  2 kilo daging berhasil masuk kurang dari 30 menit. Butuh kerjasama dengan KJ, yang dengan senang hati memutar engkol pasta machine ini, sementara aku mengisi daging pada mesin dan mengatur sosis yang sudah terisi tsb.

Sayang, background mejanya bikin foto pengisian sosis ini nggak terlalu jelas.

Lumayan….punya persediaan sosis buat ntar kalau pas pembantu mudik. udah beberapa hari ini anak2 juga sangunya kanape sosis.  Stella komentar, emang enak roti dijodohin ama sosis ala chinese gini? hehehehe…namanya juga east meet west. Bikinanku…enaaak aja buat anak2.

From → Tips/Alat dapur

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: