Skip to content

Sosis babi kuah kecap

September 30, 2007

Ini sosis klasik yang bisa di jumpai di banyak tempat di daerah Solo/Yogya/Semarang. Biasanya di buat dengan menggunakan casing dari usus babi yang banyak di jual di pasar tradisional.

Di Jakarta, aku susah menemukan casing spt itu, dan ini pakai casing sintetis, beli lewat Stella.

Menggunakan casing ini, enak sekali pengisiannya, karena tak mudah robek, tapi harus ekstra hati hati saat perebusannya, karena mudah sekali pecah ketika di rebus, jika suhu terlalu tinggi.

Khusus buat pak Tony di Seatle, ini sosis beraroma sosis, bukan minyak kayu putih. hahahaha…. (sengaja aku bikin ngiler beliau)

Ingredients:
1 Kg daging babi berlemak, giling halus. (bisa di ganti daging ayam, giling bersama lemak dan kulitnya)
3 sendok makan bawang merah goreng
1 sendok makan bawang putih goreng
1 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
3 sdm gula
2 sdm kecap asin
5 sdm kecap manis
1 btr telur

bumbu kuah:
kecap manis (rada banyak)
4 butir cengkeh
1 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
garam
gula

Directions:
– Haluskan bawang merah goreng dan bawang putih goreng, campurkan dengan daging giling bersama bumbu2 yang lainnya.
– Isikan pada casing sosis, ikat tiap sepanjang 10 cm dengan benang kasur.
– Rebus sosis hingga terendam dengan air hangat, dengan api kecil hingga matang.
– Kurangi sebagian airnya, tambahkan kecap manis, cengkeh, pala, merica, garam dan gula.
– masak dengan api kecil.

TIPS:
– Memotong sosis, gunakan pisau yang tajam, spy hasilnya mulus, gak spt yang di foto itu🙂
– Jika akan di simpan lama, kuah gak usah di bumbuin, simpan dalam wadah tertutup rapat, bekukan
– Sosis yang sudah berbumbu ini, enak di makan dengan nasi hangat
– Versi anak2ku, di potong2, tiap potong untuk topping kanape bersama sepotong ketimun atau tomat. critanya…. nih…menu east meet west
– Orang jualan, biasanya saat merebus sosis, bersama dengan telur rebus, jadinya, sosis babi + telur kecap. Tapi kalau menggunakan casing sintetis ini, rada susah ya, karena sosis tak bisa di rebus terlalu lama.
– mengisi jangan terlalu padat, spy ada tempat untuk memuai saat di rebus, mengurangi resiko sosis pecah
– Caraku mengisi sosis ada di sini
– Mengisi dengan cara ini, menghindari banyaknya udara yang ikut masuk ke dalam rongga sosis, yang bisa menyebabkan sosis meletus. (thks Regina di ingatkan)

72 Comments
  1. Ci Ine, nyontek yah, sudah dapat kiriman dari Stella nih. Satu resep ini jadi berapa sosis yah.

  2. chenmarlin said: Ci Ine, nyontek yah, sudah dapat kiriman dari Stella nih. Satu resep ini jadi berapa sosis yah.

    satu kilo daging bisa jadi sekitar 23 sosis panjang 10 cm (waktu mentah). saat matang panjangnya menyusut

  3. Saya bikin 1/2 kg babi, jadi 14 sosis, wah enak sekali, krn banyak, tetangga juga kebagian. Saya campur pakai telur juga. Mengikuti tips Ci Ine, jadi ngga ada yg meletus, semua mulus.Lain kali coba pakai bumbu ngohiong ah.

  4. chenmarlin said: Saya bikin 1/2 kg babi, jadi 14 sosis, wah enak sekali, krn banyak, tetangga juga kebagian. Saya campur pakai telur juga. Mengikuti tips Ci Ine, jadi ngga ada yg meletus, semua mulus.Lain kali coba pakai bumbu ngohiong ah.

    siiiip…. jadi sering2 bikin sosis nih…. ntar di share hasilnya ya

  5. Beneran bisa terima pesenan mbak?? Klo iya aku mo mesen beneran loh…ngambil ke rumah mbak Ine juga boleh hehehehehehe aku ambil hari minggu pulang gereja :-))

  6. ntar nunggu mood dulu Dew hehehehe… atau kalau pas aku bikin…aku ntar colek kamu..biar kita bisa kopdaran sekalian… lha piye…deket tapi belum pernah kopdar

  7. elkaje said: ntar nunggu mood dulu Dew hehehehe… atau kalau pas aku bikin…aku ntar colek kamu..biar kita bisa kopdaran sekalian… lha piye…deket tapi belum pernah kopdar

    Oke deh…ditunggu colekannya ya mbak! hehehehehehe….

  8. nyontek resepnya ya…Salam kenalGod loves usMonik c”,)

  9. heheheeee temen cici yang makan sosis babi di rm semarang itu lucu juga ya cii.. kebayang gimana cara makan sosisnya sampe sampe anak kecil aja komentar begitu hihihihiiii….

  10. Lam kenal ya Ine…..Aku sedih bangeth ga bisa makan kaya gituan, ada nyang tau di Sydney jual dimana ? Ngileeeer oi……

  11. Ci Ine…aku copy ya resepnya. Suami minta di bikinin sosis. Lah…of course dia harus nyobai sosis semarang, ya ndak. Hehehe…

  12. Thanx banget resepnya, kayaknya enak…padahal gw gak makan babi he he he…tapi pengen bgt bikin sosis, btw beli casing buat sosisnya dimana yaaa? mau doong

  13. itu casing sintetisnya pake yang tipe apa ya ci??casing kolagen kah??casing colagen itu bisa untuk buat sosis yang direbus??alatnya untuk isi sosisnya itu kira” harganya berapa ya??tlg dibls y ci.klo bisa lewat email ci di lyns.chevenne@gmail.com

  14. klo mau beli alat yang kayak yang c” punya itu beli dmn ya??itu kira” harganya berapa ya??itu cetaknya apa cm bisa untuk casing kolagena aj??klo untuk casing asli apa g bisa ya??

  15. c, kamu juga buat terus dijual ke orang ya??? itu kalo boleh tau dipacking kayak gimana ya??ada kuahnya kan??pake jerigen atau kuah buat sendiri??banyak pesenan sosis ini ya c??mohon dijawab ya c..thx..

  16. sorry…baru lihat MP lagi dan posting ini. enggak.. aku nggak jual. dulu beberapa kali jual hanya berpartisipasi pada bazar gereja aja.alatnya dulu beli bareng2 ama stella dari china. tapi bisa modifikasi mesin pasta misalnya merk concerto, yang outputnya bentuk corong.. untuk isikan dagingnya dalam casing

  17. thanks untuk resepnya.aku mau tanya aku udah bikin dan casingnya usus beneran, tapi setelah direbus koq pecah semua.Gimana ya cie caranya?thanks sebelumnya.

  18. wajib dicoba🙂

  19. Bu Ine, kalau bumbu nya ditambah Ngo Hiong bagaimana?

    • ine elkaje permalink

      belum pernah sih, tapi tak ada salahnya di coba

  20. Julia Angelina permalink

    Tante Ine, salam kenal, saya Julie dari Perth, AU. Tante tahu ngga kalo mau cari casing sosis di Perth Australi dimana? ada koneksi atau kenalan yang tahu tante?

    Saya peeeengeeen banget buat resepnya tante ini.

Leave a Reply

