Skip to content

Sop Biji cuki rame rame

March 17, 2008

Description:
Awalnya biji Cuki ini bikin penasaran diriku… kayak apa ya? Karena istilah sop biji cuki juga dapatnya dari Stella Martini (bukan Stella ‘sosis’ cikciks Utomo:-)))

Kenapa namanya sop biji cuki rame rame, karena yang bikin banyak tangan.
Aku bikin kaldu dan daging ayamnya dan potong sayurannya dan membumbuinya.
Maminya Stella Martini yang bikin biji cuki.
Stella Cikciks yang bikin basonya.

Rupanya, sosis telur, yang di potong2 dan bisa mekar di sop itu di sebut biji cuki. oooh walaaah… baru tahu. Selama ini aku menyebutnya sosis buat Sop Mutiara, atau sop Melati.

Yu Haley tempo hari jalan2 ke gang baru dan di semprot pedagang galak itu kan karena nanya2 si biji cuki ini :-))

Sop ini, kemarin salah satu menu segar di acara Latbar sosis, abis ludes, karena sampai kuah2nya aja, juga ada yang mau bawa pulang… sampai terharu yang bikin :-))

poto ini dari jepretan Ningnong

Ingredients:
3 liter air
1 ekor ayam potong jadi 4
5 pasang kaki ayam
4 potong Fiesta smoked chicken, potong2
5 lembar daun bawang
5 lembar seledri
300 gr wortel, potong2
200 gr buncis, potong2
1 sdt pala bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1 butir bawang bombay, potong2 kecil
garam

Biji Cuki🙂
1 meter usus kambing
5 telur ayam
garam

Directions:
Biji Cuki: resep dari Maminya Stella Martini:

– Bersihkan usus kambing, balikkan, beri 1 sdm tawas, aduk sebentar, cuci bersih. (tawas spy usus rada kesat)
– ikat ujung usus, isi dengan kuning telur yang sudah di beri garam, ikan ujung satunya.
– lakukan hal yang sama untuk putih telurnya.
– Rebus dalam panci, hingga berubah warna dan telur matang.
– potong2 usus telur ini, belah tiap2 ujungnya. masukkan dalam sop, akan mekar jika kuah kop mendidih.

Sop:

– Karena pakainya ayam negri, supaya nggak bau ayam:-), di beri 1 sdm garam dan 2 sdm cuka, di remas2 sebentar, lalu cuci bersih.

– Didihkan air, masukkan ayam dan kaki ayam, biarkan mendidih, dan ayam matang, keluarkan daging ayam, lepaskan dari tulangnya.potong2, sisihkan

– Buang buih yang mengambang dari kaldu, lanjutnya merebus kaki ayam dengan api kecil, kira2 1 jam.

– Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak, hingga harum, masukkan pala bubuk, goreng bersama bawang bombay hingga harum, masukkan bawang ini ke dalam kuah sup.

– Masukkan semua bahan, tambahkan garam, merica, didihkan hingga sayuran matang. sajikan panas.

Note:
ada yang tidak ingin memakan daun bawang dan sledri, biasanya hanya mengikat kedua sayuran ini dan di cemplungkan dalam sop, hanya untuk diambil aromanya saja. Sayang ya…. mending di potong2 dan kemakan semuanya.

58 Comments
  1. melvinapatino said: wadaww rame juga yg namanya stella ya ? BTW mbak TFS

    iya Vin, ada 2 stella kemarin.

  2. aku juga tadinya bingung…lho!!! koq tiba2 namanya jadi Stella Martini…pas udah ngeliat fotonya baru “ngeh”….he he he….soep-nya enak banget ya In…, aku cuma bisa ngiler aza……….

  3. Mohon dimaapkan, ‘MAAP DAKU LUPA BERTERIMA KASIH ATAS ILMUNYA – TERIMA KASIH YA” – laen kali ajak2 lagi.

  4. In aku jadi pengen cepet pulang n ktemuan d. Supaya bisa nyicipi masakan mu yang aneh2 so pasti ueeenak gitu……..

  5. ini makanan ketemunya cuma kalo pulang pas Lebaran di Semarang biasanya ikut nyokap belanja di Gang Baru, sekalian ama bakso goreng, bakso udang, bakso kakap yg uendang.Salam kenal mbak Ine

  6. rumahnyaalsa said: ini makanan ketemunya cuma kalo pulang pas Lebaran di Semarang biasanya ikut nyokap belanja di Gang Baru, sekalian ama bakso goreng, bakso udang, bakso kakap yg uendang.Salam kenal mbak Ine

    salam kenal juga… iya… di gang baru ada yagn jual siap pakai

  7. ine..kaget juga liat nama masakan ini..secara arti cuki utk daerah indonesia timur tuch serem banget..what ever..mau ach nyoba bikin…tq

  8. rdamayanti said: ine..kaget juga liat nama masakan ini..secara arti cuki utk daerah indonesia timur tuch serem banget..what ever..mau ach nyoba bikin…tq

    hahaha… iya pada bilang gitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: