Skip to content

MFM#13 JOLOBIO

March 26, 2008

Description:
Adik kakekku, kupanggil Kopo Oen. (Oen itu namanya). Kopo Oen tinggal bersama keluarga kami, Kopo rajin membuat panganan buat kami, tiap siang sekitar jam 3, dia akan membuat bubur, pisang goreng, limpang limpung, gethuk dll buat camilan sore hari.

Salah satunya yang dia buat adalah Jolobio. Waktu itu ada pisang yang terlalu bonyok buat di goreng atau di makan, jadi di hancurkan… lalu di olah jadi Jolobio, aku melihat proses pembuatannya dari awal sampai selesai, karena aku memang demen nungguin dia bikin panganan…bisa ikut mencicip, dan jadi orang pertama yang di bagi.

Yang aku ingat… gigiku baru saja copot(mungkin umurku baru 6-7 tahunan),
jadi..aku nggak bisa menggigit jolobio, kopo mengambil gunting dan meng-gunting2 si jolobio untukku. Moment ini terpatri lekat dalam ingatanku,
karena aku merasakan kehangatan kasih sayangnya padaku.

Beberapa tahun setelah itu, aku tak pernah makan Jolobio lagi… di pasar Solo juga nggak ada yang jual jolobio.

Tapi saat remaja, aku pernah lihat di gang baru Semarang, orang jual jolobio, aku beli… dan ALOT!
Hm…jangan2, saat aku kecil itu jolobio Kopo Oen emang alot ya… jadi sampai di gunting2 olehnya.:-))

Sekarang, tiap punya pisang, sering aku sisakan untuk membuat jolobio.. tapi yang nggak alot:-) karena komposisi yang sudah kutimbang tepat. (Jadoel..kopo bikin pakai perasaan aja sih) Yang enak sih pisang ambon ya… wangi.

Dan… aku menikmatinya sambil mengenang masa-masa manis bersama kopo Oen.

Kini,tak banyak yang tahu soal jolobio… sudah punah kali.

Ini entryku untuk MFM#13 yang di host oleh Fitri si empunya rumah manis. MFM#13 kali ini bertema Pisang.

Ingredients:
200 gr pisang ambon tua (sekitar 2 buah pisang), lumatkan
100 gr tepung ketan

minyak untuk menggoreng

Kinca:
100 gr gula jawa
4-5 sdm air

tepung ketan untuk taburan bila perlu

Directions:
Campur pisang dan tepung ketan, hingga bisa di pulung, bentuk cincin..lebih kecil dari donat.
kalau berasa lengket..taburi tepung ketan.
goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.
Kinca:
masak gula jawa dan air hingga leleh.

sajikan jolobio dengan di kucuri kinca

MFM#13

From → Gorengan, Kue

73 Comments
  1. haleygiri said: blum pernah ngliat kue kek gini…😀

    bikin Yu…gampang!

  2. banyumili said: belum pernah makan baru denger ada makanan ini….tfs cik…

    aneh sih…. mungkin ini makanan semarangan Bud

  3. ardhanamesvari said: kyknya lucu nih… dan bikinnya juga (kayaknya) ga ribet ya?

    gampang kog Wit..bahannya juga sederhana aja.

  4. cutyfruty said: Kayak donat ya? Belum pernah aku makan ini…..pasti enak ya, kayak klepon goreng rasa pisang kali ya?

    hahaha…iya kali…cuma gulanya nggak nyeplus di tengah.

  5. Wah enak nih.. bikinnya gampang lagi.. langsung contek ya🙂

  6. baru denger namanya nih ci :=)pengen coba bikin ….keliatan enak dan gampang !

  7. masih ada gak cie Ine…aku belon pernah makan jolobio

  8. belum pernah denger mbak namanya..mirip donat ya mbak?

  9. Ine, kok aneh bangeth namanya…..Ampe da tua gini aku ga pernah denger. Lom ada yang pernah kasih kursus seh……tapi pasti asik bangeth d. apalagi kalo dibikinin🙂

  10. baru denger…penasaran juga rasanya gimana yah..

  11. kayaknya manis banget ya mbak? ….agak parno ama yang manis2 …

  12. Mbak..jadi ingat jaman aku kecil. Iya tuh dulu ada jajanan jolobiyo…Disini mana ada..Doh mbak Ine koq kue-kuenya selalu nyangkut dihati aku. Ada putu Tegal, ada jolobiyo dll. Wis kabeh kue nostalgia.

  13. Asyik dapat resep jadul. TFS Cie. Coba kalo tetanggaan, gantian aku yang mo liat Cie Ine masak. Yang limpang limpung dah pernah di posting atau belum Cie, baru denger juga.

  14. Ci.Ine ini mirip enga rasanya dgn kue cincin?.kebetulan punya pisang jadi kepengen dicoba nih resepnya,thanks ya.

  15. Ga pernah denger namanya nih.. tapi keknya pernah liat bentuknya🙂 tapi keknya enak yah.. aku suka yg manis2🙂

  16. waktu kecil , di bandung, pernah ada jajanan yg namanya jalabria, bentuknya ya sama dg jolobio ini, cuma gk inget apa yg kumakan dulu ada rasa2 pisangnya gk ya?eniwei TFS ya, mbak. jadi nambah perbendaharaan buat ngolah pisang🙂

  17. wah belom pernah makan jolobio…tp bisa dicoba nih…cuma disini ga ada pisang ambon..pisangnya cuma semacem aja…kayak pisang cavendish gitu..enak ga ya Ci?

  18. Boleh juga nech…lain kali kalo ada pisang gak kemakan dibuat ini aja….ma kasih Ci Ine sudah sharing resep enak…..

  19. Baru denger JOLOBIO – kirain syusyah resep nya – ternyata gampang banget ya Cik….TFS

  20. aku udah coba buat dr resep ini, enyaakk. jadi kangen masa kecil dulu. thx ya ci ine,aku pikir susah buatnya, ternyata gampang banget. cuma kincanya ga dikucurin, tapi di masak lalu diaduk sama jolobionya sampe gulanya mengering.

  21. waaa…berarti malah kayak gemblong cipanas ya.. gemblong rasa pisang🙂

  22. akhirnya ada juga yang tau makanan ini…dulu waktu aku ngidam pengen bgt, tapi gak ada yg ngerti, akhirnya sekarang malah bisa bikin sendiri, makasih ya mb ine

Trackbacks & Pingbacks

  1. # 15 KWB : Onde onde dan warisan wajan gumpil « Setiap Langkahku

Leave a Reply

