Skip to content

Pepes Bandeng kluwak

June 4, 2008

Description:
inspirasi dari Wiliam Wongso, yang menciptakan menu2 alternatif dari daerah2 di Indonesia.
Ada bandeng duri lunak, yang biasanya di sajikan di goreng saja, kali ini di pepes.
karena bandengnya sendiri sudah berbumbu, maka bumbu pepesnya tak terlalu ribet lagi

Ingredients:
1 ekor bandeng duri lunak, potong jadi 2
2 genggam daun kemangi
1 buah tomat potong tipis2
8 cabe rawit merah
2 daun salam
2 iris lengkuas
daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus
3 bawang merah
3 bawang putih
1 sdt ketumbar
4 biji kluwak

Directions:
Cara:
letakkan sepotong bandeng pada daun pisang, olesi dengan bumbu halus
taburkan tomat, cabe rawit dan daun kemangi. tambahkan daun salam dan lengkuas
bungkus bandeng, kukus selama 20 menit.
Sebelum sajikan bakar sebentar, agar timbul aroma sangit dari daun.

17 Comments
  1. hmmm …jadi lebih sip ya mbak bandengnya …..

  2. enaaak… variasi ya mbak…klo bosen sama olahan bandeng duri lunak yang itu2 aja

  3. aroma sangitnya bikin tambah maknyus ya mbak…….,

  4. aiihhh mau banget iniiiii pake nasi putih anget-anget ma kerupuk terung ihiks

  5. wah ini kok mendadak dapurnya ci ine banyak makanan… enak2 lagi semuanyayg ini pasti enak, lha bandeng gorengnya sendiri aja udah nendang, aplg di pepes

  6. kerasa sedepnya nih dari sini😉

  7. Kemangi en bandenge sing nang nggonku ora ono. Nek bandeng iso diganti iwak liyane to? Kluwak isih nduwe persediaan. Kemangi isih thukul 1/2 cm, Leo sing nandur kemangi, dadi isih nunggu suwe….TFS…

  8. alamak… baunya sampe sini nih..

  9. uda lama banget ga makan pepes… di sini ada sih bandeng presto, 1 biji 8 dolar, daun pisang juga muahal 1 kg 9 dolar…sebelum perang kalah dulu hihihi…

  10. sedep banget sptnya…selama ngerantau baru sekali dpt kiriman bandeng duri lunak…dieman-eman..makannya…padahal cuma digoreng biasa…ini dibumbuin pasti yahud…

  11. keliatannya enak buanget…. kemanginya itu lho, sedaaaaapp ya.kebetulan minggu kemarin aku baru beli bandeng duri lunak…tapi kalo pake kluwak, anak2ku emoh makan In… gimana ya?tanpa kluwak pasti rasanya kurang sedep kali ya???

  12. Wah…pasti enak nih..karena si bandeng nya dah berbumbu…aku kalo bikin pepes kok suka ga meresap ya bumbunya?

  13. kuenyaoyan wrote on Jun 9hmmm …jadi lebih sip ya mbak bandengnya ….. ** iya…nggak mboseniningnong wrote on Jun 9enaaak… variasi ya mbak…klo bosen sama olahan bandeng duri lunak yang itu2 aja ** iya Ning…ini kan tempo hari dari ngicip masakan pak William kuesyafina wrote on Jun 9aroma sangitnya bikin tambah maknyus ya mbak……., ** bener Nadewijoris wrote on Jun 9aiihhh mau banget iniiiii pake nasi putih anget-anget ma kerupuk terung ihiks ** sambalnya yang banyak Dew…setiyono wrote on Jun 9wah ini kok mendadak dapurnya ci ine banyak makanan… enak2 lagi semuanyayg ini pasti enak, lha bandeng gorengnya sendiri aja udah nendang, aplg di pepes ** bukan mendadak Yun…ini mah karena males posting, di tumpuk terus… nah giliran rajin posting, semua muanya di posting erm718 wrote on Jun 9kerasa sedepnya nih dari sini😉 ** hahaha….

  14. cutyfruty wrote on Jun 9Kemangi en bandenge sing nang nggonku ora ono. Nek bandeng iso diganti iwak liyane to? Kluwak isih nduwe persediaan. Kemangi isih thukul 1/2 cm, Leo sing nandur kemangi, dadi isih nunggu suwe….TFS… ** sabar Sri…nunggu kemangi bersemi. louveringo wrote on Jun 9alamak… baunya sampe sini nih.. ** HAH?? :-))pandabulet wrote on Jun 9uda lama banget ga makan pepes… di sini ada sih bandeng presto, 1 biji 8 dolar, daun pisang juga muahal 1 kg 9 dolar…sebelum perang kalah dulu hihihi… ** mikir mikir ya saking mahalnyajanealbertina wrote on Jun 9sedep banget sptnya…selama ngerantau baru sekali dpt kiriman bandeng duri lunak…dieman-eman..makannya…padahal cuma digoreng biasa…ini dibumbuin pasti yahud… ** wah iya… aku kalau ke semarang, sekali beli bisa 5 kilo tuh, anak2ku demen sihkaiserina wrote on Jun 9keliatannya enak buanget…. kemanginya itu lho, sedaaaaapp ya.kebetulan minggu kemarin aku baru beli bandeng duri lunak…tapi kalo pake kluwak, anak2ku emoh makan In… gimana ya?tanpa kluwak pasti rasanya kurang sedep kali ya??? ** tetep sedepvindara wrote on Jun 10Wah…pasti enak nih..karena si bandeng nya dah berbumbu…aku kalo bikin pepes kok suka ga meresap ya bumbunya? ** yang ini pasti meresap Han..lah bandenganya sendiri dah berbumbu

  15. mantaph… kalo yang menu masakan bandeng yang dagingnya dimbil, digiling, dicampur telur dan bumbu, trus dimasukan lagi kedalam kulit bandengnya trus dikukus itu namanya apa ya? trus prosesnya gimana?trimakasih

  16. arifnugroho said: mantaph… kalo yang menu masakan bandeng yang dagingnya dimbil, digiling, dicampur telur dan bumbu, trus dimasukan lagi kedalam kulit bandengnya trus dikukus itu namanya apa ya? trus prosesnya gimana?trimakasih

    itu namanya bandeng otak2.

  17. aduuuh…. kok liat ini jadi ngecessss!!!! *hiks*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: