Skip to content

Tip Hemat di Dapur

June 9, 2008

Jaman makin susah, semua serba mahal, ketimbang cape2 ikut demo BBM, mendingan mikirin berakrobat aja di rumah… akrobat untuk berhemat.

Hemat ini bukan cuma untuk mengatur kas rumah tangga saja, tapi juga sekaligus untuk mengurangi dampak pemanasan global.

  • Gunakan Panci tekan (pressed cooker) seoptimal mungkin, karena memasak menggunakan panci tekan terbukti menghemat bahan bakar, sekaligus menghemat waktu memasak. Selain itu, memasak menggunakan panci tekan, bisa untuk mematangkan sekaligus dua atau tiga macam masakan.  misalnya, untuk memasak nasi, atasnya di tumpangi klakat berisi semur, atasnya lagi di tumpangi pepes.. cukup waktu 15 menit…matang sekaligus ketiga2nya, menggunakan api yang sangat kecil.
  • Masak nasi secukupnya untuk makan sehari saja, karena kalau berlebihan, berarti lebih banyak energi (listrik atau gas atau minyak tanah) yang di pakai untuk  mematangkannya, dan ntar untuk memanaskannya kembali.
  • Masakan berkuah, misalnya sop, soto, pertimbangkan jumlah kuahnya, jangan terlalu berlebihan, karena akan memboroskan bumbu dan bahan bakar dan waktu memasak juga akan lebih lama.
  • Air bekas cucian beras, sayur dan bahan makanan, jangan langsung di buang, tapi di tampung di wadah, bisa untuk menyiram tanaman.
  • Gunakan serbet dan lap di rumah, ketimbang pakai tissue.
  • Pertimbangkan urutan memasak, supaya perabotan bisa digunakan bergantian tanpa harus selalu di cuci. Misalnya akan menggoreng tahu dan menumis  sayuran… dahulukan wajan untuk menggoreng tahu, setelah selesai, tuang  minyak bekas menggoreng tahu, wajan lansung bisa untuk menumis.
  • Belanja tak perlu setiap hari, untuk menghemat transport dan waktu. Manfaatkan lemari es secara optimal untuk penyimpanan ini, sehingga energi listrik yang digunakan untuk lemari es, bener2 bermanfaat, bukan cuma untuk  mendinginkan air doang.
  • Buat daftar barang sebelum pergi berbelanja, supaya hanya yang di perlukan saja yang di beli
  • Bikin masakan keringan sekaligus banyak, atau makanan yang bisa di bekukan, bisa untuk beberapa kali makan
  • Susun menu di awal minggu
  • Sisa masakan di olah jadi masakan lain, sehingga tidak ada makanan yang terbuang. Misalkan, masak opor, ayam tidak habis, ayam bisa di goreng untuk ayam goreng, atau di suwir jadikan ayam sisit pedas.

Ada lagi yang lain? ayo..kita tambahkan tips hemat di dapur.

From → Tips/Alat dapur

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: