Skip to content

Bubur Bakmoy

June 26, 2008

Description:
Bosan dengan bubur ayam? Bubur dengan lauk yang berbeda, yaitu bakmoy. Bakmoy memang biasanya di sajikan dengan nasi, dengan siraman kuah bening yang melimpah.

Kalau dipadu dengan bubur, mengandalkan kuah dari bakmoynya saja. jangan lupa, air bawang putih, ini yang bikin rasa khas.

Ingredients:
Bahan bubur:
250 gr beras
750 cc kaldu ayam
garam
2 cm jahe, di geprak
2 siung bawang putih, di greprek
2 sdm minyak goreng

Bahan bakmoy:
2 buah tahu cina, potong 1/2 X 1/2 cm, goreng sebentar, tak perlu kering.
150 gr daging ayam atau daging babi, rebus sampai matang, potong2 kecil2 sebesar tahu. Kaldunya jangan di buang.
4 buah telur ayam, di rebus, kupas.
2 sendok makan ebi, di rendam, uleg halus
3 bawang putih di geprek
2 sdm kecap asin
2 sdm minyak goreng
10 sendok makan kecap manis (atau sesukanya)
garam
merica

pelengkap:
2 bawang putih di uleg halus, tambah dengan 10 sendok makan air matang
sledri di iris halus
bawang merah goreng
sambal kecap

Directions:
Bubur:

Masak beras dengan kaldu ayam, jahe dan garam, hingga menjadi bubur.
tumis bawang putih hingga harum dan kuning, tuangkan dalam bubur, aduk rata.
sisihkan.

Bakmoy:
Tumis bawang putih geprek dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan ebi.
Masukkan daging ayam/babi rebus, kecap asin, kecap manis, tahu, garam, merica dan sisa kaldu rebusan.
Masukkan telur rebus, masak sampai bumbu meresap dan telur berubah warna menjadi kecoklatan.

Penyelesaian:
Taruh bubur di mangkuk, tambahkan bakmoy dengan sedikit kuah coklatnya, setengah butir telur, tambahkan 1 atau 2 sendok makan air bawang putih mentah (kalau nggak suka ya nggak apa2, tapi ini bikin rasa bakmoy istimewa)
taburi seledri dan bawang merah goreng.
Sajikan

Note:
bubur di masak dengan slow cooker, lebih legit rasanya.

8 Comments
  1. yummmmm…boleh nih jadi alternatif selain buryam..yg kmrn bakmoy-nya udah aku contek cie..tp aku modif dg bumbu five spice..hasilnya wenakkk…liat di blogku: http://lidiasianturi.blogspot.com/

  2. Resep2mu oke banget Lydia, foto2nya juga bagus. Aku baru aja liat ke sono.

  3. Ci… aku nyontek resepnya ya…

  4. lyan42 said: Ci… aku nyontek resepnya ya…

    boleeeeh

  5. cari resep bakmoy, sampenya kesinimakasih mbak ine.

  6. sama2 Coni..

  7. linset permalink

    inekke ….masih ingat aku tidak ? aku linda … lagi cari resep n cari gambar patchwork… eh nggak taunya ketemu kamu.

    ini inekke yang di ancol kan ya ? ( IAp dulu )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: