Skip to content

Roti Krumpul

August 4, 2008

Description:
Roti Krumpul ini roti nostalgiaan. Dulu belinya di toko Abon Varia Solo, sekitar
jam 2 siang. karena jam segitu pas roti matang, dan gak berlama-lama, roti
cepat habis, karena produksinya nggak banyak.

Ada yang menyebut roti konde, karena bentuknya kayak konde. Roti krumpul ini sih, bisa di golongkan roti sobek atau roti kasur, tapi beda bentuk aja.

Sekarang, roti krumpul ini jadi Favorit Rachel, apalagi begitu keluar dari oven…. langsung di comot beberapabongkah buat menemaninya main game dan minum teh. Kadang juga di robek dan di selipi ice cream tengahnya.

Kesempatan ini aku pakai untuk ngajari dia, kalau mau roti krumpul, dia
harus menimbang semua bahan2nya dan membantuku bikin sampai selesai.

Ingredients:
500 gr Terigu Cakra
10 gr Instant yeast
150 gr gula
40 gr susu bubuk
5 gr garam
50 gr margarine
125 gr unsalted butter
100 gr kuning telur
175 gr air
1/2 sdt vanillie powder

Untuk olesan/taburan
margarine
Susu cair
Gula pasir

Directions:
1. Campurkan semua bahan kering, aduk rata
2. Aduk dengan mixer, sambil tuangkan bahan cair (telur dan air) Air jangan di habiskan, dilihat dulu teksturnya, karena jika terigu lembab, air tak perlu masuk semua.
3. Aduk hingga rata, terakhir masukkan margarine dan butter.
4. Aduk hingga kalis. Tandanya kalis, jika adonan di tarik tidak mudah utus.
5. Istirahatkan adonan selama 15-20 menit
6. timbang adonan masing2 30 gr, bulatkan adonan, olesi dengan margarine di seluruh sisi pinggirnya,taruh di cetakan, dengan jarak 1 cm.
7. Istirahatkan hingga mengembang dan memenuhi cetakan, kira kira 1 jam.
8. olesi bagian atas roti dengan susu cair, taburi gula pasir
9. Panggang dengan suhu 175 derajat C, kira2 20-30 menit.

roti
Tekstur rotinya

From → Kue, Roti

110 Comments
  1. bagi dong …. laper nich (pagi2 buta gini) liat roti buatan Mbak Ine…🙂

  2. cecepnk said: bagi dong …. laper nich (pagi2 buta gini) liat roti buatan Mbak Ine…🙂

    aaah…lupa aku…mestinya bikin ya hari ini buat ulang tahun mu Cep. selamat ulang tahun ya.

  3. He?….belum nampe lagi ulang tahunnya….kalau Ulang Hari sih sering🙂

  4. cecepnk said: He?….belum nampe lagi ulang tahunnya….kalau Ulang Hari sih sering🙂

    lah…pan kemarin ada alertnya MP, Cecep ultah. apa itu tanggal asal aja yang kamu pake ngisi ultahmu?

  5. Cik Ine,Aku dah coba lagi. Cara ngebantingnya kayak tacik bilang, ternyata ora kuat😦 lebih cape dibanding caraku, jadi diselangseling.Herane, malah ga jadi. Kok kayake kebasahen ya? telur udah ga kasi semua, demikian juga air, dari 175gr = 175 cc ??? air, aku cuman pake 125 an.Apa butternya pengaruh ya? pertama kali aku pake anchor sekarang pake orchid.Waktu di proof, kayaknya kebanyakan butter/mentega, krn pada mencair keluar semua.Bener2 penasaran loh cik, kayake gampang ya?apa uleni tangan hasilnya ga bisa semaksimal mesin?Coba tacik tinggal di kotaku :)Salam, Nana

  6. mba ini boleh intip resep nya yah…..kalo g pake ansalt butter ..bisa gha ya?thx u…resepnya oke2 mba

  7. bissa, pake margarine juga bisa

  8. Salam kenal mba Ine, td siang liat resep ini, n dicontek. Inspiring bgt… buat temen ngeteh sore2.Btw, td punyanya terigu cap kunci, (hrsnya cap gembok ya..hiks..) trs hslnya kurang maksimal tekstur e..Dibiji bojoku cuma 6,5.. tp kedua anakku ngasih nilai 9. Ah… biarin ajalah bapak e.., sing penting anak e lahap… hahaha Thx.

  9. terigu nya pake yang tinggi gluten, kunci termasuk rendah. kalau di sini cap cakra, di daerah lain, merknya bisa beda lagi…intinya cari yang tinggi glutennya

  10. hmmm…..roti kosong manis….ijin copy resepnya mba Ine….penasaran pengen bikin…terakhir bikin jaman SMA dan gak berhasil karena setelah dibentuk langsung masuk oven ngga dikembangin lagi….alhasil keluar oven masih enak dimakan anget-anget…begitu udah dingin jadinya kayak batu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: