Skip to content

Tahu Pong

August 4, 2008

Description:
Salah satu makanan yang ngetop di semarang adalah Tahu pong. Tahu pong maksudnya, tahu yang di goreng sampai kopong (tengahnya kosong) Sajian Tahu pong, meskipun salah satu pelengkapnya Gimbal urang (udang) berbeda dengan Sajian Tahu Gimbal.

Sama sama tahu, sama sama pakai gimbal urang.

Tahu pong, bukan hanya tahu saja, tapi juga di sertai gimbal urang, telur goreng, kadang juga tahu telur (omelet tahu), di siram dengan kuah kecap dan petis udang beraroma bawang putih mentah yang kuat, dan acar lobak sebagai penyegarnya. Kalau mau pedas, di sediakan cabe rawit hijau uleg tanpa bumbu. Pelengkapnya acar lobak. tak banyak yang suka acar lobak, karena kurang populer di banding acar ketimun.

Tahu gimbal , menggunakan tahu yang tidak kopong, di goreng setengah matang saja, dengan pelengkapnya gimbal urang, sayurnya biasanya kol goreng, bumbunya menggunakan bumbu kacang.

Tahu telur, ini omelet tahu yang di goreng kering, dengan pelengkapnya taoge pendek, dengan taburan seledri dan bawang merah goreng. Sausnya, yang populer menggunakan saus kacang, tapi ada juga yang demen pakai saus petisnya tahu pong.

Ada yang memasak tahu telur dengan cara menggoreng dulu tahu yang sudah di iris kecil, setelah itu tahu di campur telur dan di dadar. Tapi justru yang enak itu tahunya yang tidak usah di goreng. Biasanya sih…di remas hancur, campur dengan telur.

Nah… mau tahu? silakan cari tahu rasanya dengan coba resepnya. –>

Ingredients:
3 buah tahu pong, tahu khusus yang di goreng bisa mengembung dan kosong di tengahnya. (di pasar JKT, ada yang merk Poo)
2 butir telur rebus
gimbal udang (lihat resep Tahu gimbal

Bumbu:
2 sdm Petis udang
5 sdm kecap manis
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
50 cc air matang
2 siung bawang putih hancurkan
Campur bahan bumbu jadi satu, aduk rata –>

Directions:
1. Goreng tahu hingga kering dan mengembang
2. Goreng telur rebus hingga kuning
3. goreng gimbal udang
4 siram dengan bumbu
5. Sajikan dengan acar lobak.

Acar lobak:
serut tipis lobak, taburi garam, cuci lobak berulang kali hingga hilang aroma nya.
Tambahkan garam, gula dan cuka.
Diamkan hingga meresap.

55 Comments
  1. estihkw said: mbak..buka restaurant Semarangan aja deh. Pasti laris deh, lha sampeyan kalo bikin apa-apa pasti rasanya mak nyussssssssss

    hahahaha… iki wis balung kuli mbak… kita seselera aja kali, jadi cocok

  2. ngiler deh Ci….. mau dong…. hehehe…

  3. lyan42 said: ngiler deh Ci….. mau dong…. hehehe…

    silakan comooooot!🙂

  4. my favourite….. hmm,tapi tinggal dewe’an jadi males masak2 nda ada yang mbantu… jadi palingan kalo pengin makan di hayam wuruk deh…

  5. iya, yang di hayam wuruk seberang duta merlin ngetop tuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: