Skip to content

Roti Gambang

September 20, 2008

Description:
Jaman aku kecil di semarang, udah kenal roti ini, tapi namanya Ganjel Rel,
lha bentuknya kotak kayak balok kayu pengganjal Rel. Aku suka, tapi tak
pernah bisa menghabiskan sepotong ganjel Rel.

Tempo hari saat ikut tour ke Cianjur, salah satu isian snack boxnya roti
gambang mungil, menurutku ini salah satu the best of roti gambang yang
pernah ku makan. Roti gambang buatan pak Hadi Tuwendi ini, sopan bentuknya, karena cuma segede ibu jari tangan ku dan sepanjang jari telunjuk saja. Jadi nggak eneg makannya, dengan tingkat kemanisan yang pas.

Lah kog Irma bikin roti gambang juga buat ultah KBB. Yah..gak usah mikir
lagi, kalau resep dan di buat Irma, pasti oke juga buat dicontek, tanpa almond dalam adonan. Almond powdernya untuk taburan, karena nggak punya wijen, dan jumlah almondnya juga cuma dikit.

Bedanya, Irma demen yang kering teksturnya, aku lebih demen yang lembab.

source : Irma Rode

Ingredients:
250 g gula merah, sisir
175 ml air
375 g tepung terigu berprotein sedang (aku pakai 250 gr)
125 tepung terigu protein tinggi (aku pakai 250gr)
25 g susu bubuk
1/4 sdt garam
1 sdt soda kue
2 sdt baking powder
2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt vanili bubuk (aku pakai 1/2 sdm vanilia ekstrak)
2 kuning telur ayam
200 g margarin atau butter
3 sdm air, untuk olesan
3 sdm biji wijen putih (ngga pake. nggak punya)

Directions:
Rebus gula merah bersama air hingga gula larut dan air mendidih. Angkat, dinginkan. Sisihkan.
Campur semua bahan, aduk rata. Masukkan air gula, uleni hingga tercampur rata.
Masukkan margarin, uleni kembali hingga rata.
Bulatkan adonan, tutup dengan plastik.
Diamkan selama 30 menit di suhu ruang hingga adonan agak kering dan mudah dibentuk.

Timbang adonan seberat 25 g pulung memanjang, seperti jari telunjuk
Atur adonan di atas loyang yang sudah di oles margarine, beri jarak 2,5 cm .
Olesi permukaan roti dengan air, taburi wijen bila memakai.

Panggang dalam oven panas bersuhu 150 derajat Celcius selama 30 menit atau hingga matang.
Angkat. Sajikan.

original recipe by: Femina Online (www.femina-online.com)
Modified by Riana (www.pennylane.blogsome.com)

From → Kue, Tradisional

43 Comments
  1. ini roti jadul yang mamaku paling doyan loh ci ine…..enak banged

  2. adeapin said: ini roti jadul yang mamaku paling doyan loh ci ine…..enak banged

    aku juga doyan, tapi kalau beli, suka ndak cocok rasanya, atau lengket di gigi, atau terlalu manis. yang ini, enak dan gampang.

  3. elkaje said: yang ini, enak dan gampang.

    iya bener , suka nempel di gigi…ntar aku coba resepnya cik ine deh..;)

  4. bahan uda ada semua nih,,tp masih males🙂

  5. aku yg jadi aja mau, dulu suka di kasih ama tetangga kita, aku paling doyan makannya.

  6. Waaah rotinya namanya lucu cik… aku belum pernah makan… hhehe… makasih yaa cik resepnya… mau coba ah..🙂

  7. Ini kesukaanku banget mbak. Kadang kangen pingin makan roti gambang abang2 tukang roti yg suka lewat..

  8. roti gambang is in the air… hehe lg byk yg bikin🙂

  9. baru pertama kali denger…apa lagi ngobain …^_^… mau donk

  10. Patut dicoba kl gitu…..TFS ya Cie

  11. Aku lupa-lupa ingat apakah pernah makan roti ganjel rel iki opo ora. Mungkin kalau ditambah jahe enak juga kali ya…jadinya malah roti jahe….he…he…he…

  12. Aku mampir ke rumah ci Ine aja, nyomot barang 1-2.

  13. Kelihat enak banget nich.

  14. Ngga pernah doyan ganjelrel, baunya terlalu strong. Sepertinya saat itu pakai soda kue yang jelek atau apa?

  15. hahaha… ada2 ajaaa… namanya moso ganjel rel xixixi… napa gak ganjel perut yaaa ;-pKalo kue keringan yg namanya kue kecik ada resepnya gak Cik???

  16. hihihi roti ganjal rel😀

  17. mbaaaaaaa… naksir roti nya… halaaah.. sambil nyruput teh sore2 enak bener…

  18. jadi pengen nyoba juga nih..

  19. boleh tuh dicoba bikinnya he.he.he

  20. Oh oh oh…TFS..ini roti jadoel enak banget jadi kangen tukang roti keliling Jadoel Indo

  21. Ini buat kue lebaran kayaknya asik juga.. ben orak bosen ndeloki nastar/putri salju/kastengel. Hmm.. *nyari ide aneh buat kue lebaran*

  22. oooo baru tau ini namanya roti gambang :psering makan tp ga tau namanya

  23. Jadi terbayang-bayang rasa roti gambang Pak Hadi.. rasanya emang pas :)Dulu aku beli roti gambang yang bentuknya gepeng bundar, dalam 1 plastik ada beberapa potong ditumpuk2.. itu juga aku doyaaann… :)sayang skrg dah ngga nemu lagi.

  24. ini dia nih yg dicari2…. aku nyontek resepnya ya Ci..

  25. udah lama pengen bikin…lupa terus…. roti gambang yang bulet masih banyak di warung…🙂

  26. lucu juga ngganjel rel… emang guede be’eng yang aslinya…. bikin unyil lucu juga ya. Ci…… kapan2 ah, kalo gak males, coba…..😉

  27. kedemenan aku nih, kalo beli diabang2 ukuran jumbo setengah juga dah kenyang ya mba hehhee

  28. Mbak Ine, …jadi inget jaman baheula deh…dan roti seperti ini sih ngak bakal ada ya di bakeri2 modern…, sayang banget.

  29. pandabulet said: bahan uda ada semua nih,,tp masih males🙂

    dasar… hehehe

  30. inongi said: aku yg jadi aja mau, dulu suka di kasih ama tetangga kita, aku paling doyan makannya.

    bikin aja…gampang kog.

  31. keluargarenaldo said: Waaah rotinya namanya lucu cik… aku belum pernah makan… hhehe… makasih yaa cik resepnya… mau coba ah..🙂

    ini roti kuno, sejak jaman dulu namanya juga gitu…

  32. pecintasheika said: Ini kesukaanku banget mbak. Kadang kangen pingin makan roti gambang abang2 tukang roti yg suka lewat..

    kalau di tukang roti, suka lengket di gigi

  33. dapurmae said: roti gambang is in the air… hehe lg byk yg bikin🙂

    emang…ini karena ketularan Irma

  34. maap ya ci ine, pertanyaan rada oon niy…itu uleni adonannya membutuhkan tenaga besar gak seperti menguleni adonan roti tawar dll?*udah ngiler banget pengen coba buat, roti gambang kesukaanku banggetttt

  35. ini yg lembab ato yg kering mbak?

  36. sibunbun said: maap ya ci ine, pertanyaan rada oon niy…itu uleni adonannya membutuhkan tenaga besar gak seperti menguleni adonan roti tawar dll?*udah ngiler banget pengen coba buat, roti gambang kesukaanku banggetttt

    enggak… aduk aja sampai rata kog

  37. mylianov said: ini yg lembab ato yg kering mbak?

    kering Li

  38. Kemaren beli roti gambang di Hypermart……ga enak…….tau harus nyari dimana, di rumah Ine kali ya….padahal ni kesukaanku dari kecil

  39. tlss said: Kemaren beli roti gambang di Hypermart……ga enak…….tau harus nyari dimana, di rumah Ine kali ya….padahal ni kesukaanku dari kecil

    ke cafe pak Hadi Sus, enak tuh roti gambangnya, kecil2 lagi… sekalian nostalgiaan ama pak HT

  40. Mbak…itu 1 adonan jadi berapa biji ya?trims

  41. hehe..bacanya kurang ati ati ya…padahal di paling atas udah ada tulisannya..:)

  42. hmmm dan karena Ci Ine yg posting, saya juga ikutan bikin yg ini ajah ;))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: