Skip to content

Ngohiang goreng Saus Taoco

October 20, 2008

Description:
Doeloe… masa aku SMA di semarang, pulang sekolah suka mampir ke pasar Johar. Di antara Yaik permai dan pasar Johar ada yang jual siobak, pakai gerobak. Siobak itu jerohan babi di masak dengan kecap, kering. Di makan dengan bumbu taoco. Tapi bukan siobaknya yang aku omongin, karena aku nggak ngefans ama jeroan ini.

Penjual Siobak, biasanya juga jual ngohiang goreng. Ngohiang versi Semarang, beda dengan versi Bogor, ini berupa daging cincang di bumbui dengan bumbu ngohiang, dibungkus kulit lunpia, dan di goreng kering. Tapi bumbu untuk ngohiang pakai bumbu bening kental, menurutku kurang nendang. Aku lebih suka ngohiang dimakan dengan bumbunya Siobak, yaitu bumbu taoco. Aku beli dua atau tiga ngohiang, yang langsung di potong2, trus di bungkus, di makan di rumah bersama mami yang juga menggemarinya.

Sekarang penjual Siobak yang terkenal di Semarang, ada di Seteran (Jl Moch Suyudi), ini dulu kayaknya jual di halaman rumah di Gajahmada dekat wotgandul. Gak tau gimana rasanya sekarang, kalau dulu sih, dibandingkan dengan salah satu langgananku di Pasar Johar tengah, masih enak yang di Johar. Lebaran yang baru lalu, sempat beli di gang baru, gak enak blas.

Kemarin ini pingiiiin lagi makan Ngohiang goreng, beneran pinginnya sebagai balas dendam yang nggak enak itu..Sayangnya, ini pakai kulit lunpia yang beli jadi, yang kurang renyah kalau sudah dingin.Barangkali si kulit lunpia ini di kasi telur, sehingga alot kalau udah dingin. Emang beda dengan kulit lunpia yang di semarang, tetap renyah sampai akhir. Tapi tetep jauh lebih enak ketimbang yang beli di gang Baru.

eh….acarnya lupa… biasanya pake acar lobak, aku pakai acar ketimun aja.
nggak ribet membuang bau pesingnya.

Ingredients:
150 gr daging babi cincang (bisa di ganti ayam giling, jangan lupa sertakan
lemaknya)
50 gr udang kupas, cincang
3 sdm daun bawang iris halus (pilih daun bawang yang kurus2)
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt bumbu ngohiang
1/2 sdt garam halus
1/4 sdt merica
1 sdm tepung sagu
5 sdm telur putih (kira2 dari 1 butir telur)

10-15 lbr kulit lunpia siap pakai
telur putih untuk merekatkan

Bumbu Taoco
1 siung bawang putih, haluskan
3 sdm Taoco haluskan
1 sdt gula
kecap asin
saus sambal
100 ml air
tepung sagu tani, untuk mengentalkan

Directions:
– Campurkan semua bahan daging, aduk rata.
– Isi selembar kulit lunpia dengan 1 sdm adonan daging, isi memanjang… kira2 cuma setebal jari kelingking.
– Olesi pinggiran kulit dengan telur putih
– gulung kulit lunpia, tekan bagian pinggir2nya (tak usah di lipat seperti lunpia/risoles)
– Lakukan hingga habis
– Goreng kering, hingga berwarna kecoklatan, sajikan segera dengan saus taoco

Saus Taoco
tumis bawang putih dan taoco hingga wangi
tambahkan kecap asin, gula, air dan saus sambal
kentalkan dengan larutan tepung sagu tani

67 Comments
  1. Klu gak pake kulit lumpia, bungkusnya bisa diganti apa mbak? Aku pengen bikin ini, tapi gak suka kulit lumpia

  2. waaaa aku jg mau nyontek ah….btw, cie Ine aku sdh posting contekan bitterballennya dsini: http://lidiasianturi.blogspot.com/makasih ya…

  3. Wahh nyomottt satu …bolehh yaa….dah kangen nih, mungkin makan ngohiang udah 10 taon yang lalu ….hik…hik…

  4. cik inne, masakan filipina ada yg mirip kyk ngohiang pake kulit lumpia ini. isinya ya daging babi cincang+udang cincang, cuman minus ngohiang. dibungkus pake kulit lumpia terus digoreng.nah mereka bilangnya lumpia shanghai hehehe. kalo lumpia yg isinya sayuran (kyk model indo), dibilang eggroll/spring roll. lumpia dan eggroll dua versi yg berbeda. jadi kepingin nyobain ah buat, dari dulu pingin bikin ngohiang, tapi gak ada kembang tahunya. eh ternyata bisa pake kulit lumpia, sip deh.

  5. frasha41 said: Waah enak ini ci aku copy yah

    siiip… selamat mencoba Ri

  6. lyan42 said: Ci… thank ya resep2nya selalu oke punya….. kapan2 aku bikin ya…

    thks Ly… silakan di coba

  7. mayaekt said: ijin, mau kopi resep ngohiongnya, si marco doyan banget soalnya….๐Ÿ˜‰ tengkiu ya Ci!

    tooos ama Marco…tante ine juga doyan๐Ÿ™‚

  8. imahartanto said: kok kayaknya gampang ya mbak … nanti pan kapan mo coba ach … TFS๐Ÿ™‚

    gampang Ima

  9. frendhie said: ngga ada paket siap kirim ya *lapar*

    udaaah…ke sini aja… daripada di kirim ntar ndak nyampe2

  10. lferonica said: aku pernah coba bikin pakai kulit tahu sama isinya ikan, tapi tidak sukses tuh. Padahal di indo suka bantu mami bikin tapi krn udah lama lupa.๐Ÿ™‚

    kenapa ndak suksesnya Fer? yang pake kulit tahu udah pernah juga kuposting

  11. haleygiri said: Klu gak pake kulit lumpia, bungkusnya bisa diganti apa mbak? Aku pengen bikin ini, tapi gak suka kulit lumpia

    di ganti kulit risoles bisa Yu… tapi kurang renyah. pake kulit tahu juga oke..coba di bikin kecil2 pake kulit pangsit.

  12. aidyl said: waaaa aku jg mau nyontek ah….btw, cie Ine aku sdh posting contekan bitterballennya dsini: http://lidiasianturi.blogspot.com/makasih ya…

    siiip…ntar meluncur ke sono ya Lyd

  13. dopeicooking said: Wahh nyomottt satu …bolehh yaa….dah kangen nih, mungkin makan ngohiang udah 10 taon yang lalu ….hik…hik…

    bikin..bikin… gampang tuh Happy…

  14. lielie said: jadi kepingin nyobain ah buat, dari dulu pingin bikin ngohiang, tapi gak ada kembang tahunya. eh ternyata bisa pake kulit lumpia, sip deh.

    bisa Lie..pake kulit pangsit juga bisa

  15. In kamu nambah menu aku disini dKapan2 mo nyoba ah, dimana yang enak ? Jkt ada ngga ? Apa kudu ke bogor ?

  16. bikin ndiri aja… gampang… beda ini ama ngohiang bogor Sus

  17. klo cara masak jeroannya gmn ya? hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: