Skip to content

Samosa Praktis

January 28, 2009

Description:
Praktis, karena nggak semua bikin sendiri, kulit beli jadi… siap pakai.

Bumbu pakai yang instan, pake bumbu gule Bamboe, ini mah nyontek dari resep samosanya Liyah.

Tadinya, niatnya gak pake telur, apadaya, keasinan, hehehe… mau tambah daging, udah nggak punya, jadi tambah telur aja. Malah enak.

Ya…ini karena tuntutan perut dan mulut, tapi niatnya belum sepenuh hati:-)
yang penting, tetap enak dan bisa untuk variasi sangu sekolah anak.

Bikin sekaligus banyak, simpan di tempat tertutup rapat, lalu taruh di lemari es. Kalau butuh, tinggal ambil dan goreng.

Ingredients:
20 Lembar spring roll pastry, siap pakai (ukuran 22X22)

Isi:
2 siung bawang putih, geprek, cincang
1 btr bawang bombay, iris kecil2 (kira2 100 gr)
250 gr daging sapi cincang
3 telur ayam, kocok lepas
3 lbr daun bawang, iris halus
1/2 btr paprika merah, iris kecil2
1 bks bumbu gule siap pakai (aku pakai merk bamboe)
4 sdm kacang polong beku, rebus sebentar, tiriskan
garam (bila perlu saja… cicip dulu sebelum pake garam.)
1/4 sdt merica
1/2 sdt bubuk kari
2 sdm minyak goreng
2 sdm tepung terigu

Directions:
Isi:
– Tumis bawang putih hingga wangi
– Masukkan bawang bombay, aduk hingga bawang layu
– Masukkan daging, aduk hingga berubah warna
– Masukkan bumbu2, daun bawang dan kacang polong
– Masukkan telur kocok, aduk cepat agar telur bercampur dan hancur bersama daging
– Terakhir, masukkan tepung terigu, langsung di ayak diatas adonan daging,
aduk cepat agar merata dan mengering

Penyelesaian
– potong spring roll pastry menjadi dua, sehingga ukuran 11X22
– tiap lembar di isi dengan sesendok adonan isi, bentuk segitiga, pulas pinggir kulit dengan telur putih agar melekat di badan samosa.
– Lakukan hingga habis,
– goreng dengan minyak banyak hingga kuning kecoklatan

tips:
goreng sesaat akan di sajikan… hangat, renyah

From → Gorengan, Kue

30 Comments
  1. iya disini ada khusus kulitnya yang panjang itu…pernah saya desperado bikin pangsit goreng kulitnya tak potong 2 buat pangsit…ini kebalikannya….

  2. Sayangnya digoreng ini ya? aku kok ga gitu suka goreng2an ya.. kalo dikukus ato direbus enak ga yah? kalo minyaknya ga banyak enak kali ya… makasih mbak!

  3. wah praktissss…..mungkin kapan-kapan bisa di coba. TFS🙂

  4. Thanks banget resepnya yah, Ci. Samosa ini pasti enak banget buat cemilan nonton drama korea. Temen kantorku ada yg bikin ini tapi dalemnya diisi kentang.

  5. kapan2 mo coba juga ah..

  6. oo ini samosa yg isi nya komplit nih hee…manteppp.Ini poto nya cantik lho In

  7. aku paling doyan samosa Ci…kapan2 mo contek resepnya Ci..

  8. uenak,samosa suka banget..

  9. pedes2 tambah enak nih Cik..

  10. siap2 menyontek…

  11. kapan2 mau nyontek nih…hmm samosanya look good!

  12. CI, itu kulitnya pake kulit pangsit aja, bisa nggak ya?

  13. mirip martabak telur suket (di arisan2 &tkg kue kan suka banyakan onclangnya drpd dagingnya)….** ndesone kumat ** :D:D

  14. ini sebenernya kulit spring roll, tapi bentuk persegi.

  15. bisa aja di panggang Ros…di poles telur, trus di panggang

  16. ada..yang pake kentang, pake wortel, pake daging aja…bebas…di bumbui daun ketumbar juga oke

  17. thks Rien, ini hati lagi lapaaang, sabar, trus lagi pingin belajar foto, belum serius banget, masih nunggu mood yang susah muncul hehehe…

  18. siiip, ini kalau bikin Lin, sekalian banyak, trus di simpan, anak2 kalau pingin tinggal menggoreng. cuma tahan 3-4 hari aja sih, kulitnya bisa lengket2

  19. bisa banget Mar. ayo..bikinin si penyihir biar kesaktiannya bertambah. hihihihi…

  20. Waah nggak pernah makan samosa… enak banget pasti yah cie…🙂

  21. aqu mah nggak tahan ngegorengnya In…soalnya disini kan dapurnya bener2 tertutup (brrr… mana lagi winter!!!) melebeg deh bau minyak gorengannya…memang enak ya… apalagi dimakan sama acar timun… hmmmm sedaap…

  22. ci ine, samosanya bisa tahan brapa hari di kulkas?simpannya di frozen atau di bagian bawah?

  23. cie, 1 resep ini bisa jadi berapa ini kulit spring roll yang dijual di spm merk (sp**** h*** atau F***a itu kan ya) jadi pengen nyobain…ngilerrr

  24. di frozen, bisa seminggu tuh

  25. tulis aja lengkap…hehehe… aku pake merk Finna. satu resep kira2 jadi 30-an

  26. wah…iya Sy, kalau di dapur tertutup, mulek tuh hawanya.

  27. Makasih ci, bolg ci Ine banyak membantu. Btw ci Ine punya gak resep kue pia kering (bukan kue bulan lho). Aku suka banget, tapi ga tau cara buatnya. Kadang2 aku dapat oleh2 dari teman yang dari Manado, isinya gula merah campur kacang mete. Klo ci Ine punya, tolong dibagi yaa..

  28. ntar di cariin ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: