Skip to content

Pindang Bandeng Kuah

March 28, 2009

Description:
Ini pindang berkuah, beda dengan pindang bandeng yang umum di jual di semarang, yang kering dan kuning.

Adaptasi dari resep mamiku, di modif dikit, biar lebih mantep dengan seleraku. Penambahan tomat (resep asli nggak ada) bertujuan supaya kuahnya lebih tebal, selain itu, tomat juga menyumbang rasa asam manis yang segar.

Menurutku, dimasak dengan presto, dan di masak dengan slow cooker, sama2 bertujuan membuat duri halusnya lunak, citarasanya lebih sip dngan slow cooker, bumbunya berasa lebih meresap.

Ingredients:
1 Kg Bandeng (kira2 2 ekor), masing2 potong jadi 4

6 sdm kecap manis
2 sdm gula jawa
1/2 sdm garam
15 btr cabe rawit
3 lbr daun salam
2 potong lengkuas
2 lbr sereh
1250 cc air
3 buah tomat merah di potong2

Bumbu Bakar:
10 bawang merah
6 bawang putih
6 cabe merah
2 ruas kunyit
2 ruas jahe
4 mata asam jawa

Directions:
Cara:
Bumbu bakar: tusuki bumbu di tusuk sate, termasuk asam jawa yang sudah dikepal padat.
Bakar hingga matang.
Didihkan air, masukkan bumbu bakar yang telah di lepas dari tusuk sate
Masukkan cabe rawit, kecap, garam, gula, salam, lengkuas dan sereh.
Setelah mendidih, masukkan bandeng.
Pindahkan ke slowcooker, masak dengan mode low selama 5-6 jam.
(jika menggunakan presscooker, setelah katup mendesis, kecilkan api, masak selama 60 menit)

49 Comments
  1. pk slowcooker duriya bs lunak? asiikk.. pomaneh hubby doyan bandeng banget. aku ga trll suka dipresto, dagingnya jd kering sih.

  2. Thanks resep nya. pengen dicoba deh.

  3. haaaa…ini aku sukaaaaaaa…penggemar Bandeng segala masakan ‘

  4. pake slow cooker bisa jg ya mba Ine?…mmm.. jd tertarik beli alat ini…Klo di presto, perbandingan rasanya gimana yaa…

  5. mirip makanan makasar mbak… pallumara.

  6. Belum pernah makan ini….cara masaknya unik, bumbunya dibakar?

  7. Welwh weleh…jadi ngiler nich. Oh ya, sekedar info bhw di peternakan bandeng yang ada di sekitar Banten (yang saya lihat di TV waktu acara menjelang imlek) ternyata kalau ikan bandeng yang ukuran besar2 itu makananya pelet dan konon rasanya kurang di banding dengan bandeng yang lebih kecil tapi tidak diberi makan pelet tapi murni dari mikro organisme yang ada di empang tsb. Mbak Ine, C&P ya resepnya… Thanks.

  8. walah Mbak, jadi kangen ma ibu karena ibuku suka bikin masakan kek gini … maklum, bapak doyan banget …

  9. duri halusnya aja Li, yang tulang tengahnya enggak.

  10. sama2…selamat masak

  11. Rahmah, sama denganku, sebenernya demen bandeng. Cuma kalau masih milihin duri….sorry ya. hehehe.. untung sekarang ada bandeng tanpa duri, presscooker dll yang bisa mengatasi males milihin duri.

  12. bisa, brasa lebih meresap Dyah. trus bandengnya keliatannya lebih kenceng, nggak rapuh, di banding di presto

  13. ini leibh manis mbak, maklum jawa tengah

  14. iya, biar aromanya juga beda… trus..yuang penting, gak pake minyak

  15. aku kog ndak demen yang terlalu gede ya Cep, belum pernah makan yang gede kalau buat imlek itu. Dulu dulu, imlek juga tahunya bandeng ukuran normal yang kira2 500 gr aja kog.kalau lagi sial, dapat bandeng yang bau tanah, karena tambaknya dangkal kali ya.

  16. iya Fit, teringat dulu waktu masa SMA tinggal di semarang, sering banget makan ini, kalau nggak masak ndiri, tetangga atau famili ngasi.

  17. aduh thanks alot!! g cari2 resep ini. nyokap sering buat!! ky nya cuma org semarang yg tau ya?

  18. ini bener2 memancing selera Ci…sedaaap…

  19. bener2 kegemarankuw lo Cie…soalnya,mamah akyu seneng banged ma menu ini…

  20. Cik Ine ini sama gak sih dengan Pindang serani rasanya?…koyok’e seger yo..pingin coba..ah kapan-kapan.

  21. Duh ini salah satu fave-ku Ne..nyokap suka buat🙂

  22. klu slow cooker manual piye mbak? pakai api kueeeeeeciiiiiiiiiiiillll gitu? ora duwe panci slow cooker je😀

  23. entah ini semarang apa bukan ya…. karena dulu di solo mami juga suka bikin ini

  24. ehem…iya Lin, apalagi kalau masaknya sabar, bumbunya mresep

  25. tooost…sama ya..

  26. siip…sedep ya Elle?

  27. kayaknya pindang serani itu bumbunya tumis ya Adi? biasanya ikan kakap ya?

  28. iya Yu, pake panci tebal, spy stabil panasnya, meski api kuecil

  29. waduuuh jadi tambah pengen beli slow cooker, tfs yah

  30. Nah kalo ini mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu buangeettt…. secara demen bgt sm bandeng segar (bukan presto-an). ** nyodorin rantang **

  31. Waahhh aku suka yang ini. Omaku sering masak ini loh. Segerrrr…duh jadi pengenn.

  32. Aku punya slow cooker tapi lom pernah dipake, dirumah pada gak suka makan ikan paling anak2 suka mujair ma gurami itupun terbatas dimasaknya cuma digoreng aja, bandeng sebenernya suka tapi males milihin durinya. Kalau makan sediri sih oke- oke aja. Jadi males masak ikan karena akhirnya harus ngabisin sendiri. Tapi kalau makan diluar ikan dibakar atau sup ikan anak2 kadang mau juga…. heran deh kebiasaan kalau porsi dikit berebut tapi kalau banyak nggak disentuh.

  33. Hai Ine … pa kabar? Ini salah satu masakan favorit-ku. Kalau liat bandeng, mata sudah jelalatan … hahaSuami dan anak2ku juga suka banget, meskipun ngomel karena durinya banyak.Salam dari Riyadh …

  34. beli..beli… Rik, gak rugi kog.misalnya pas ada acara…arisan..atau apa.. slow cooker pantes2 aja buat wadah sop, jadi suguhannya panas terus.buat bikin masakan daging, beneran asyik rasanya. daginnya empuk muprul, tapi bentuknya masih utuh. buat bikin bubur, lebih legit rasa buburnya.

  35. hahaha…kapan ya kita janjian ketemuan makan siang bareng… duh..ayo mampir sini, aku bawain masakan rumah Ndra

  36. tooost…banyak temen nih

  37. pake Sian, jangan cuma di jadikan sarang debu:-))buat masak daging2… asyik lho. (liat jawabanku ke Ririk di atas)masaknya jangan banyak2 Sian, suguhkan dikit aja, biar berebut🙂

  38. waaah.. cik Indry, kabar baik dariku, gimana di Riyadh? dah banyak teman? makanannya piye? ayo cerita2 cie..

  39. ci makannya pake emping deh, pasti tambah nikmat deh makannya🙂

  40. gitu ya? wah…padahal punya emping, tapi gak ingat menggorengnya. thks idenya ya Lis

  41. Ci Ine, ini makanan favoritku sejak kecil. Dimakan dgn teman emping jengkol dan sambal. Wah sedaaaapppp! Thanks resepnya yah, Ci.

  42. elkaje said: buat bikin bubur, lebih legit rasa buburnya

    buat sop&masak daging sudah coba ternyata bisa buat bikin bubur juga, apa sama spt bikin bubur biasa mba ukuran airnya?

  43. sambal apa cocoknya? karena kalau mau pedes, kan ada cabe rawit utuh yang ikut di masak tinggal di ceplus aja

  44. Berhubung aku makannya sama emping jengkol yg agak-agak pahit, aku makannya pake sambel kecap yg ada cabe rawit irisnya. Cobain deh, Ci, enak banget lho.

  45. Ci… bumbune podo karo resep “warisan…..”Tapi aku selalu masak pake presto kuahnya dibikin banyak, enak koq, apalagi kalo ud 2-3 hari dikulkas, rasane makin nyerep. Aku gak pernah masak pake slow cooker, soale ra ndue…

  46. Copas ya ci🙂

  47. mbak Ine, lagi kangen baca-baca resepnya, nemu resep iniaku coba ya mbak😀

  48. Hi . . . salam kenal Ine. Tadi pagi saya iseng beli bandeng dan menemukan resep ini. kami tdk terbiasa makan ikan bandeng apalagi kuah, selain banyak durinya jg bau tanah. Saya tahu masakan ini baru 3 tahun lalu krn temanku selalu menyediakan menu ini setiap Sin Chia. Pertama lihat, aneh jg ya krn dikota kelahiran saya yg namanya pindang pastilah pedas dan asam. Hari ini aku mencoba masak dgn resep ini, hasilnya lumayan enak. Bapakku sepertinya doyan, sambil nambah dia blg masakannya enak. Aslinya dari kota mana masakan ini, Ine?

  49. terimakasih infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: