Skip to content

Nasi Gandul ala Pati

March 29, 2009

Description:
Gak tahu kenapa namanya nasi Gandul, mungkin karena dulu dijualnya kelilingan dengan pikulan, yang saat di bawa jalan, pikulannya ber-gandul-ria di kiri dan kanan.

Dari rasa, mirip mirip nasi pindang kudus, mungkin karena memang daerahnya yang berdekatan, jadi saling mempengaruhi rasa. Bedanya, ini kluwaknya nggak terlalu pekat, dan bersemu merah karena warna dari cabe, dan tanpa sayur sama sekali.

Segar buat makan saat cuaca panas.

Ingredients:
1 kg daging sapi sandung lamur/SENGKEL
1 lt santan dari 1 butir kelapa
3 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, dimemarkan
2 sendok makan minyak goreng

BUMBU HALUS:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah cabai merah buang bijinya
2 cm kencur
2 buah keluwak (kluwek), ambil isinya
1/2 sendok teh jintan
1/2 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
1 sendok makan garam
1 sendok makan gula pasir

Pelengkap
Bawang merah goreng untuk taburan
cabe rawit, di rebus di haluskan

Directions:
1. Rebus daging, hingga setengah empuk, buang buih dari kaldunya (kalau pakai presscooker, 8-10 menit saja setelah panci mendesis)
2. potong2 daging sebesar ruas jari tangan, sisihkan
3. Tumis bumbu halus dengan salam, lengkuas, dan serai.
4. Setelah harum masukkan daging. Aduk sampai berubah
warna.
5. Tuang kaldu (kira2 1 liter dan santan.
6. Masak sampai daging lunak dan meresap.

Penyajian:
1. Taruh seporsi nasi putih di atas piring yang sudah dialasi daun pisang
2. Beri daging dan kuahnya
3. Taburi bawang merah goreng, sajikan dengan pelengkap

Pelengkap lainnya:
Telur rebus masak kecap
perkedel kentang
tempe/tahu goreng
kerupuk kampung

40 Comments
  1. wah enak sekali ini…mantap bener kalau dimakan dengan nasi panas….

  2. Nasi panas, kuahnya juga panas… syedaaap

  3. penasaran ama nasi ini…suka liat di spice garden PS… ntar kapan2 nyobain ah

  4. belum pernah nyobain Ci..keliatannya enak banget nih..

  5. sering liat warung tenda nasi gandul di casablanca yang katanya enak…sayangnya kalau jam 5 belum siap, baru beres-beres

  6. kapan2 dicobain deh Ci… keliatan-nya enak bener…..

  7. Enyyyaaak nih mbak ine

  8. hehehe… aku kemarin masak brongkos… gak beda2 jauh lah ama pindang kudus or nasi gandul…

  9. Mbaaaaaaaaaak….senang banget aku nemu ini. Nasi Gandul kan kesukaan kami. Matur nuwun..pastinya bakalan segera dicontek!!

  10. nyoba deh Ning, biarpun bersantan, seger kog

  11. Maaf mbak Ine, kali ini aku ndak mau makan hasil resepmu. Soale bedaaaa bangeettt ama nasi gandul yg aku kangenin..hihihi dari warnanya aja udah bikin ndak pengen nyicipin ** kangen nasi gandul pak Melet ** Warna nasi gandul harusnya coklat tua kemerahan. Trus yg dimasukin dimasak bersama kuah biasanya gajih-gajih. Daging & jerohan dimasak terik coklat manis lalu digoreng sebentar. Brambang gorengnya juga tidak lazim untuk ditaburkan spt ini. Nasinya saat tersiram kuah, biasanya langsung berubah warna jd kecoklatan menyerap kuah. Hihihih maap maap… bukannya meragukan kemampuan ibu Ine…tapi memang gak mirip sego gandhul yg asli Pati. Btw konon katanya asal mula nama ‘gandhul’ itu karena dulunya dijajakan dengan menggunakan pikulan, jadi yang dipikul berupa panci kuah dan uba rampe itu terayun2 seirama dengan gerak langkah penjualnya yg memikulnya, dari jauh terlihat ‘gondhal-gandhul’ gitu.

  12. Wa ci Ine is back. TFS ci.🙂

  13. ya wis..kono masak, aku tak ngicip :-))

  14. elkaje said: ya wis..kono masak, aku tak ngicip :-))

    ** kari nyemplungke bumbu gandhul lengkap, tuku ning pasar Puri Pati ** kekekeks… Nasi Gandhul blom pernah aku cobain masak dirumah, takut gagal, takut gak persis sama ama pak Melet punya. Slllrrrppp…. nanti lah aku eksperimen dulu ya mbak. Sementara menunggu nanti tak posting nasi gandhul-e pak Melet, penjual nasi gandhul langgananku di Pati semenjak aku balita.

  15. Durung sarapan, dipamerin sego gandul…..bikin tambah laper……

  16. ya wis, aku tunggu postingane, sekaligus traktirane ya Ndra. hehehehe… ben makin mirip. Tapi ntar yen aku wis pinter, gantian kowe tak gawe ngiler ya

  17. santannya encer aja Lin, jadi nggak eneg. unik kog rasanya.

  18. kapan2 perlu di coba Teh

  19. hm… saudaraan ama soto Ly

  20. iya Rik, apalagi kamu di jatim, yang nggak nolak kluwak, pasti doyan

  21. hm…beda Yu, brongkos lebih pekat, Rachel gak doyan soale pedes. hehehehe… kalau nasi gandul, maeme tanduk terus

  22. siiip… ada kluwek di boston Nas?

  23. sama2 Happy

  24. huaaah…. awas ngiler Sri🙂

  25. ada Mbak..malah udah dikupas..

  26. buat mbak andracharoen, kalo engga mau makan hasil resepnya ci Ine, ya engga usah ngomong seperti itu, masalahnya tiap orang punya resep yg berbeda2, bener nga ci Ine?!. (udah engga tau masak masih mau komentar lagi !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!)

  27. hai Lydia, nggak apa2, bagi orang lain, mungkin ini ndak enak di dengar, tapi karena aku tahu banget Andra, jadi ngak masalah buatku. Thks ya simpatinya.

  28. siiip… pasti pilihan ya Ienas, kalau di sini kan untung2an tuh dapat kluwaknya. Tapi kalau aku beli, minta dipilihin, langsung dikupasin. memang kudu bayar lebih mahal dikit ke penjualnya, tapi pasti dapat yang pilihan.

  29. Nasi daging tanpa sayur? Wah, ini sih otomatis jadi jenis makanan favoritku. ^_^

  30. eenl said: buat mbak andracharoen, kalo engga mau makan hasil resepnya ci Ine, ya engga usah ngomong seperti itu, masalahnya tiap orang punya resep yg berbeda2, bener nga ci Ine?!. (udah engga tau masak masih mau komentar lagi !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!)

    Bwahahaha… ada fans-nya ci Ine yg protes nih… hihihi maap ya mbak eenl.. soale saya aseli Pati, tempat darimana nasi gandhul itu berasal. Dan juga saya penikmat kuliner Pati yg fanatik. Saya komen spt itu karena saya pengen ci Ine bisa masak sampe paaassss banget semirip2nya sama nasi gandhul aseli Pati, jd nanti sy tinggal pesen klo pas ada arisan..gitchu…

  31. namanya nasi gandul soale daginge digandulke, baru dipotong kalau mau disajikan. ini khasnya daerah Pati. Khususnya kalau punya hajat, masak daging ( sapi or kebo ) banyak tapi masih prongkolan besar, trus digantungkan byar tiris n awet. kalau mau disajikan baru dipotong2

  32. andracharoen said: , jd nanti sy tinggal pesen klo pas ada arisan..gitchu…

    dasaaaaar Andra :-))

  33. versi lain lagi soal namanya…thks ya

  34. ci aku jg suka makan nasi gandul ini, kalo ga salah di food court nya sogo yang dulu dijual nasi gandul juga, penjual aslinya buka di daerah kebon jeruk sana. argh jadi pengen pulang hehehe

  35. rieskar said: daginge digandulke, baru dipotong kalau mau disajikan. ini khasnya daerah Pati.

    Saya menyataken, di Pati TIDAK ADA penjual nasi gandul yang menggantungkan daging prongkolan besar yg dipotong ketika akan disajikan. Silakan tunjukkan dimana di daerah Kabupaten Pati, Jateng, yg menjual daging utk nasi gandul dgn cara spt itu. Setahu saya sejak balita sampe terakhir pulang Lebaran 2008 yl, semua daging dan jerohan sudah dipotong2, dimasak manis, dan disajikan di piring. Dan juga, nasi gandul di Pati TIDAK ADA yg menggunakan daging kerbau (kecuali kalo penjualnya nakal, bertendensi memalsukan agar harga produksi lebih murah). Yang menggunakan daging kerbau di sekitaran Pati lazimnya hanyalah Pindang Kerbau khas Kudus, karena masyarakat Kudus tidak makan daging sapi.

  36. wah mbak….piye iki…….ini bikin ngeces berat.

  37. whahaha….orang pati protes nih.trus yg enak di jkt adanya dimana Ndra ? Aku ga pernah nyicipin yang namanya nasi gandul nih. Mauuuu…. Ngga ikutan protes d. xixixixixi…….

  38. @tlss: katanya di Jl. Kalibata ada yg lumayan mendekati rasa nasi gandhul di Pati. Saya sendiri blm coba, yg udah nyoba orang2 di milis wongpati. Saya mendingan nunggu sampe balik Pati. Hahahah… saat ini lagi mo nyoba masak sendiri, karena kemarin sudah nerima paket kiriman bumbu gandhul siap cemplung. Tinggal beli daging & jerohan utk pelengkapnya aja. Tapi kecapnya lupa pesan yg bikinan Juwana.. kental manis pekat..kalo buat masak nasi gandhul mak nyoosss rasane.

  39. hemm manteb tenan……biasanya makan nasi gandul kalo ada resepsi di semarang…ada yang terkenal di jl. cipto…lupa namanya hehheeh

  40. wah ini kelihatannya ibu andracharoen tau juga rasa gandul pati. kalau mau coba asli gandul pati di bu tembong jl.panglima sudirman…depan SMP 4 negri pati..hehehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: