Skip to content

Ayam Goreng Serundeng

April 5, 2009

Description:
Aku kalau beli kelapa setengah tua, biasanya untuk urap, unti dll, selalu parut sendiri. Karena kalau kelapa di parut langsung di pasar, parutnya sesuka tukang kelapa, hasilnya nggak jadi kelapa sawut.

Nah, kali ini ini para asisten udah pulang kampung mau mencontreng di pemilu, aku nggak nemu parutan kelapanya, hihihihi…ketahuan ya, siapa penguasa di dapurnya.

Ya udah, itu kelapa di parut pakai parutan keju. waaa… malah cantik menurutku, ketimbang kelapa sawut biasanya.

Ingredients:
1 ekor ayam sedang, potong 8
1/4 buah kelapa setengah tua, parut

2 potong lengkuas
1 sereh
2 daun salam
1 mata asam jawa
1 sdm garam
500 gr air

bumbu halus
5 siung bawang putih
5 btr bawang merah
5 btr kemiri
1 sdt ketumbar

Directions:
– Ungkep ayam bersama semua bumbu dan kelapa, masak hingga bumbu meresap.
– Goreng ayam hingga kuning kecoklatan, bersama kelapa parutnya.
– Serundengnya.memang nggak menempel erat ke ayam, nanti di taburkan di atas ayam.

Tips:
– Asam jawa memperkaya rasa bumbu, tapi juga akan membuat gorengan cepat coklat, jadi, hati2 pemakaiannya.
– Serundeng ini rada asin, bisa di buat juga serundeng terpisah untuk mengurangi rasa asinnya, ambil sebagian bumbu sisa ungkepan ayam, campur di serundeng, masak sebentar, lalu di goreng setelah ayam.
– Taruh serundeng yang sudah di goreng di kertas hisap, untuk mengurangi minyaknya. Kalau perlu, panas2 setelah di angkat dari minyak, serundeng di peras, dengan cara taruh di kertas yang berlapis, lalu tutup dengan kertas berlapis, dan di tekan dengan talenan. Serundeng akan menggumpal, langsung uraikan dan pindah di kertas baru.
– Taburkan di atas ayam yang sudah di goreng

38 Comments
  1. Wah terima kasih resepnya :)Saya suka sekali ayam goreng serundeng🙂

  2. Te.. ada parutan kelapa yang jadul, jadinya kuasar buanget.. bagus kalau di pake srundeng kaya bikinan solo.. lali aku nama tokonya apa.. hehe.. parutanne ya mirip parutan kelapa biasa.. cuman sekarang wes agak susah di cari.. langka

  3. ci ..kelapa parutnya digoreng juga..?

  4. sedappp.. inget oyang selalu makan apa aja pake serundeng🙂

  5. aku contek resepnya ya….

  6. Jadi kelapanya dimasak sekalian dengan ayamnya ya..terus waktu di goreng nggak mawur kelapanya ya Cik? tetep nempel di ayamnya? itu di fotonya cantik bener mirip coconut shrimp..tadinya tak kira ayamnya dibalur kelapa gitu…ini pasti wenak tenan, mau tak coba ah resepnya …TFS ya cik Ine..(so far aku kalau coba resep cik Ine selalu sukses..hehe jadi aku ngefans dah..)

  7. hiyakakakakkkkk!!! ga ketemu parutanne tapi parutan keju sikaaaaaaaaaaattt dah! cantik mbak, sing penting enyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakk!!!

  8. Mauuu…….

  9. ooooh, Ci… jadi terinspirasi saya mau bikin serundeng. Cuma bahayanya, serundeng dan nasi panas…. ooooh… mana bisa berhenti!

  10. rasti812 said: (so far aku kalau coba resep cik Ine selalu sukses..hehe jadi aku ngefans dah..)

    Tadinya aku mikir: dibikin buku Ci… Tapi terus ingat, biasanya kalau ada penerbit mau membukukan, maka informasi yang di blog harus ditutup. Waaaaaaa… syusyah…. Menghambat Ci Ine untuk beramal ehehehehhehee…..😀 Apalagi kami2 yang ingin diamalin ini tinggalnya jauh…. ehehehehehee….

  11. Sama… aku juga suka, sayang gak boleh banyak2…. Prinsipnya sama dengan ayam goreng biasa, cuma di tambah kelapa setengah tua aja.

  12. di mana? semarang? opo solo? resikonya, waktu marut, tangan bisa keparut juga Jo yen ora kulino marut hihihihi…. aku punya ya rada alus, lumayan buat marut nanas segala.

  13. iya Lin, bisa bareng dengan ayam, bisa ntar goreng sendiri setelah ayam

  14. Serundengnya mawur tuh. Di foto, serundeng yang di tabur ke ayam, nggak langsung meluncur rontong kog Adi. tapi itu ndak nempel beneran. hiks…bangganya punya Fans Ny B

  15. hahaha… ya udah, nggak usah di pikirin Cing, aku juga nggak pernah mikir mau dikomersilkan jadi buku. Lha dengan posting gini, kadang2 ada yang order minta di masakin, ini kan salah saluran rejekinya.

  16. iya Fi, ini salah satu kejelekannya kalau punya pembantu, biasa manja main perintah ambil ini itu, giliran di tinggal mudik, segala macam barang ndak ketemu. hihihihi….

  17. iniiiiiiii….

  18. siiip Cing, bagusan kelapa nggak terlalu halus kalau serundeng. kayak serundeng toko Varia Solo itu, godrong2, renyah dan cantik.

  19. justru malah cantik banget hasilnya ya Ci…. aku doyan nih yang ginian… cuma hubby rada2 alergi makan kelapa… hehehehe…. bukannya napa2… takut trigiseridnya naik…..

  20. ini masakan yang suka dibuatin sm alm. nenek kalo pas pulang ke Jawa….nyontek ya Mba

  21. kayak srundengnya toko yang diSolo itu Mbak ..apa ya …Varia ya ?

  22. bentuknya aja Yan, rasa mah masih belum bisa menandinginya. iya toko Varia

  23. silakan Teh. semoga cocok

  24. huah…iya kudu ingat dietnya Ly, kalau enggak…nggak bisa setop makannya

  25. weh, ini kesukaanku pas tinggal di bandung… selalu ada di warung nasi deket kantor or deket kos. Jadi harus diperas dulu ya mbak biar gak berminyak? Koyo gawe ayam goreng lengkuas yaa

  26. Liat serundeng jd inget dendeng ragi.. mmhhh…

  27. nyam nyamm.. jadi pengen cie…

  28. jadi bernostalgia. pertama makan ayam goreng serundeng ini di bandung waktu semester 3 ato 4 gituh, hmmm… tak terlupakan. bandung yg adem *waktu itu*, nasi anget kepul2, ayam ini, sambel ma lalapan daun selada air yg ternyata paiiit *bagiku kala itu*

  29. jd lafar nih :(marut kelapa langsung besar kepala ku…..

  30. jadi lapar nih….

  31. hhhhmmmmmm……………….naksir……………

  32. ci jadi inget srundeng nya varia dehh….ayamnya ini jg pasti sedep ya, sayang disini repot kalo mo bikin pake kelapa tua segala…

  33. Contek ya Cie… TFS.. emang parutan kejunya segede apa Cie kok bisa buat marut kelapa ?

  34. Saya juga ikut lapar, kalau dikirimi ya mau , Ine.

  35. bsok aku pake resepnya Mbak…..:-)

  36. TFS ya Ne..bikin ngiler deh..tp bingung nyari kelapa parut disini dimana ya..:D

  37. coba ah besok …..:?)

  38. makasih resepnya mommy Ine. saya sudah coba, gampang dan uenak. ijin share linknya di fb saya ya, makasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: