Skip to content

Sweet Potato Bread

March 7, 2010

Description:
Iini roti baquette yang lembut dan legit, karena ubi manis (telo… ada ubi cilembu juga oke.cuma warnanya rada blekethek/dekil)

Roti ini enak di makan dengan di celup dengan cream soup. Aku suka bentuknya sederhana. di makan pakai butter dan jam juga enak. Eh.. siang ini, di kantor ada bumbu pecel, aku makan roti di cocol bumbu pecel, enak juga tuh. Dasaaaaarrrr……………..

Resepnya dari Cooking with style Detikfood beberapa tahun lalu, di Four seasons Hotel, kata pak Tatang, si baker, ini salah satu roti andalan di hotel tsb.
Bahkan pak Tatang di undang ke salah satu hotel di Arab, oleh mantan GM Four Seasons, untuk sharing resep ini.

Resep ini sudah kukonversi dan di sesuaikan dengan seleraku

Ingredients:
500 g tepung terigu protein tinggi (hard flour)
10 g gula pasir
5 g garam
5 g Bread Improver ( S-500 )
11 g instant yeast
250 g ubi kuning kukus, haluskan (oleh pak tatang, cuma di potong kecil, di masukkan mixer, ancur sendiri kog) resep asli 150gr
30 g unsalted butter (resep asli gak pakai)
250 ml air dingin (resep asli 275)

Directions:
1. Masukan semua bahan ke dalam mixer roti kecuali butter dan ubi kukus.
2. Aduk dengan kecepatan rendah selama 3 menit pertama. Kemudian naikan dengan kecepatan sedang selama 10 menit.
3. Setelah kalis, masukan butter, aduk hingga rata.
4. Masukkan ubi halus aduk sebentar.
5. Angkat adonan dari mixer dan biarkan istirahat selama 20 menit.
6. Potong masing masing 80 gr. biarkan selama 10 menit, kemudian bentuk sesuai selera.
** yang di foto ini, adonan tsb, aku roll dengan rol pin setebal 1,5 cm, lalu di potong2 panjang 3 X 9 cm, bagian memanjang di tekan dengan tusuk sate di tengah (kayak bikin cakwee), lalu di pintir.**
7. Biarkan mengembang selama 20-30 menit.
8. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 15 menit dengan suhu 180 C. Angkat.

Photobucket

Advertisements

From → Kue, Roti

37 Comments
  1. garing nggak, Ine, rotinya……..aku suka baguette yg ujungnya krenyes2 renyah……:)

  2. garing di luar, lembut di dalam cie. tapi ndak sealot french baquette.

  3. bener, sedap… ntar malam mau bikin french onion soup, trus rotinya di panggang pake keju….duuuh.. gak sabar nunggunya. mau mbak? hihihi

  4. wah mau nyoba ah …… tq buat resepnya 😀

  5. nyam nyam….. mau buat tar soreee

  6. gak pake telur ya ?

  7. kapan2 aku contek ci….(mentang2 uda ada mixer roti nih hihihi…)

  8. siip…kayaknya buat hot dog oke juga Stel. hehehe…

  9. masih banyak tuh Rit di rumah. hehe..

  10. enggak Na, kalau pakai telur, lebih lembut tuh. kalau pake telur, kurangi airnya.

  11. siiip… asyik kalau punya mixer roti, cemplung2 tinggal tunggu kalis ya

  12. Ci… pengalaman… roti ini klo ngak di kulkasin tahan berapa hari ?kapan2 resep nya aku praktekin ya Ci…..

  13. hihihi…di celup pake bumbu pecel…rasanya jadi beneran bikin penasaran…hihihihi

  14. menarik nih … koyone gampang … hehehe

  15. gak usah pake bread improver piye mbak?

  16. sepertinya harus dicoba nih, apalgi cocok buat hot dog, tfs Ci Ine.

  17. ooo…kayaknya enak nih buat bekel sekolah pake sosis dalemnya.menggiurkan rotinya mba,kapan2 nyontek resepnya mba.

  18. ya tetep jadi Yu, cuma mungkin ora sepiro lembut-e

  19. entah ya Ly, kalau roti2 biasa umumnya 3-4 hari.

  20. lah..terpaksa itu Yus, pas adanya bumbu pecel ddan pas laper hehe

  21. gampang, sing kerjo kan mixer Ri.hehehe..

  22. iya Lin, karena ini aku bilang soft banquette

  23. silakan… aku juga nyontek kog. hehe..

  24. elkaje said: Eh.. siang ini, di kantor ada bumbu pecel, aku makan roti di cocol bumbu pecel, enak juga tuh. Dasaaaaarrrr……………..

    Nek nganggo sambel tumpang enak ora? he…he…he…

  25. hahaha… embuh, tapi perlu di coba

  26. Cie Ine, keliatan enak banget rotinya, bagi satu dong… baru2 ini buat roti kondenya Cie Ine, tp mungkin belum pamit contek resep ya.. hihihi, ngadoni dari jam 10 pagi sampe jam 6 sore ngembangnya cuma sedikit banget… akhirnya stlh dibake jadinya sukses banteett.. rotinya berat, klo buat nipuk lumayan sakitt hhehehe… padahal rasa dan wanginya enak. duh… salah dimana yaaa.. bingung

  27. bantet itu, bisa karena yeastnya sudah mati sebelum dipakaingaduknya pakai apa…mixer apa tangan? coba aku liat resepnya dulu, barangkali ada step yang nggak jelas juga, kurang detail.

  28. mau yg udah jd aja Ci……

  29. waahh.. yummy banget nih mba ine.. :)kapan2 dicoba ah..

  30. Maaf Cie Ine, jadi ngerepoti . Erni ngaduknya pake mixer dan tangan. apa yeastnya dak bagus ya ? yeastnya diambil dari kulkas, apa musti di diemin di suhu ruang ? kayaknya paling enak tuh minta aja sama Cie Ine hehehe… bagi please 😀

  31. Wahhh…enak kayaknya ini. Tfs resepnya ya Ci’…

  32. Baquette a la Indonesie

  33. aduuuh jadi ngiler nih hehehhe…..

  34. ci ine , kalo ga punya mixer roti, bisa ga? trus step2 na gimana ya. thx sebelum nya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: