Skip to content

Bubur Urat

March 8, 2010

Description:
Ubi jalar ini kalau di kampungku ..di solo, di sebut telo, jadi bubur ini sering di sebut bubur (jenang) telo. Bahkan kata Haley, ada yang menyebut Jenang Pati, karena dibuat dari pati/tepung, atau Jenang Garut, dari sagu/pati garut.

Baru di semarang, aku tau ini namanya bubur urat.

Eh ada juga yang menyebut bubur iler, atau jenang umbel… hihihi… dasar…

Ingredients:
300 gr gula jawa
600 cc air
2 lbr daun pandan
500 gr ubi jalar, potong dadu 1X1 cm
1/4 sdt cinnamon powder (umumnya gak pakai, tapi aku suka aromanya)
1/2 sdt garam
5-7 sdm sagu tani, di encerkan dengan sedikit air

santan:
200 cc santan kental
1 lbr daun pandan
1/2 sdt garam

Directions:
1. didihkan gula jawa dan air, hingga gula larut
2. saring untuk membuang kotoran yang terbawa dari gulla
3. didikan larutan gula, tambahkan pandan, kayumanis dan garam
4. masukkan ubi, masak hingga ubi matang
5. kentalkan dengan larutan sagu tani
6. Sajikan dengan santan kental

Note: masak dengan slowcooker, hasilnya, ubi lebih legit rasanya.

27 Comments
  1. Hmmmmm sedap! Aku lg nandur ubinya….Ide bagus!

  2. kemarin waktu beli ubi… duuh..kecil2, ubi sekarang ndak kayak ubi dulu, gagah.. mbak TJ, ati2 dengan gulanya nih.. hehe..

  3. elkaje said: kemarin waktu beli ubi… duuh..kecil2, ubi sekarang ndak kayak ubi dulu, gagah.. mbak TJ, ati2 dengan gulanya nih.. hehe..

    Gak, aku makan daunnya aja kok!

  4. kayak kolak ya… duhh keliatan nya yummy banget neh..

  5. he’emh … jenang pati … :))

  6. ini salah satu bubur paporit. di buburnya selain dikentalkan dg sagu juga aku campuin dg ubi yg dihaluskan

  7. mbaaaaaaaaaakkkk… kemarin aku bikin jenang saguuu…

  8. Ini salah satu bubur yang paling kusukai waktu kecil. Santennya kudu asin untuk kombinasi manisnya bubur dan wanginya pandan. Kami tidak pakai kayu manis. Bubur urat memang namanya, tapi… mana urat nya..Ine, ada lagi telo direbus kemudian dihancurkan kemudian diberi pati, dibikin bulat2 dan di goreng. Pernah tahu ngga? Apa namanya?

  9. Ini lebih gampang timbang biji salak

  10. ini masih sopan Ri.. lah Haley nek muni iki jenang umbel. hihihi… vulgar tenan

  11. ngalusin ubi tuh.. ubi matang ya Li?

  12. naaah.. aku ya pingin sagu brintik.. belum kelakon

  13. tau banget, itu namanya Timus pak. aku ya demen banget makan timus, ketimbang klenyem (mistro)Tapi kalau sekarang ini, temen2 bilang timus tapi nunjuknya Utri.

  14. elkaje said: ngalusin ubi tuh.. ubi matang ya Li?

    iyo mbak, ubi matang yg dialusin

  15. hihi… jenang umbel akhirnya diposting juga, wah yg kemarin ngomongin jenang bikin aku ngidam jenang sagu ambon,… langsung deh pesen Lies suruh bawa sinišŸ˜‰

  16. elkaje said: Utri.

    Kata ini sepertinya aku pernah tahu. Tetapi sekarang lupa, itu apa?Malah sepintas ingat di sekitar Jl. Mataram di Semarang ada yang namanya Kp. Utri..?Wah malah kacau nih.

  17. hahahaa…sebutan terakhirnya sereeem….hihiii

  18. utri itu singkong parut, di kasi gula, kadang2 di tambah nangka, trus di bungkus daun kayak lontong kurus, di kukus.iya pak, ada namanya kampung utri.

  19. haha…aku juga pingin sagu ambon, belum sempat bikin.

  20. haha… tetep enak toh

  21. elkaje said: utri itu singkong parut, di kasi gula, kadang2 di tambah nangka, trus di bungkus daun kayak lontong kurus, di kukus.

    Thanks, sudah diingatkan.

  22. Aku wong semarang malah ora ngerti nek jenengĆ© bubur urat. Rumangsaku jenenge bubur telo pendem…..

  23. yah…masih sopan ngomong bubur telo pendem timbang bubur iler ato bubur umbel. hahaha..

  24. mbaaa…sudah dicobaaa resepnyaa…tombo kangen…uueenakkk..

  25. ninik permalink

    Mbak…..

    makasih resepnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: