Skip to content

Nasi Gono Parakan

March 12, 2010

Description:
Waktu ke Parakan, Elika mengenalkanku pada nasi gono ini.
Saat dengar “nasi gono”, bayanganku nasi Megono ala Pekalongan. Ternyata ini beda sama sekali dengan Megono.

Pagi ini, pingin banget makan nasi gono, pas juga punya tempe gembus bacam. klop dah……

Cari2 resep, ketemu di salah satu blog, cuma nggak tahu apa itu rambangan… ya..di skip. kol hijau di sini nggak ada, di ganti baby kol. Ada sedikit kecipir, sekalian nyemplung. sayang juga tak ada kacang koro, tapi ada sedikit tempe di campurkan sekalian.

Cabenya sengaja di buang biji dan di iris, supaya anakku tidak kepedasan.

Ingredients:
250 gr beras
500 cc air

100 gr baby kol, iris2 tipis
sedikit kecipir, iris2 tipis
2 potng tempe, potong dadu
1/4 buah kelapa setengah tua, parut memanjang
3 buah cabe merah, buang biji, iris tipis
2 pt lengkuas
2 lbr salam

bumbu halus:
3 bawang merah
3 bawang putih
1 potong kencur
2 lembar daun jeruk
garam
sedikit gula jawa

Directions:
1. campurkan kelapa parut dengan bumbu halus.
2. campurkan dengan sayuran dan tempe, sisihkan
3. masak nasi seperti biasa, saat masih setengah matang, masukkan sayur yang sudah di urap. Jangan diaduk.
4. Setelah semua matang, aduk rata.
5. sajikan hangat

31 Comments
  1. enak bangat ke liatan ci…pengen nyoba entarthx resepnya.

  2. duhhh, Ci, jadi kangen nasi ini… seneng deh resepnya ditampilkan di sini. Thank you.di rumah ortuku biasanya nasi ini disajikan dengan teri medan goreng, telur rebus pindang, daun kemangi, dan irisan timun, dan sambal. nasinya pakai kentang potong dadu, n kacang koro juga.

  3. Ih unik juga ya Mba. Jadi kayak liwet.. Tar aku cobain ah. TFS ya..

  4. hehe… ngidam sego gono ni yeee? :)) pokoknya cara bikinnya kayak bikin urap aja kok, cuma dimantepin bumbunya krn utk bumbu nasi juga… cuma klo aku bikin sayurnya direbus setengah mateng & pake terasi… oh ya si Lana betul ci, pake kentang jg. Yg bikin kangen itu ubo rampenya nasi gono di pasar Entho ya ci?

  5. Unik juga nih Ci…

  6. mauuuu mauuu mauuuu… juga wajik tanpa nglethis yg bikin mbrebes mili itu…. :))sms-e urung tak bales… meh mbales lali je :p

  7. look sedap dan sehat,tfs ci..

  8. Ngga pernah tahu nasi ini. Ingatnya semacam urap yang ada telor mimi di Gg. Baru.

  9. iya, tempo hari beli sebungkus cuma 2000 tinggal makan.. lah di jkt gak ada yang jual, jadi bikin dah.

  10. iya Lan, waktu itu di rumah Elika ada yang kasi nasi gono, pake kacang koro juga.

  11. nasi putih biasa, urapnya di campur… unik

  12. oh..pake kentang juga ya… cabenya biasanya di uleg ya? karena waktu beli di pasar Entho kayaknya warnanya tetep putih gitu. Aku ingat nasi gono yang di kasi Lies, cabenya iris.eh..iya, trasi..lupa kemarin gak pake,

  13. amat unik Ly

  14. hahaha… kebeneran lali mbales SMS, dadi aku gak perlu ngirimi sego gono yo Yu

  15. iya Yen, nasinya unik, tinggal tambahi ubo rampe yang bikin tambah josss

  16. aku taunya juga baru tahun lalu waktu dolan ke parakan pak.

  17. Lha iki golek klopo setengah tuwo sing angel….hiks….

  18. coba kelopo kering di rendem banyu… bisa di buat urap kali Sri… hehe..

  19. yg asisten ortuku dulu biasa bikin, juga pake buncis, dipotong “dadu” juga, dan irisan cabe hijau dan merah. Aku skg ingat, dulu makannya sambil milihin irisan cabe hijau yg di piringku. Kadang ada irisan cabe yg mirip buncis, terkunyah, wuahhhh…hahhhh…. jadi cepet tambah nasi..😀

  20. brarti emang semua sayur bisa masuk ya Lan. buncis, kentang, kol, cabe.. hehe..

  21. Aku nek nggawe urap yo nganggo klopo garing. he..he..he..aku kukus dulu. Rasané yo ora se-jos klopo setengah tuwo sing seger….

  22. bener Sri, aku tuh kadang beli kelapa setengah butir, kan nggak pake banyak, aku simpan/bekukan, ntar di pake lagi kalau butuh… ya sepo.sementara mau di peres, ya…sithik santennya.

  23. Ci Ine, adudududu… saya demen deh dengan koleksi makanan-makanan khas seperti nasi gono ini. Ci, mudah2an ini nggak dibukukan terus penerbit menuntut koleksi Ci Ine di MP dihapus…. Nah kan kesian saya, kalau mau bikin yang antik-antik, nggak punya referensi…… Trims ya, Ci Ine!!😀 AKU PADAMU, gitu lho!!!!!😀

  24. jangan sampe dah.. ada tuntut menuntut. hehe… enakan gini, damai dibumi ya Cing.

  25. ini juga baru tahu, makanan sehat nih, ubo rampe itu kaya apa?

  26. ubo rampe itu pelengkapnya, bisa tempe tahu bacem, empal, bakwan.. apa aja yang dianggap cocok

  27. Betul Ci! Ah… saya jadi pingin bikin ni, menu nasi-nasi antik Ci Ine. Kebetulan Mas Joko sekarang sudah doyan makan nasi rames gaya kampung🙂. Apalagi nasi goreng sambal terasi…. waadddaaaawwwww…..

  28. siip Cing, aku juga lagi demen masak masakan indonesia dan jajanan lokal nih, lagi eneg ama cake hehehe… pas kebetulan mood nulis resep dan motretnya lagi bagus, ntar di posting satu2 deh.

  29. hmmmm…….yummy

  30. ci, ini resep dari mamanya sepupu (istrinya om hak wie, yg ci ine ketemu di pasar), tanpa ukuran:SEGO GONO Bahan:Bawang merahBawang putihCabai rawitKelapa parutGula arengaramkencurjeruk purut (daun jeruk purut juga bleh)salamlaos Kobis hijau (kembang kol juga boelh)kentang, potong kecil2buncis, potong kecil2kacang merah rebussedikit tempe semangit Nasi karon agak akas Cara mebuat:Bumbu2 dihaluskan, campur kelapa parut, kemudian campurkan sayuran kedalam setelah rata campurkan nasinya lalu dikukus. TELUR PINDANG Bahan:daun jambukulit bawang mearhsalamgaram

  31. asyiiiik… dapat resep asli parakan. wah..iya, tempe semangit lebih beraroma ya. kemarin itu pakenya tempe seger.thks ya Re

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: