Skip to content

Tahu Kupat Magelang

March 12, 2010

Description:
Tahu kupat beberapa daerah, mirip2 lah. berbumbu kacang pedas, dengan taburan krupuk.

Ingredients:
2 buah ketupat/lontong
2 buah tahu ukuran 4X4X2 , goreng, potong2
2 buah bakwan sayur (yang ini entar deh.. males nulisnya hihihi.. umum banget)
100 gr Taoge, seduh air panas, tiriskan
3 lbr kol, potong2, seduh air panas, tiriskan

Pelengkap:
sledri iris halus
bawang merah goreng
kerupuk

Kuah gula:
100 cc air
50 gr gula jawa
1 pt lengkuas
2 lbr salam
1 mata asam jawa
semua bahan di rebus hingga gula larut dan harum aromanya.

Bumbu kacang:
100 gr kacang sangrai, haluskan
4 cabe rawit merah
2 bawang putih
garam
kecap manis

Directions:
cara:
1. taruh di piring makan, cabe, bawang putih, garam. langsung di gerus di piring makan, tambahkan kacang halus, kuah gula, aduk rata.
2. Potong-potong ketupat langsung di atas bumbu, taruh kol dan taoge yang sudah di seduh. kalau perlu, aduk agar bumbu merata ke sayur dan kupat.
3. Tambahkan tahu dan bakwan yang sudah di potong2.
4. Taburi bawang merah goreng dan sledri
5. sajikan dengan di kucuri sedikit kecap manis dan kerupuk

18 Comments
  1. Kalau di Purwokerto namanya Tahu Gecot (baca: http://ophoeng.multiply.com/reviews/item/34 ), agak-agak berkuah encer – kayaknya pake cuka dikit. Di Ngawi, Madiun namanya Tahu Tepo ( lihat link-nya: http://notnot9.multiply.com/reviews/item/30 ). Yang mirip keduanya (berkuah dikit), di Cirebon namanya Tahu Tek Tek (beda ama Tahu Tek Surabayan). Menu bertahu berbumbu kacang yang unik tentu Ketoprak Jakarta, katanya sih itu sama ama (terilhami?) Tahu Tek Tek Cerebon, hanya saja beda di bumbu (tidak berkuah dan dikasih bawang putih mentah) dan kebanyakan yang jual itu wong Cerebon, jeh!

  2. kalo aku nyebutnya kupat tahu..,sama aja isinya .kalo di tegal ada juga yg mirip ini tapi isi sayurnya cuma tauge namanya lengko mba.tapi semua tetep uwenakkkk…

  3. ci Ine, kalo di Blabak deket Magelang kolnya digoreng & ga pake bakwan. Di Tahu Podjok Magelang lebih mirip punya ci Ine ini tapi juga ga pake bakwan… biasane bakwan buat ubo rampe… hehe, oh ya kuahnya lebih cair deh kayaknya🙂

  4. Jan pengin tenan aku….kapan-kapan tak nyontek yo, sambil nunggu resep bakwan gorengnya. Bakwan sayurnya pake wortel, tauge en kubis? Tapi aku kan kudu musuhan karo gorengan…hiks..hiks…Thanks for sharing….

  5. emang ya.. banyak daerah yang punya menu ini, dengan nama beda2

  6. lengko lebih sederhana kayaknya ya, pake tempe goreng kan?

  7. aku belum pernah makan yang di blabak. kalau yang di tahu pojok sudah, dan sudah rada lamaaaa… trus bakwan itu karena kemarin ketika mau bikin, baca2 OL resep… pada kasi bakwan. hahaha..iya, emang ini bumbu kentel, karena masih nggak jelas yang di tahu pojok magelang. trus kan.. abis di poto kudu di makan, nah calon pemangsanya lagi pergi ganti ban… jadi waktu di makan udah rada berair, jadi ya ndak terlalu kentel lagi. hihihihi….

  8. lah kan bakale punya actifry… coba bikin bakwan Sri.

  9. wah enak enak…

  10. Tfs, ci aku copas ya

  11. gleg… gleg… gleg… looks yummi.

  12. elkaje said: lah kan bakale punya actifry… coba bikin bakwan Sri.

    Nunggu Juli yo nggawene. he..he..he..

  13. Kayak gado2 ya Ci’…di Cibubur ada tapi blom pernah nyoba…nyonto resepnya ya Ci’,,,tfs

  14. cutyfruty said: Nunggu Juli yo nggawene. he..he..he..

    hahaha… dietnya dimulai bar Juli wae mbak, ben iso mangan bumbu kacang… :))

  15. apa njaluk hadiahnya saiki wae Sri, buat ulang tahun Juli. gawe alesan ke Leo, ntar perayaan ultah, semua sajian udah bisa di bikin pake actifry. huahaha..

  16. menu ndeso biasanya ndak mboseni buatku

  17. silakan Rik

  18. Ini enak banget mbak kayak nya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: