Skip to content

Wajik Ketan Kenari

March 12, 2010

Description:
Wajik kalau bikin sendiri, bisa diatur tingkat kemanisannya, kalau beli… terutama beli yang bisa tahan berhari-hari, misalnya wajik Ny Weeeek.. bikin ngilu, karena muuanis banget.

Lagian kalau beli, yang biasa di jual yang gula jawa, aku lebih demen wajik yang gula pasir. Dan, kalau beli, selalu ada aja yang nglethis (ada butiran beras yang nggak matang).

Yang aku bikin ini, bebas nglethis karena beras ketannya aku pilihin butir per butir, untuk menyingkirkan butiran beras nasi… supaya bener2 yang di olah ini, 100% beras ketan tanpa campuran. Milihnya sampe mata ‘mbrebes mili’ hehehe… alias berair saking melototin beras ketan.

Di campur kenari, tambah tekstur krenyes2 gurih, dulu pernah di kasi wajik ama oma orang Manado… tentu pake gula jawa dan kayu manis, juga di campur kenari… waaah.. enak tuh wajik bercampur kenari..

Ingredients:
200 gr Beras Ketan
50 cc air mendidih
200 cc santan
40 gr Kenari
75 gr gula pasir
2 lbr daun pandan
pewarna pink atau hijau, sesuai selera

Directions:
1. Rendam beras ketan selama 2 jam, tiriskan
2. kukus beras ketan bersama selembar daun pandan, selama 15 menit hingga setengah matang
3. Tuangkan 50 cc air mendidih ke ketan, aduk rata, lanjutkan kukus 15 menit hingga matang.
4. Sementara itu, didihkan gula, garam, santan, pewarna dan kenari
5. masukkan ketan yang telah matang, masak dengan api kecil sambil di aduk2 agak lama, hingga kental dan lengket.
6. tuangkan di cetakan, sambil di padatkan. Potong2 selagi dingin.

yang di foto, di cetak langsung pakai cookie cutter satu persatu.

From → Kue, Tradisional

45 Comments
  1. ci,kenari itu apa..jd pengen

  2. lucu ya bentuknya….waduh ci kalo ogut ga tahan deh pilih2 beras atu2…heheh

  3. wajik kenari manado aku juga suka🙂 Belum pernah coba yang pakai gula putih mba Ine. Dibentuk2 begitu jadi menarik, barangkali ini bisa jadi cara menarik perhatian anak2 makan kue tradisional.

  4. haaa…. pasti enaakkkkk pake kenari. aku suka wajik yg pake gula merah dan rasa jahe, huhuhuuuu… boljug kalo ditambah kenari pasti lebih enak. kenari utuh mbak?

  5. wah perlu dicoba nih, soale udah lama pengen bikin wajik🙂

  6. Wahhh thanks resepnya Ci’ Ine… seneng banget kuweh ini. Apalagi yg warnanya ijo, yg judulnya ketan salak. Tfs yo Ci’…. *mbayangin milihin berasnya aja wes ikut mrebes mili*

  7. asyik….. mau.. mau… hehehehe….ternyata wajik banyak variasi rasa juga.

  8. Aku jg doyan wajik tapi Ngaduk ketannya bs bikin lengan kekar tuh

  9. cantik nih….sama kayak mbak lia, aku suka yg pake gula merah dan ada rasa jahe trus kadang plus ada toping nangka ,,,, hehhe seleranya kelas berat ya (berat di badannya)

  10. Puyeng bayangin milih beras ketan satu2 hehehehe minta yang udah jadi aja yes😉

  11. kenari itu.. pine nut

  12. cepet juga kog, milihnya di alasi kertas warna hitam/gelap. keliatan jelas kog

  13. tfs, Ci… cantik wajiknya.

  14. iya, kalau pake gula putih, bisa di warna warni, pink, ijo, biru hehe..

  15. kenari aku potong2 panjang2 Li.

  16. bikiiiin…ntar aku ngicip ya Elika

  17. ketan salak itu warnanya kayak salak, pake gula jawa.

  18. iya Ly, wajik nangka, wajik duren, wajik jahe.. pingin bikin sekali2 wajik cempedak

  19. hahaha…iya tapi kalau cuma 200 gram mah..masih enteng. kalau udah kiloan ya bener..gede sebelah tangannya

  20. wuuah..ya bener Rachmah, ini kelas berat.. tapi piye…enak

  21. haha.. maunya..

  22. thks ya Lana

  23. lha kalo beras ketan dipilih sebutir2, harganya jd brp per pcs mbak hihihihihiii….

  24. mbak, sakjane aku isih mikir terus sejakkemarin2… kok disingkerne beras-nya? Emang bener itu beras bikin nglethis? Bukannya beras itu lebih gampang lunak tinimbang ketan??

  25. mylianov said: lha kalo beras ketan dipilih sebutir2, harganya jd brp per pcs mbak hihihihihiii….

    gak buat jualan Lia.. ini saking aku gemes maem wajik selalu aja ada yang nglethis.aku milihin ketan kalau pas istirahat di kantor, sambil denger tembang jowo hihihi..

  26. Yu,aku gak tahu mana yang lebih lunak ketimbang yang lain. tapi dari perlakuan prosesnya beda, dari hasil akhir juga beda.bandingkan aja, kalau dibikin aron darat. masak cara aron darat ini tujuannya ndak banyak pengadukan yang menyebabkan ketan/nasi banyak yang hancur. Jadoel kan belum ada rice cooker hehehe… jadi nasi di masak dengan di aron sambil di aduk biar ndak ngintip.Nah… pas beras atau ketan di kukus setengah matang. ketan sudah keliatan lebih mekar. Sementara beras tidak terlalu jelas bedanya.Lalu ketan/beras setengah matang di tuangkan santan/air, agar terserap. Ketan menyerap lebih cepat ketimbang beras. Kalau beras, harus di tutup dulu pancinya, di tunggu beberapa puluh menit dulu…butuh waktu lebih lama ketimbang ketan.teoriku nih ya, karena ketan sudah menyerap airnya, beras lebih lambat menyerap, waktu matang sama2 (dalam hal wajik/tapi ketan/ketan salak dll) berasnya belum bener2 mekar, sementara ketannya sudah. dan saat matang.. itulah yang bikin ngletis2. gitu lho Yu…

  27. wajik ketan biasa aja aku suka.apa lagi yg ini, enak tenan.

  28. Lho beras ketané kecampuran beras nasi to? Lha kok malah baru tahu. Disini perasaan kalau beli beras ketan yo murni beras ketan ora kecampuran beras nasi…

  29. Ci, ketannya itu di kukus ya ? bukannya ketan yg udah di rendem trus masak sama santen sampe air menyusut baru kukus ya ci ?

  30. enak, gak terlalu manis. kalau beli, kan maniiiis banget

  31. iya Sri, di sini pasti ada berasnya. Kalau apes, berasnya banyak, marake nglethis.

  32. iya Mel, ketannya di kukus setengah matang, tambah air, lanjutkan sampai matang.terakhir baru di campur santan dan gula, masak sampe menyusut dan lengket banget.

  33. jadinya cantik ya mbak, tambah kenari wah uenak ituuuu, ini salah satu doyananku. Bikin wajik apa gara2 ngomongin wajik di js ya mbak Ine? he he he

  34. elkaje said: iya Mel, ketannya di kukus setengah matang, tambah air, lanjutkan sampai matang.terakhir baru di campur santan dan gula, masak sampe menyusut dan lengket banget.

    Oh iya, ngerti ngerti…..selama ini aku sering bingung kalo liat resep. soalnya di rumah biasanya dimasak kaya nasi aja gitu, udah air nyusut, baru kukus. ini mah di kukus duluan….tfs ya ci Ine…

  35. Lama an milihin nya kali ya ci, drpd mbikinnya…

  36. sebelumnya dah ngomongin dulu ama Haley dan Elika. Aku bilang lagi sibuk milihin ketan, soale gemes bikin tape ketan ngletis, beli wajik ngletis.. eh..kog ya kebeneran di JS ngomongin wajik. tapi aku bacanya telat, hari sabtu sore baru baca dan tau kalau wajik jadi topik

  37. enggak juga, milihin paling juga 2 jam dapat 1 kilo kog.

  38. walah …. kalo harus milihin ketannya sampe mbrebes mili, aku minta matenge aja deh In.

  39. mbak Ine, kemarin sore aku bikin wajik tp yg biasa aja sih, kira2 sih resepnya ternyata sama dg yg di mpku. Tapi itu ngukusnya khan total 30 menit ya? apa ga kelamaan karena aku ngukusnya hanya 20 menit terus waktu masak dg santan kayaknya dah kematangan dehh/beras ketannya ngembang2 he he

  40. santan dan gula di masak sampai berminyak kan juga udah nyusut santannya Fem. jadi waktu ketan masuk, masaknya juga gak terlalu lama.kalau di aduknya lama, tangan yang pegel hehe…

  41. enggak senjlimet yang di bayangin kog cie. hehe..

  42. Ci’ Ine…aku dah bikin kemaren sore. Huwwenakkk…sampe belum dingin wes dimakanin sama anak-anak. Thanks resepnya…

  43. ohhh masaknya sampai berminyak tohhh, lama donk mbak??? Kira2 berapa menit? Aku ngaduknya ga lama2 juga kok.. Nti bikin lagi ah, masih ada sisa ketan. Aku beli yg super per liternya Rp 12.500, berasnya juga ga banyak, kira2 100 butir he he he

  44. lah kog tau? di hitung butiran berasnya ya? hahaha..Fem, gak tau berapa lama, aku juga kerja sambil di sambi2 masak. Trus itu kalau takaranku emang demen rada lunak ya, kalau pake resepku, kurangi aja air/santannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: