Skip to content

Mie Kupat Semarang

March 15, 2010

Description:
Sudah lama sekali gak makan mie kupat, tiap ke Semarang juga tak pernah ketemu tukang mie kupat yang lewat. Mie Kupat makanan biasa aja, mie dan kupat (yang ini adanya lontong), dengan taoge dan tahu, di siram kuah mirip soto. Versiku ini, di tambah lagi bala-bala/bakwan sayur.

Yang membuat rasa mie kupat menjadi khas adalah air bawang putih mentah. khas Semarang banget.

Kemarin pas ke pasar, ada yang jual krupuk karak, duuh, seketika ingat mie kupat yang di kasi karak yang di remas di atasnya.

Ingredients:
200 gr mie basah
200 gr taoge
3 buah ketupat/lontong
5 tahu goreng
5 bakwan/bala-bala

taburan:
sledri di iris halus
bawang merah goreng

Air bawang putih:
2 bawang putih mentah, uleg halus, campur dengan beberapa sendok makan air matang

Kaldu:
1 liter kuah ayam/daging
2 lbr daun salam
2 ptg lengkuas
garam
merica

Pelengkap:
Krupuk karak/gendar
cabe rawit uleg

Directions:
Kaldu:
didihkan kaldu bersama salam, lengkuas, garam dan merica dengan api kecil selama 15 menit, supaya aroma salam lengkuas keluar.

Penyelesaian:
1. taruh beberapa potong kupat/lontong
2. beri mie dan taoge yang sudah di seduh air panas
3. beri tahu dan bakwan yang di potong potong
4. tambahkan 1 sdm air bawang putih
5. taburi sledri dan bawang merah
6. siram dengan kuah panas
7. sajikan dengan kerupuk karak yang di remas di atas mie kupat

From → Masak, Mie/Pasta

43 Comments
  1. kl ngak ada mie basah, pake mie apa dong ci…??enak tenan pengen aku bikin menu hari ini.

  2. Aduh liat ini jadi pengen banget, makasih resepnya inelove, rini

  3. wuuiih ine…, liat resep diko jadi inget lontong mie di surabaya…walopun blum pernah makan tapi liat fotonya hm..bikin lapertfs resepnya

  4. Rasa air bawang putihnya memang harus strong. Ada yang diberi kecap (sedikit sekali). Bapak yang jual pakai pikulan dan bawa anglo areng.Terima kasih Ine atas resepnya, sementara cuman bisa nyatet dulu. Karaknya tidak ada.

  5. Wah sayang Leo ngga suka mie pake kuah. Aku kalau bikin “mie ayam” (dalam tanda kurung karena mie ayamnya ngga pake ayam tapi pake jamur. he..he..he..), aku ngga kasih kuah. Mienya sih tetep dibumbuin pake minyak wijen segala, tapi blas ora nganggo duduh. he..he..he..

  6. pake mie kering di rebus dulu. Tapi aromanya ya beda ama mie basah segar siap pakai.

  7. sama2 Rin

  8. Wien, kalau lontong mie surabaya, kuahnya pake petis udang ya.. itu juga enak tuh

  9. iya pak, kalau pikulan, kuahnya rada butek. pake karak yang digoreng sendiri juga enak. tapi tetep mantep karak ndeso .

  10. wah… sayang tuh, padahal seger ya Sri, mie pake duduh.

  11. wah enak nih…dimakan sore2.. apalagi klo hari hujan.. hehehe

  12. ….Mbak Ine apa kabar ?>….oh , mbak Ine orang Semarang to ?Sama dong sama aku , kalo di semarang aku biasa menyebut mie kopyok…Makasih sharing resepnya mbak…. kalo kangen mie kopyok gak perlu jauh jauh ke semarang….

  13. kemarin aku maemnya pagi yang cerah, pulang pasar karena kegirangan dapat karak…langsung bikin. haha.. tetep enak di segala suasana Ning

  14. dulu itu aku bingung kalau di bilang mie kopyok… wong gak ada sing di kopyok. rupanya, waktu ngerebus mie dan taoge di kopyok2 di air panas… ooh.. gitu tho… baru mudheng.

  15. belum pernah coba meskipun sering bolak balik semarang… nanti di cari deh…. tq infonya ya ci…😉

  16. Baru tahu makanan ini lho, pasti uenak, kapan2 mo coba bikin ah ….

  17. Wah, tak kira mie kupat seperti yg solo/magelang itu Ci…tapi ini sptnya yummy juga, hehehe…

  18. iya ine, lontong mie surabaya itu kuahnya pakai petis, yg paling terkenal lotongmie sby di pasar atom.tapi aq blum pernah makan in, soalnya belum bisa ngebayangin gimana mie dimakan ama kuah petis mungkin nanti klo pulkam ke indo bakal nyoba pensaran soalnya.oh ya ine mo tanya ine dari semarang ya, klo siobak sioke di semarang itu dimakan pakai sauce taoco kah? di surabaya dimakan pakai taoco dan ada sambalnya terpisah.trus ine, daging siobak nya terdiri dari 2 macam seperti di sby ada manis dan asin?makasih sebelumnya untuk penjelasannya

  19. kayaknya mudah ya, tp ga nolak nie kalo mb Ine bikin lagi kapan2 he he he

  20. hihihi, malah ga sempet makan ini

  21. trims resepnya mba

  22. kalau di semarang, iya sio bak itu samcan yang di panggang, kulitnya sampe crispy, rasanya asin. ada juga namanya Lo sio bak itu jeroan (usus, lidah, kuping, jantung) yang di masak kecap agak kering, rasanya manis.dua itu yang populer ya, di jamanku tinggal di semarang hehe.. Justru yang babi panggang merah (car siu) cuma beberapa aja yang jual.yang banyak bertebaran itu sio bak dan lo sio bak.semua bumbunya pake taoco, sambalnya terpisah.. brarti mirip ama yang di surabaya ya.

  23. Maya, jarang yang jual sekarang, dulu banyak yang keliling pake grobak. Yang mangkal.. aku gak tau di mana.

  24. kenyang dan seger ini cie..

  25. Eve, kalau di magelang itu kan tahu kupat setahuku. Ntar aku posting juga.. hehehe…

  26. kapan mau dolan, bilang2 ya, aku bikinin

  27. saking banyaknya pilihan ya Nes

  28. sama sama Dara.

  29. wah ini makanan nostalgia pas aku kerja di Gg. Besen… menu utk lunch :)yg unik sambelnya si bapak langgananku… entah dicampurin kacang mungkin, pokoke enaaak!

  30. erm718 said: wah ini makanan nostalgia pas aku kerja di Gg. Besen… menu utk lunch🙂

    Makanan yang ngider di sekitar Jl. Beteng sampai Gg. Lombok adalah yang terbaik.

  31. Wah kliatannya enak bgt nih Ne..:) TFS ya

  32. kemarin ini sambelnya cuma cabe rawit aku uleg. perlu di coba sambel campur kacang nih Ka..

  33. pak, gak cuma beteng.. tapi yang ngider sampe plampitan juga. hihihi…

  34. iya El, seger nih

  35. elkaje said: pak, gak cuma beteng.. tapi yang ngider sampe plampitan juga. hihihi…

    Ooops, warga Plampitan dan Bokoran protes.

  36. lah iyo… cuma selangkah dari beteng, kog gak ke sebut… ya protes

  37. kupat mie (tahu kupat) solo jg pake air bawang mbak… cuman saosnya kecap muanissss dibumbui bawang merah dan kemiri… oh aku suka, apalagi diulegi cabe rawit merah!! jangan mengaku orang solo klu gak doyan tahu kupat… hahahahaha

  38. Yu, aku ki rodo bingung, mie kupat, tahu kupat, mie toprak… kog mirip2 bisa critain, bedane sing cetho?

  39. hihihi… asline klu di Solo kan gak ada mie kupat, adanya tahu kupat dan mie toprak Tahu kupat isine: mie, tahu kecil2, irisan bakwan, irisan kupat, irisan kol, tauge, sledri, kacang goreng utuh, disiram kuah kecap dibumbui bw merah dan kemiri, dan kuah bawang putihMie toprak isine: mie, irisan tahu tempe, irisan daging, irisan kol, tauge, sledri, kacang, karak. Bisa pula tambah irisan sosis solo basah dan cakwe. Disiram kuah kaldu daging panas2, dikecruti kecap dan cukadua2nya enak pake ulegan cabe rawit😀

  40. tahu kupat-e solo , mirip tahu kupat magelang nih.

  41. elkaje said: lah iyo… cuma selangkah dari beteng, kog gak ke sebut… ya protes

    Aku ralat, dari Kranggan/Depok sampai Wotgandul/Gg. Pinggir dan Plampitan sampai Petudungan/Pekojan/Kalikoping dari pada nanti ada yang protes lagi. Ini sudah final, ha..ha..

  42. haha.. lengkap sudah di sebut, jadi gak di protes kog.

  43. Cie, kalo mampir disini jadi selalu rindu semarang neh, skr tukang mie kupat udah jarang. thanks buat obat kangen ne.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: