Skip to content

Sosis Solo Goreng ala Hisjman

March 21, 2010

Description:
Ini versi sosis Solo yang paling aku gemari. Entah masih ada yang jual nggak sosis Solo versi Resto Hisjman.

Sosis di buat dari daging yang belum di masak, dan perlu waktu lebih lama saat menggorengnya, supaya daging matang sempurna. Hasilnya, sosis solo lebih padat isi.

Dulu kalau beli sosis solo di Hisjman, harus menunggu agak lama, karena selalu di goreng sesaat sebelum di sajikan. Ini kunci kelezatannya makan sosis Hisjman, fresh.

Rasa daging yang dominan manis, dan aroma rempah yang kuat, di balut kulit tepung yang gurih. Dimakan hangat dengan cabe rawit,…enaaaaknya.

Ingredients:
Kulit:
250 gr tepung terigu
3 btr telur
1 sdt garam
600 cc air

Isi:

ISI D:
250 gr daging cincang
1 butir telur ayam
5 sendok makan santan kental
50 gr bawang bombay potong kecil2

bumbu halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
5 butir kemiri
1 sdt garam
2,5 sdm gula

Directions:
Kulit:
buat kulit sosis, sperti membuat kulit risoles.
Dadar dengan wajan crepes 22 cm.
sisishkan

Isi:
campur jadi satu semua bahan, aduk rata

Penyelesaian:
Bagi daging menjadi 25 bagian
Isikan pada selembar kulit, gulung padat, lem pinggir kulit dengan putih telur.
Goreng dengan api sedang, sampai kuning kecoklatan
sajikan hangat dengan cabe rawit.

Note:
menggoreng jangan terlalu cepat, karena butuh waktu untuk proses mematangkan daginya.

From → Gorengan, Kue

27 Comments
  1. pastinya lebih gurih ya mbak, tp emang harus pandai saat menggorengnya biar bisa matang semua dagingnya.**ngencess pingin nyomot trus nyepluss lombok’eee

  2. Lagi gak punya cemilan…liat Cie Inne bikin ginih beneran pengen comot…aaahhh….

  3. Kapan-kapan tak nyontek yo…aku penggemar sosis solo. Tapi nggawe iki kayané nunggu Juli. he…he..he…Ini ngga pake dikukus dulu yo? Makasih resepnya….

  4. iya, makannya juga pas masih panas, kalau dah adem…. yaaah..biasa wae

  5. comoooot ajaaa…hihihi

  6. enggak Sri, langsung goreng. lah.. mbok njaluk kadonya saiki.. latihan dulu, supaya juli pas bikin pesta wis mahir. hahaha..

  7. pertamakali aku makan sosis solo isinya juga padat khas dari daging mentah. tapi cuma sekali itu, selanjutnya ga perna ketemu lagi sosis solo yg dari daging mentah. ngga inget dulu sapa yg bawa ya.. jaman esempe dia acara keluarga besar

  8. dari dulu aku tuh penasaran dengan sosis solo. bayanganku, sosis solo itu persis kayak sosis biasa tapi dibuntel kulit lumpia. setelah liat ini, jadi bisa membayangkan, seperti ini toh ternyata. perpaduan antara lumpia dan risoles ya.

  9. kalau beli, rasanya belum pernah ketemu lagi Li, selain Hisjman yang udah nggak ada restonya.

  10. ntar aku postingkan yang versi populernya Vi.. mirip ini, tapi isinya daging mawur, yang sudah di masak dulu sebelum di bungkus. Kalau bikin jangan pake kulit lunpia, ntar alot. Meski aku kenal sosis solo sejak kecil, aku ya tetep heran, kog di sebut sosis sih? bentuknya aja beda banget dari sosis.

  11. elkaje said: enggak Sri, langsung goreng. lah.. mbok njaluk kadonya saiki.. latihan dulu, supaya juli pas bikin pesta wis mahir. hahaha..

    Lha nek kadoné saiki, engko ora kejutan maneh. Padahal jan-jané yo wis ngerti isi kadoné. he..he..he..Nek kadoné Juli ben ketoké tenanan entuk kado. he..he..he..paling ngga Leo punya waktu untuk nabung. hi…hi…hi…

  12. Pasti ini lebih enak dari sosis solo umumnya ya Ci’…pengen nyoba ahhh….tfs ya Ci’…

  13. tergantung selera juga ya Syl

  14. mauuuuu….,pake cabe rawit…,mmm jadi tambah mantab.

  15. serbuuuuuuuuuuuuuu😀

  16. cepet2 tak entekno wae..:-)

  17. Ci Ine, resepnya dicontek yah, mau nyoba bikin. tfs.

  18. silakan Lin, semoga cocok

  19. kok yo masih inget hisjman siiih … dstu selatnya juga enak lhoo …dulu! hihihii

  20. Karena selat akeh sing dodolan, aku malah lebih ingat nasi bestikannya.kemarin dah bikin, ntar postingnya belum sempat..belum sempat edit poto.

  21. Pengen coba tapi sudah jauh…

  22. brarti coba bikin aja pak. hehe

  23. elkaje said: brarti coba bikin aja pak. hehe

    Musti belejar bikin kulitnya dulu, ilmuku belum kesitu. Isinya sih mungkin bisa, tinggal mengikuti resep. Apa di bikin model bakso saja…..?

  24. haha… sosis solo ini kan kenikmatannya justru pada perpaduan rasa antara kulit dan isi

  25. Ci Ine, sudah saya coba bikin, memang enak lho, terutama kulitnya, diluar garing, dan isinya manis.

  26. asyiiik….syukurlah kalau cocok Lin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: