Skip to content

Sosis Solo Goreng

March 21, 2010

Description:
Ini sosis solo yang paling populer. Isi daging cincang yang sudah di masak kering, di isikan di crepes, lalu di goreng.

Banyak versi isiannya, ada yang di campur kelapa parut yang sudah di sangrai, ada yang menggunakan santan saat memasaknya, supaya gurih.

Gak tau bagaimana versi originalnya yang bener2 original..
tapi dari dulu aku masaknya tanpa santan atau kelapa, tapi royal dengan bawang merah dan sekarang dengan bawang bombay.

Ingredients:
Kulit
250 gr terigu
3 bt telur
1 sm minyak goreng
garam, baking powder
600 ml air

ISI :
250 gr daging cincang
5 butir bawang merah, iris halus
merica, pala, garam, kecap, gula

Adonan Pencelup:
75 gr terigu Terigu
garam, merica secukupnya
110 ml air
** aduk jadi satu.

Directions:
Kulit
terigu+minyak goreng+garam+BP+telur, diaduk dengan sedikit air, sampai licin. (biasanya pakai tangan, sambil di tepuk2, supaya rada liat/ulet, kalau liat, kulitnya bisa tipis tidak gampang robek)
tambahkan air sedikit2 sampai cukup kekentalannya untuk di dadar di teflon.
kira kira ini jadi 20-25 lembar ukuran 22 cm

ISI:
tumis bawang merah sampai kuning dan harum, masukkan daging cincang
dan bumbu2 sambil di aduk2 agar daging tidak menggumpal. Masak sampai
air daging mengering

Penyelesaian:
bentangkan selembar kulit, taruh 1 sdm adonan isi, gulung seperti lunpia, rekatkan dengan telur putih
Celup ke adonan pencelup, masukkan ke minyak panas.
Goreng hingga kuning kecoklatan.

From → Gorengan, Kue

9 Comments
  1. kalau yang biasa saya makan itu isinya ayam suir….gak pernah bikin sendiri sih… beli jadi aja🙂

  2. banyak versinya, tapi saya bagi tiga aja.. ada yang pake ayam suwir di bumbu mirip lemper juga.

  3. mauuuuu… makan 10 biji, gak berasa.. hihihihihi

  4. apapun versinya demen banget ci

  5. ooo…bumbu isinya cuma gitu aja ya Mba, kirain mah ribet bgt hehehe.Kapan2 dicontek ya Mba….

  6. iya Teh.. tapi ada yang pake santen, pake kelapa sangrai..aaah.. itu mah ribet

  7. haha..samaaa

  8. dasaaaaar Ningnong hehehe…

  9. mbak, resep kulitnya persis resep risoles ya? Tapi sosis solo telornya lebih banyak sebiji.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: