Skip to content

Sosis Solo Kukus

March 21, 2010

Description:
Makanan solo emang gak ada matinya, setelah sosis solo goreng yang umum kita kenal, ini sosis solo kukus, yang enak buat camilan, juga enak buat lauk makan nasi.

Sosis solo kukus tuh, sering di tata di tempat terbuka, meski dalam lemari kaca, sering kali kulitnya mengering. Aku ingat dulu kalau naik bus dari luar kota, turun di terminal tirtonadi, menyusuri toko2/warung di terminal, sosis solo kukus bertumpuk tinggi menunggu pembeli.

Tapi gak pernah beli, karena seringnya tuh sosis selain kering, dagingnya juga seret di leher.

Ingredients:
Bahan ISI
250 gr daging sapi tanpa lemak, cincang
1 btr telur
10 btr bawang merah iris halus (atau 50 gr bawangbombay iris kecil2)

bumbu halus:
5 bawang merah
3 bawang putih
5 btr kemiri
1 sdt ketumbar
1/4 sdt lada
1 sdt garam
2 sdm gula (ya manis…solo gitu lho)

Bahan Kulit:
5 butir telur ayam
1 sendok makan terigu (munjung)
1/2 sendok teh garam
50 cc santan

Directions:
ISI :
Campur semua bahan isi, aduk rata, sisihkan

Kulit:
1. aduk terigu dengan santan dan garam, masukkan telur satu persatu, jaga jangan sampai meringkil.
2. Buat dadar dengan diagmeter 22 cm.
(untuk 20 lbr)

sedikit putih telur untuk merekatkan kulit

Penyelesaian :
1. isi tiap lembar kulit dengan 1 sdt daging, tipis dan memanjang.
2. gulung sosis, rekatkan dengan putih telur.
3. kukus selama 20 menit, air kukusan di tambah dengan 2 atau 3 lbr daun salam.
4. Sajikan bersama cabe rawit

Note:
– Sosis solo kukus, enak untuk lauk, di makan bersama sayur bening, sop sayuran dll..
– Saat tutup kukusan di buka, sosis ini akan tampak mengembung, lalu akan keriput menyusut. Memang begitulah penampilannya, kulitnya keriput2.
– Terigu yang di campurkan pada adonan kulit, untuk mempertebal tekstur telurnya. Kalau orang jualan, terigu porsinya lebih banyak lagi, dan di beri pewarna kuning…menyamarkan kalau sebenernya menggunakan telur lebih sedikit.

From → Kue, Tradisional

16 Comments
  1. blm tau makanan ini….

  2. enak kali yah Cie di cocol saos sambel…nikmaaat…

  3. Aku mendingan nyontek sing iki wae, jadi ngga perlu nggoreng. Nanti bikin sosis goreng kalau sudah punya Actifry aja….he..he..he..makasih resepnya mbak Ine…..

  4. healthy recipe,dikukus…………walau ada santan dikit ya………thx sharingnya………..tcgbu

  5. kalah pamor ama yang goreng Tik

  6. hm… malah belum pernah cocol sambel Yus. biasanya aku makan gitu aja, atau di cemplungi ke sop.

  7. iyo Sri.. ini sosis rasane jawa..

  8. saking populernya jajanan ini, ada yg dijual murah di tenongan, isinya bukan ayam atau daging, tapi tahu campur telur… tp banyak yg gak sadar… :p

  9. lah emang tahu ama telor, rasanya bisa mirip daging? hihihi…ono2 wae

  10. elkaje said: lah emang tahu ama telor, rasanya bisa mirip daging? hihihi…ono2 wae

    isoh mirip2 ayam plus telor bagi yg gak perhatian… aku yo heran kok mbak, tapi emang yg malsu ki pinter banget… ora ono rasa asem-e tahu, dan teksture-e yo apik…

  11. Yu.. tahu kan emang ora asem, itu karena tahu solo emang ora oke, makane gak terkenal.hehe

  12. Tidak pernah tahu. Mungkin karena jarang ke Solo. Tahunya cuman Timlo Solo,Nasi Liwet, dan Serabi.

  13. ini emang kurang populer pak, di banding sosis solo goreng

  14. ci ine, kenapa selalu membuatku lapaaarrrrr…. hehehehehe

  15. waktu masih kuliah disolo hampir setiap pagi aku m akan sosis solo sama pecel di kantin huuummmm yuuuummmm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: