Skip to content

Racikan Selat Solo

March 27, 2010

Description:
Setahuku, dulu emang namanya Racikan Selat, tapi sekarang orang cuma menyebut Selat Solo.

Daun Selada sendiri, di sebutnya selat, dulu tuh aku suka heran, racikannya banyak macam, kog yang di sebut selat, kenapa ndak racikan daging, racikan semur, racikan wortel, racikan kentang (kan..kentangnya dua rupa tuh).

Baru setelah kenal Salad, taulah aku, bahwa ini maksudnya selat, bukan menunjuk racikan si daun selada semata, hehe…

Ini sebenernya semur yang berkuah, dengan racikan sayuran. Dengan lalapnya bawang merah mentah yang di iris tipis, dan penyedapnya mosterd – ini maksudnya mustard, tapi lagi-lagi sudah di adaptasi dengan selera jawa.

Aku suka racikan selat dengan Kripik kentang yang royal, yang bikin racikan selat makin kaya rasa dan suara (kriuk2nya)

Racikan selat yang enak, dulu di rumah makan Monosuko, sebrang rumah sakit Jebres. Dua tahun lalu aku ke solo, tante Emma pemilik Monosuko masih jualan di Solo Baru. Racikan selatnya masih seprima dulu. Sayang aku gak tahu alamatnya di solo baru, tapi tau ancer2nya..

Sekarang, selat yang ternama justru selat mbak Lien. Ada lagi selat enak di solo yaitu di Mekarsari-dr Rajiman, juga di notosuman sebelah tukang serabi.

Aku bikin racikan selat menggunakan slowcooker, dan dagingnya pake sengkel yang berurat. Ini daging favoritku, tidak berlemak, tapi berurat, jadi nggak sepo. Dengan slowcooker, rasa selatnya makin mantep, karena meresap dan dagingnya sangat empuk dan tidak hancur.

Ingredients:
500 gr daging sengkel, potong melintang setebal 1 cm.
5 btr telur rebus, kupas
50 gr bawang merah, iris tipis
10 sdm kecap manis
2 bh tomat, belah dua, potong tipis2
1/4 sdt kayu manis
1/2 sdt pala bubuk
1/4 sdt lada bubuk
1/2 sdm garam (atau sesuai selera)
1 sdm gula (atau sesuai selera)
2 sdm minyak untuk menumis
1000 ml air

Keripik kentang:
500 gr kentang, iris tipis, goreng kering

Acar ketimun:
200 gr ketimun, belah, buang bijinya, di buat acar dengan di tambah beberapa tetes cuka, 1 sdm gula dan 1/2 sdt garam. aduk rata, sisihkan

Mosterd
1 sdm Margarine
2 sdm Terigu
100 ml susu
1 sdm Mustard Pasta
1/.4 sdt Garam
1 sdm Gula
1 sdt Cuka

PELENGKAP:
200 gr kentang, potong2, goreng.
200 gr buncis, potong2, rebus
200 gr wortel, potong2, rebus
2 bh tomat, iris 1/2 cm
4 btr bawang merah, iris halus.
daun selada secukupnya

Directions:
Mosterd:
Lelehkan margarine, tambahkan terigu, aduk rata.
Sedikit demi sedikit tuangkan susu, sambil diaduk agar tidak meringkil
tambahkan mustard pasta, garam, gula dan cuka.

Daging dan telur Semur:
Tumis irisan bawang merah sampai layu dan harum
masukkan daging, kecap, air dan semua bumbu, tomat iris dan telur rebus.
Masak dengan api kecil, hingga daging empuk dan bumbu meresap

Penyajian:
siapkan piring, tata sayur dan semua pelengkap, beri irisan daging dan telur, siram kuah semur.

Note:
di foto kuah tidak terlalu terlihat, supaya tidak membanjiri sayurannya yang cantik. Penyajian sebenarnya, kuah lebih melimpah

51 Comments
  1. Ngga ribet yah masaknya, pengen juga nyobain

  2. Makasih resepnya Ci’…ini bistiknya wong jowo🙂 Pengen nyoba aahhh….

  3. pengen coba resepnya, pakai mosterdnya pasti sip… jadi inget Kompas thn 2006an pernah bahas ttg nama makanan ini🙂 TFS mba Ine..

  4. pengen nyoba.. makasih resepnya yah🙂

  5. coba ahh,.. ketoke ora angel yo..

  6. sing ribet pernak perniknya.

  7. iya, bistik jowo yang banjir kuah

  8. oh ya? ada di kompas online Jane?

  9. sama2 Lia

  10. emang ora angel, cuma akeh pernak pernik-e

  11. wah ini masakan ibunda yg sering bikin aku kangen. aku nyebutnya bistik jowo. kuahnya nyemek2 dikasih tomat. hiks hiks…kangen ibu.

  12. hiks..hiks.. aku kog ya melu terharu Vi

  13. jian persis tenan mbak sak bumbu bumbune. dikasih telor rebus juga, wis talah jan plek. Dulu itu kalau lagi kangen sesuatu kari njeplak cangkeme trus dibikinkan sama ibu. salah satunya ya ini, bistik jowo. Bedanya, ibuku nggak pake mustard. trus kuahnya dibanyakin.Aduh mbak, nulis gini aku clegak cleguk sambil ngebayangin ibuku uplek neng dapur masakne anak wadone sing mbeling iki. o iya, adalagi makanan klangenan. Jangan bening sama semur tahu. Juga telor dadar yang dari sebiji telor di iris dibagi wong sak omah.

  14. satu telor dadar di bagi bersama, khas jaman susah dulu ya Vi, aku ya ngalami, makan telur rebus ya gitu, ndak pernah lebih dari seperempat butir. wong anake 4, jadi dibagi pas 4. Mana waktu itu telur adanya ayam kampung sing cilik2.

  15. ke mekarsari dulu ahhh … kan deket … :))

  16. aku terkesan ama tuh cie mekarsari, pas aku mau beli di bungkus, aku pesen bungkusnya didoble, spy aman sampe jakarta nggak bocor, dia bilang “jangan deh.. ntar sayurannya cuma tahan sampai jam 4 sore aja”jujur dia.

  17. Hmmmm sedapnya!

  18. marakne pengen mlayu nang mekarsari kii…btw mbak, selat mbak Lien ki ngendi? ra tau krungu aku… Mungkin maksudnya Mbak Lies??? Emang laris banget dan terkenal… tapi aku ra seneng babar blas… not my choice lah! Yah, selera kalii..😀

  19. arijoko said: ke mekarsari dulu ahhh … kan deket … :))

    Bungkuske yo mbak!! Ngko tak parani nang bengkelmu :p

  20. Mbak, mayonaise-e Mbak Ine kurang jowo… :DDulu aku pernah wawancara dengan mendiang simbah, bahannya cuman kentang, kuning telur, cuka, garam, lada, bawang putih (eh, sedep lho mustard dikasih bawang putih) trus mustard dijon itu (malah ini bisa diskip klu gak ada bahannya)…

  21. mbak lies yak-e, mbak lien kae tukang soto tersohor di semarang.. hihi.. bingung. Mekarsari mantap, tapi masih kemanisan waktu kita makan di sono.

  22. naaa…kuwi Yu, aku belajar dari mamiku yang lebih ke londo2-an, dadine yo ngene iki. Trus pas pak bondan di tipi sama kokinya kusuma sari, mirip gini ini mosterdnya. jadi..aku pikir..bener mamiku. hahaha.. mami mbiyen malah senengane mustard pasta langsung, meski sudah bikin mosterd koyo resepku iki, pada kecut nemen.

  23. sedep mbak, sayang mbak TJ jauhh.

  24. Tak nyontek yo kapan-kapan….thanks resepnya….Kalau telornya pake telor pindang mungkin tambah uenak yo? Dadi roso Jowoné nambah. he..he..he..

  25. elkaje said: naaa…kuwi Yu, aku belajar dari mamiku yang lebih ke londo2-an, dadine yo ngene iki. Trus pas pak bondan di tipi sama kokinya kusuma sari, mirip gini ini mosterdnya. jadi..aku pikir..bener mamiku. hahaha.. mami mbiyen malah senengane mustard pasta langsung, meski sudah bikin mosterd koyo resepku iki, pada kecut nemen.

    iyo mbak, mayonaise kusuma sari mirip2 itu resepnya. aku tahunya dari tabloid koki, tp blum tak praktekne… lha wong resep2 kusumasari di tabloid koki itu rasanya agak meragukan je…😀

  26. spt steak ala solo ya…mustard pasta kalo diganti saos mustard bisa ga?

  27. Ada teman yg pernah nanya aku, lebih suka mana, steak/bbq cara Asia, atau Western? Perbedaan utamanya, cara Asia biasanya berbumbu dasar kedelai (soy – kecap), sedangkan cara Western biasanya tomat. Baru aku ngeh, iya ya rupanya itu yg bikin beda rasa steak cara Jawa dan cara bule…

  28. elkaje said: oh ya? ada di kompas online Jane?

    aku bacanya bukan di online..di Kompas edisi hari minggu gitu klo ga salah..udah lama juga bacanya🙂 Memang dari adaptasi lidah menyebut ‘salad’ jadi selat he..he..

  29. tambah lagi beda versi asia dan versi jawa, kalau versi jawa.. kuahnya banjir. hehe…

  30. boleh aja, aku kan mau praktis, telur rebus kupas, aku cemplungi sekalian masak bareng daging

  31. bisa… lah kalau resep jawa malah gak pake mustard.

  32. menu sehat banget ci,jd pengen bikin

  33. mba Ine, aku wis coba nih…knapa ya kurang nyerep..pdhl udah semalaman di slow cooker…apa harusnya airnya dikit dulu ya biar bumbu nyerep ke daging klo pakai slow cooker…

  34. kurang asin/manis gitukah? aku sih langsung pake air banyak. ya.. saat mendidih aku cicip lagi, makanya di resep gula garam aku tulis sesuai selera.kalau semalaman mah..nyerep tuh. cuma mungkin kurang rasa ya..aku ini bikin cuma 4 jam di slowcooker.

  35. kalau mau lebih sehat, kentang gorengnya ganti yang rebus Yen

  36. Mirip bistik komplit?

  37. dengan rasa jawa

  38. elkaje said: kurang asin/manis gitukah? aku sih langsung pake air banyak. ya.. saat mendidih aku cicip lagi, makanya di resep gula garam aku tulis sesuai selera.kalau semalaman mah..nyerep tuh. cuma mungkin kurang rasa ya..aku ini bikin cuma 4 jam di slowcooker.

    entah krn jenis dagingnya juga nih…ga berlemak jadi sepo rasanya🙂 atau kelamaan ya..kuahnya jadi berkaldu bgt sementara dagingnya nggak he..he..ntar coba lagi ah

  39. jangan pilih yang berlemak, tapi pilih yang berurat.

  40. mbak ine, sedap sekali ini,Selamat Paskah mbak.

  41. Selamat paskah juga Cony

  42. Makasih buanyak resepnya. Tadi aku sudah coba resep ini. Uenak tenan…..Leo aja sampai nambah. Leo bahkan makan pake brambang mentah segala. he..he..he..Leo minta disampaikan pesennya: “terimakasih…..”Karena aku ngga punya slow cooker (slow cooker kuwi nganggo listrik yo? he..he..he…durung tahu weruh soalé), jadi aku pake braadpan. Itu lho panci yang tebal dan memang biasa untuk masak daging. Dinding pancinya tebal, biasanya kalau masak pake braadpan, pake api kecil dan lama. Waktu aku masak daging, Leo nanya apakah aku masak hachee. Aku bilang bukan, aku masak selat Solo. Tapi kata dia, cara masaknya kok kayak masak hachee, dagingnya digodog pake api kecil dan lama masaknya. Setelah mateng, yo dadiné selat Solo sak ubo rampé né. Lama memang masaknya, soalnya pernak-perniké akeh. he..he..he..tapi worth it kok. Oh ya, kriuk-kriuknya aku tadi pake chips, beli di supermarket. he..he..he..Masih ada sisa, besok bisa dimakan lagi. Tapi aku mau pake kentang rebus aja, bukan kentang goreng. Ketika aku bilang besok mau nggodog kentang aja, lha kok Leo malah ngomong: “ini kalau dimakan pake nasi pasti yo enak…..” he..he..he..lha kok mbalik sego maneh ki piyé….hi…hi…hi…..

  43. seneng aku..kalau Leo cocok juga. hahaha…. bener Leo, di makan pake nasi… wareg.

  44. elkaje said: seneng aku..kalau Leo cocok juga. hahaha…. bener Leo, di makan pake nasi… wareg.

    Akhiré sisanya kami makan pake nasi mbak, enak. Tenan iki, aku wis mbuktekké kok. Jadi kan masih ada sisa, terus diinepin semalam. Keesokan harinya dimakan pake nasi dan ubo rampenya selat solo jan enak tenan kok. Bumbu lebih ngresep. Walaupun pake nasi, tetep pake buncis, wortel, kembang kol, ijsberg sla, acar timun, mosterd Jowo, terus dikepyuri potato chips, brambang mentah, brambang goreng, kuahnya rada banyak. Top tenan rasané, apalagi aku nyeplus lombok rawit. ha..ha..ha.. Jaré Leo: “Selat Solo kok malah jauh lebih enak dimakan pake nasi ya daripada pake kentang goreng…..” Lha wong karepku ki ngasih dia selat Solo supaya doi mbalik dadi Londo, eh…lha kok malah tambah Jowoné ki piyé….he…he…he…..

  45. haha… Sri, kuwi nak neng resto Hisjman.. resto Jawa belanda jaman aku kecil, jenenge nasi bestikan. ini nama dari nasi plus bestik-bestik-an gitu lho.. hehehe.. tapi gak selengkap racikan selat, nasi, daging, telur, kuahnya, di kepyuri brambang goreng, di kasi timun dan sambel bajak. Leo wis beneran tercemar jadi jowo kuwi.. wis susah mbalik londo-ne

  46. enak nih, apalagi sausnya

  47. prenik-prenik nya buanyaaakkkkk.tapi jelas top.

  48. sorry, blm minta ijin kog sdh nyontek resepnja. Wah racikan selat top banget,tapi kentang tak bikin mash potatoes n lalap bawang merah pake bawang bombay merah. Salam kenal ya n thanx a lot

  49. salam kenal juga. iya, kentang dibikin mash potatoes juga enak kog..

  50. hari ini praktek selat solonya ci Ine…Suami saya doyan padahal waktu nyobain selat solo yg beli kmrn dia nggak suka. Makasih mau berbagi resepnya Cici.

Leave a Reply

