Skip to content

Ketan Biru

March 28, 2010

Description:
Ini jajan pasar sederhana, ketan dan unti. Jaman dulu warna biru di buat dari pewarna alami dari bunga. Jaman sekarang, praktis pakai pewarna makanan.

Kalau di mbok tenong di Pantisari Solo, ketan sudah di wadahi di sudi mungil, persis seperti penampilan di foto. Asyik buat camilan sore2, sambil menyeruput teh hangat.

Ingredients:
Ketan Biru:
300 gr beras ketan, rendam minimal 2 jam
2 lbr daun pandan, sobek2
200 cc santan sedang
1/2 sdt garam
2 tetes pewarna biru
3 lbr pandan untuk mengukus

Unti:
200 gr kelapa setengah tua, parut kasar
100 gr gula jawa, iris kasar
1/4 sdt garam
2 lbr daun pandan potong2
2 cm jahe, geprek
100ml air

Directions:
Ketan biru:
– Tiriskan ketan, lalu kukus selama 15 menit hingga setengah matang. Selama mengukus, selipkan daun pandan diantara beras ketan, dan sebagian daun pandan di masukkan dalam air pengukus
– Didihkan santan, garam, pandan dan pewarna biru.
– Tuangkan santan pada ketan, aduk rata hingga santan meresap
– Kukus kembali selama 15 menit. angkat sisihkan

Unti:
– masak air, gula, jahe dan pandan, hingga gula merah larut.
– masukkan kelapa parut dan garam, masak hingga unti agak mengering.

Penyelesaian:
Sekepal ketan biru, di beri sesendok unti, sajikan.

From → Kue, Tradisional

35 Comments
  1. liatnya nikmaaaaaaat…jd pengen Cie…

  2. Mantep tep nek iki…..

  3. waaaaa….enak tu…enten2nya legit….mmmyummy…pewarna birunya jaman oma masih bikin jajan pasar pake bunga telang, di kebunku pernah ada, tapi karena jorok kub uang sekarang ada di depan rumah tetangga. suatu hari akan kufoto bunganya ya….nyam…nyam…

  4. iya Yus, ini kalau bikin sekalian.. bikin unti banyak buat dadar gulung, kue mendut, trus ketan biru. unti bisa di bekukan, kalau mau pake kukus aja. jadi ngaduknya sekali aja. sekalian beli 1 kelapa bisa jadi macam2

  5. iya Sri, critane makanan selingan, tapi sewareg makan beneran. hahaha..

  6. Aju, bunga teleng itu katanya juga berkhasiat menyembuhkan mata yang blobokan terus.. bikin bening mata. Aku sendiri lupa.. apakah kalau pake kembang teleng selain bikin biru, bikin aroma khas juga kah?Di gang baru masih ada yang jual tuh.. kata pak Bondan W

  7. bunga telang iku seperti gimana mbak?bukan bunga nila kan? yg biasanya dipake buat pewarna biru untuk pakaian. Tapi kalau tanaman nila yg dipake adalah daunnya. Bahasa latinnya Indigo.

  8. ntar nunggu potonya dari Aju tuh, aku sendiri dah lama banget ndak liat bunga itu. Yang di pake bunganya, bunga teleng atau theleng gitu, warnanya biru.

  9. Aku baru tau kuweh ini Ci’….cute banget warnanya…

  10. cantik bangat….kapan2 pengen nyoba.thx Ci resepnya.

  11. aku baru tau kalo pakai bunga Cie, ini makanan favoritku juga… sayang ketannya sudah kubuat tape semua ama lupis… berikutnya deh kalo punya ketan lagi…TFS ya Cie

  12. rasa sih sama aja ama ketan putih ber unti, cuma dulu itu kalau mbok tenong jualan ketan birunya ya gini ini bentuknya

  13. iya, bunga di remasi airnya. aku sendiri belum pernah bikin yang pake bunga. ini pake pewarna

  14. aku baru tahu nih ada ketan biru ,he..he..ketinggalan nbanget dech..makasih resepnya ci..,kapan2 mau nyoba juga..

  15. masa aku kecil aja, dah jarang ada, apalagi sekarang..

  16. dulu mamiku bikin jali biru kayaknya pake bunga itu ci… cuma waktu kecil ga gitu suka jali😉

  17. Jali di apain Ka? aku taunya jali di bikin bubur atau sekoteng

  18. ini kayaknya enak…. ketan pake kelapa, cuma kok biru ya?🙂

  19. elkaje said: Jali di apain Ka? aku taunya jali di bikin bubur atau sekoteng

    dibikin kayak ketan biru gitu ci, makannya juga pake enten2…

  20. kalo di padang, ngak pake pewarna…. cuma ketan putih dikasih unti. Dulu sih doyan banget… sekarang di sin jarang liat ada yang jual.

  21. gitu ya Ly… bikin ndiri aja, gampang kog…

  22. Waaa…Idenya boleh juga tuh Cie…bikin unti ampe banyak yaaa…makasih idenya Cie…

  23. sama2 Yus.

  24. Wah biruuuuu….ta pikir pake air bunga telang itu ci..

  25. gak ada bunga teleng Mel..

  26. Wah, enak sekali (inget zaman kecil). Telaten sekali kamu pakai pincuk kecil dari daun pisang.Ine, apa punya resep bubukan kedelai yang untuk makan ketan?

  27. ada pak, tapi belum pernah di takar, selama ini cuma cemplang cemplung.coba2 sendiri ya…Kedele putih di sangrai bersama kencur yang di potong2, sangrai sampai kuning kecoklatan.buang kulit arinya.Kedele kupas+kencur sangrainya+bawang putih goreng (sedikit saja) garam dan gula, di haluskan, lalu di ayak.

  28. Masalah takaran bisa di coba sampai pas rasanya.Problem utamanya, kencur mungkin susah didapat, dan kok malas membuang kulit ari kedelai.Terima kasih infonya. Waktu ke Semarang yang terakhir, tidak beli kedelai bubuk di Gg. Baru. Nasib…..

  29. wah..sayang tuh. padahal kedele bubuk, di freezer bisa tahan setahun tuh.

  30. ngilangin kulit arinya, di giles aja tuh kedele pake rolling pin, beberapa kali gilesan, trus di tampi. kulitnya kan ringan, gampang misah ama kedelenya. saya sih menampi pake tampah gede. Ada tampah di situ ndak pak? hehe…

  31. Ha..ha.., ora cucuk karo mangane. Forget it.Tampah, pernah lihat di toko Vietnam.Sebenarnya di toko Korea pernah lihat kedelai bubuk. Tetapi bagaimana rasanya, dan mereka buat apa tidak tahu.

  32. anakku wkt bayi matanya ditetesin air rendaman bunga theleng ini Mba…info dari alm. mama biar matanya ga gampang minus.

  33. katanya berkhasiat mengobati mata rembesan, trus bikin bening juga.

  34. ah makanan apa seh yang aku gak bilang sedap(eh…ngaku)……..ini juga sedap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: