Skip to content

Perkedel Panggang Saus Kacang

April 2, 2010

Description:
Ini Resep dari Rahasia Ratu Dapur Femina, pertengahan tahun 80-an.

cukup mengenyangkan buat sarapan pagi.

Ingredients:
600 gr kentang, kukus, hancurkan.
150 gr daging giling sapi tanpa lemak
3 sdm bawang merah goreng
1/2 sdt pala bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
150 cc kaldu ayam/daging
3 butir telur

Saus kacang:
1 sdm bawang merah goreng
100 gr kacang tanah
100 cc air
3 buah cabe rawit merah
garam, gula, cuka

Directions:
1. Tumis daging giling, tanpa minyak, tambahkan merica dan pala. aduk hingga berubah warna
2. Tambahkan kaldu, aduk hingga mendidih
3. campurkan dengan kentang yang sudah di hancurkan
4. Tambahkan bawang merah goreng dan telur (sisakan sedikit telur untuk olesan bagian atasnya)
5. aduk rata, tuang di pinggan tahan panas, ratakan
6. Olesi bagian atasnya dengan telur
7. Panggang dalam oven 20 menit.
8. Sajikan hangat dengan saus kacang

Saus kacang:
hancurkan kacang, cabe, bawang merah goreng
tambahkan bumbu dan air, masak hingga mendidih dan kental.

31 Comments
  1. Simple resepnya,bolh nih dicoba.Makasih ya.

  2. Bumbu kacang bisa diganti pake apa ya seandainya nggak ada ?

  3. lho mbak, kok seperti pastel panggang ya?Bedanya nggak pake soun dan kacang polong.

  4. keliatannya enak nih…doyan perkedel soalnya🙂

  5. simpel banget ya Ci…enyaak

  6. Jadi inget pastel tutup……

  7. sambel botol…hehe

  8. wangi kentang nya waktu dipanggang…hmmmm

  9. iya tanpa sayuran, persis perkedel, cuma ndak di goreng

  10. sama…di rumah pedoyan kentang nih

  11. iya, gampang..

  12. ini lebih sederhana Sri

  13. Ini bukannya kroket ekspres?😀 Apa aja kalau pakai saus kacang, pasti enak!!

  14. wah.. ini lebih praktis dari perkedel yg satuan itu…

  15. mbak, btw, klu ngancurin kentang rebus biar gampang-gak gitu repot, piye?Mbak Ine pas ngrebus/ngukus, sekalian kulitnya gak?

  16. resep2 femina emang yahud ya Ci… pilihan dan gak gagal🙂

  17. enak bangat…….

  18. iya Yu, di kukus sekulit kulitnya. aku ancurin tumbuk pake lumpang dan alu. marem tho! hehe.. ada alat penghancur kentang, bentuknya kayak kobokan bolong2.. ntar ada penekannya pake tuas… tapi ini berat tuh nekannya. makane aku lebih mantep pake lumpang dan alu.

  19. mbuh..terserah mau namanya apa..hehehe..

  20. kalau mau di bikin satuan juga bisa, gak usah di goreng, tapi di panggang Rit. lumayan ngurangi minyak

  21. setuju May

  22. pastinya hehe..

  23. resep tahun 80 an tapi tetap saja sedap kalau liat bahan-bahannya.

  24. mbak … nyontek ya …. aku lagi ngga selera makan nasi … kayaknya ini cukup buat ganjel😀

  25. makacih mbak…aku mo buat utk oleh2 Ira klo aku jenguk Ira di pesantren….pasti Ira suka….:-)

  26. Neeee…….aku paling suka makanan dr kentang…. Nyatet yah. Thx

  27. Ne……nyatet yah….thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: