Skip to content

Bubur Ketan Kinca

April 8, 2010

Description:
Bubur gurih, berlauk ketan kinca. Kata orang2 yang belum pernah mencicip ini, “Aneh, lauk kog manis…”
Tapi ini enak.. beneran kalau udah nyoba, gak akan bilang aneh, tapi enak.

Ini makanan masa kecil kalau main ke rumah emak di semarang, sarapan pagi, dibelikan bubur ketan kinca. Si tukang bubur, biasanya embok2, menggendong kuali berisi bubur gurih, bubur yang dimasak dengan santan dan beraroma daun salam dan sereh. Kuali ini di masukkan dalam keranjang bambu/tenggok, yang di lapis2 kain, untuk menjaga, supaya bubur awet hangat.

Penutup Kuali, biasana tampah untuk wadah daun pisang yang telah di sobek, siap untuk membungkus atau pincuk, beserta bitingnya. Di atas tumpukan daun pisang, simbok membawa baskom berisi ketan dan kelapa parut, juga wadah untuk kinca dan bubuk kedele. Baru di tutup lagi pakai daun pisang besar.

Trus si mbok, menenteng panci berisi sambal goreng labu siam campur kacang tolo dan krecek.

Yang doyan bubur, beli bubur berlauk sambal goreng -> di sebut bubur lemu. Atau doyan bubur tapi gak doyan pedes, makannya bubur ketan kinca ini.

Yang gak doyan bubur, beli ketan bubuk -> ketan di beri kelapa parut dan bubuk kedele. Atau ketan kinca -> ketan di beri kelapa dan di kucuri kinca.

Semua enak.. tapi karena aku dulu belum doyan pedes, emakku selalu m
membelikan bubur ketan kinca.

Ingredients:
Bubur gurih :
sama dengan bubur lemu di sini

Ketan :
150 gr beras ketan, rendam minimal 2 jam
150 cc santan encer
1/2 sdt garam
2 lbr daun pandan

Kelapa parut:
100 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
1/4 sdt garam
2 lbr daun pandan di simpul.

Kinca:
200 gr gula jawa, di sisir
1-2 sdm air

Directions:
Ketan :
1. tiriskan ketan yang sudah di rendam, kukus selama 15 menit.
2. sementara itu, didihkan santan, garam dan daun pandan.
3. Campurkan ketan yang telah setengah matang dengan santan panas, aduk rata biarkan meresap
4. Kukus kembali selama 15 menit.

Kelapa parut:
campur kelapa dengan garam.
kukus selama 15 menit. (kukus bareng saat mengukus ketan)
Jangan lupa, masukkan daun pandan pada air pengukus, supaya beraroma pandan.

Kinca:
masak dengan api kecil, gula jawa yang sudah disisir, dengan 1-2 sdm air, hingga gula larut. tekstur kincanya kental… seperti kinca bubur sumsum.

Penyajian:
1. Tuang bubur di atas piring/daun pisang.
2. Beri segumpal ketan
3. Beri kelapa parut di atas ketan
4. Kucuri kinca.

note:
bubur gurih, enak dimakan dengan lauk sambal goreng labu siam, terik daging dan tahu, gudeg.

39 Comments
  1. pertama!!! dapet se mangkok kan ci? hihihihi….. yum…

  2. sepincuk… ini pantesnya emang pake pincuk May, bukan pake mangkuk, biar lebih sedep.

  3. ooh bubur gurih yah??sepertinya lazis nih..btw, kinca itu apa sih?

  4. oooh… air gula jawa yah🙂

  5. nah..iya.. kinca itu gula jawa cair.

  6. suka ini aku

  7. belon pernah nih kok kayak kue putu cair yah pake gula jawa cair..hi..hi..hi..

  8. sering makan ini waktu kecil, & masih banyak yg jual di kampung, biasanya jualnya bareng sama gudeg🙂

  9. enak nih… sajian kaya gini gak ada di Honeymoon Dessert…

  10. sama ci…aku dulu ke rumah emak jg sering makan giniaann…enakk!!

  11. Ed, banyak yang belum pernah makan, aku bawa ke kantor, juga pada heran, tapi toh suka… katanya enak.. gurih lembut, ada legitnya, ada kasarnya (parutan kelapa)

  12. kalau di yogya solo, biasanya gitu..bareng ama gudeg.kalau di semarang, bubur lemu ama ketan kinca.

  13. haha… iya..lah ini makanan ndeso

  14. ngak ada di jkt Tik.. cuma ada di ndeso:-)

  15. sekarang di semarang masih ada yg jual apa ngak Ci ?

  16. elkaje said: Ini makanan masa kecil kalau main ke rumah emak di semarang, sarapan pagi, dibelikan bubur ketan kinca.

    Sarapan pagi sebelum ke sekolah. Waktu itu yang jual tidak keliling, tetapi salah satu rumah di Kp. Ligu Selatan. Mereka sudah mulai jualan jam 5 pagi. Yang di jual ketan kinca, ketan bubuk, kee kian goreng, mie goreng , bihun goreng, lontong opor dll. Kesukaanku lontong opor. Opornya benar2 istimewa, kuning (bukan coklat) dan sangat wangi… Tidak pernah ketemu opor yang istimewa itu lagi….:-(Terima kasih atas resep dan cerita nostalgila

  17. tadi ke spm mau beli ketan untuk bikin wajid ngga jadi karena 1 bungkus 2 kilo, wah kapan habisnya, eh sekarang Ci Ine posting resep ini, jadi besok beli ketan ah, coba bikin, tfs.

  18. masih Ly, kalau di semarang, ini umum kayaknya, di beberapa kampung ada yang jual. di gang baru juga ada.

  19. opor kalau coklat, itu terik barangkali pak.. rasanya manis. kalau opor kuning/putih, gurih. belum pernah ke kampung ligu.. kalau lewat di depan nya (mataram) sering. hehe..

  20. ketan banyak variasinya Lin, buat ketan urap, ketan kinca, di campur beras/nasi, biar lebih pulen. atau bikin tape ketan.. hehehe. cepet habis tuh

  21. elkaje said: opor kalau coklat, itu terik barangkali pak.. rasanya manis.

    Maksudnya putih agak gelap. Benar2 opor, bukan terik. Mungkin aliran model Solo, seperti di restaurant “Adem Ayem” jl. Sangaji.Setelah pertengahnan tahun 80an, penjual makanan di kp. Ligu itu sudah meninggal. Kabarnya anaknya meneruskan di Ps. Langgar tetapi kurang berhasil. Aku sendiri tidak mencoba karena sudah di Jkt. Sayang sekali hilang. Padahal yang made in Ny. Tjay Ek kalah jauh.Kabarnya sekarang ada yang jual lontong opor yang enak di Jl. Citarum, Smg.

  22. wakakakkaa… ini sarapanku jaman kuliah… golek sing ngirit tapi lumayan menep di perut :p

  23. makanan nostalgia. yang kayak gini nih yg ngangeni. Di Surabaya juga sering lewat jualan bubur2an gini. Paling tidak waktu aku masih kecil. Isinya bubur macem2 ditambah aneka jajan pasar. Bubur dikasih ketan dikasih kinca plus bubuk kedele. Ditaruh di pincuk pake sendok daun (suruh, suru atau juruh?)Jualnya nggak digendong tapi disunggi. Pengennnn banget bikin sendiri, tapi sing mangan sopo? Sing doyan ming aku thok. Ngenteni muleh rong taun selak ilere sak ember🙂

  24. naksir banget mbak Ine.apalagi pincuknya itu…………bikin extra tambah selera……

  25. Aku di Semarang kok perasaan ngga pernah makan bubur ketan kinca ya dari mbok-mbok penjual. Apa aku dulu selalu milih buburnya saja ya, biar gampang nelennya…..he..he..he..

  26. kabar terakhir dari tante saya, di depok, sebrang pasar prembaen, ada yang jual nasi kuning, langgi, dll termasuk lontong opor, umumnya enak2.di Ny Tjay Ik..muahal

  27. salatiga? hehehe.. di solo ada ndak yang jual? karena dulu aku nemunya cuma di semarang

  28. gak jodoh Sri..hehe.. di daerahku, di wotgandul, gang pinggir, gang baru,.. mbiyen akeh sing dodolan.

  29. wuah… nek maem dewe.. jelas males ya.. gawe sak uplik… repote podo wae

  30. hallo Tik, apa kabar? ini menu emang ngangeni

  31. aku paling nginces aja Ci Ine😦 liat photonya.

  32. Wah..aku doyan banget ketan kinca-nya… ini dah lama pengen bikin, makasih ya ci resepnya. Ci Ine emang TE O PE, hehehe…

  33. kok ngga pake duren nya ?

  34. bikin dong Nel..

  35. Sip Eve..ini emang ngangeni

  36. enggak Suz, yang pake duren itu cuma ketan aja, di siram kinca duren

  37. hehehe..bacanya lucu tp jadi pengen nyoba…

  38. enak ketoké….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: