Skip to content

Utri aka Lemet Singkong

April 8, 2010

Description:
Aku menyebutnya Utri, karena emang nama inilah yang kukenal sejak kecil.

Sementara sekarang ini, lebih populer dengan nama Lemet singkong, atau ada juga yang menyebut Timus. (hm.. Timus yang kukenal..ntar di posting juga resepnya)

Utri asik buat teman minum teh/kopi di sore hari, sambil baca buku santai, dan iringan musik keroncong… nyamleng dah.

Rasanya, udah hampir gak pernah ketemu lagi tukang kue menjual utri/lemet ini. Padahal bahan mudah di dapat, proses pembuatan juga nggak ribet. Mungkin nilai jualnya yang nggak bisa tinggi, sehingga tukang kue ogah bikinnya. iiih.. gemes deh, anak sekarang lebih demen pizza/donut

Utri kesukaanku yang dibungkus langsing panjang, karena… selain lebih manis bentuknya, makan satu juga tidak sampai mengenyangkan.

Utri buatan sendiri, aku suka gula merahnya tidak di campurkan, tapi justru di tabur sesaat sebelum di bungkus. jadi.. rasa manisnya pun tidak rata, dan memberikan warna belang blonteng di badan utri. Ini baru utri berkarakter. hehehe….

Untuk aroma, ada yang suka menggunakan vanilie pada adonan. Sementara aku hanya mengandalkan aroma dari pandan dan daun pisang saja.

Utri bisa di campur dengan nangka, pisang atau bahkan durian. glek…

Ingredients:
bahan:
400 gr singkong parut
125 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam

75 gr gula jawa, sisir kasar, sisihkan
4 lbr daun pandan, suwir, potong2
daun pisang untuk membungkus, potong selebar 12 cm
biting/lidi untuk menyemat
beberapa lembar daun pandan untuk mengukus

Directions:
1. campur jadi satu singkong, kelapa, gula pasir dan garam, aduk rata
2. bentangkan daun pisang, taruh sepotong pandan, taruh 1 sdm adonan secara memanjang sebesar jari orang dewasa.
3. Taburi dengan gula jawa yang sudah di sisir.
4. gulung daun, semat dengan biting/lidi.
5. masukkan beberapa lembar daun pandan pada air pengukus, kukus selama 30 menit.

From → Kue, Tradisional

14 Comments
  1. Jadi kangen makanan ini Ci’…kalo di Sidoarjo nyebutnya LUTRI, beda tipis😀 Kalo Emak saya yang bikin sukak dikasih nangka yang di potong kecil-kecil. TFS ya Ci’….

  2. iya, enak pake nangka. di sini dah ndak ada yang jual

  3. saya taunya ketimus hehehe…dulu wkt kerja msh ada ci yg jualan…spt di kantin utk supir2, suka mampir abis murmer…sopnya enak…trus suka beli si ketimus ini…

  4. kalo didesaku panggilnya klemet… mungkin masih ada di pasar entho🙂

  5. Wuahh ini salah satu jajanan tradisionil favorit selain lepet ketan, getuk dan ongol-ongol. Makasih banget yah atasnya sharing resep ini. Ci, tau cara bikin lepet ketan ga?

  6. namanya aliasnya banyak yaa…utri, lemet, timus. yang pernah denger dari kecil timus. dulu ada yang jualan keliling di rumah.

  7. aku tahunya itu timus, salah satu doyananku nie… tp males bikin soalnya di kompleks ada yang jual, pake potongan kelapa kecil2, tiap weekend kl lagi di rumah dan ingat, pasti beli, hmmm uenakkkk

  8. jadi ikutan pengen nih Ci….

  9. iya itu kayaknya ketimus mbak, jajanan di bdg dulu… biasanya minum pake bajigur atau bandrek🙂

  10. mba’…., kalo nda’ ada daun pisang, apa kira2 pake aluminium foil bisa juga…….?

  11. Geekkk … Ini salah satu kesukaanku, Ci …. Hikkk ,,,,, nyari singkong + kelapa kemana nih 😦 Jika pulang ke Indo, kudu ingat bawa singkong neh [balik ke Jpn, maksudnya😀 ]

  12. Lemet..uenak kl ditambah nangka,aromanya jd tambah merangsang :)Kl lagi gada daun..yah ditaruh loyang,enak juga

  13. Aku entar aja kalau mudik makan ini…disini bikin sendiri kok males yo…

  14. Timus kesukaan aku nih. Tapi kalo yem yg bikin, ditumplek aja di loyang. Skali2 suruh bikin gini akh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: