Skip to content

Lepet Jagung

April 10, 2010

Description:
Sudah lama pingin makan lepet jagung.. kalau dulu sih..beli aja di pasar masih banyak yang jual. Sekarang kog gak pernah ketemu… jadi kalau sampe pingin.. ya kudu bikin sendiri.

Trus kalau beli jagung di pasar tuh, udah bersih tanpa kulit. Bahkan sampe aku pesan agar di bawakan yang berkulit… aku di ketawain bakulnya, katanya, orang lain cari yang praktis, ini kog..malah cari repot.
Ya udah… jagung yang udah terkupas gak apa2… tapi bawain kulitnya gak usah banyak… setengah kantong kresek aja… eeeh… makin di ketawin. payah…

Trus dapatnya malah di supermarket, jagung masih berkulit. Lah kalau di buat jagung rebus segala, kan enak yang masih berkulit… ketimbang yang sudah ‘telanjang’

Ada yang lepet jagung pakai tepung sagu, aku demen pakai tepung ketan, dan jagungnya tak semuanya halus, ada yang masih kasar. jadi.. lepetnya nggak datar aja teksturnya.

Kapan2 aku mau bikin, justru pake beras ketan, aku bayangin kog… makin asyik nih…lepet jagung yang bertekstur.

Ingredients:
3 buah Jagung manis
100 gr kelapa setengah tua parut memanjang
100 gr tepung ketan
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanilie powder
3 lbr daun pandan

Directions:
– Kupas jagung secara hati2, agar kulitnya tidak robek2.
– Parut jagung menggunakan parutan rujak gobet, sebagian di sisir dengan pisau. Agar tidak semua jagung halus (berat jagung yang sudah di parut sekitar 300-400 gr)
– campur jagung, tepung ketan, kelapa parut, vanilie, garam dan gula, aduk rata
– bungkus 1 sendok makan adonan dengan menggunakan kulit jagung, dengan cara di gulung
– kukus selama 30 menit, masukkan pandan di dalam air pengukusnya
– sajikan setelah dingin

From → Kue, Tradisional

8 Comments
  1. jadi pengen bikin juga:)

  2. mirip2 tamales ci Ine, ada juga tamales versi mertuaku yg isinya dr pisang tanduk ijo diparut🙂

  3. Ci Ine, kalo next time bikin aku usul pake filling daging ayam dan gulanya dikurangin. Jadinya snack gurih itu. Tamales gurih biasanya jadi menu makan siang yg praktis buatku. Pernah juga ada yang bikin pake raspberries. Ndak enak blas.

  4. beda lepet sama lemet apa ya mba?

  5. O…lepet itu pake tepung ketan atau sagu to…..baru tahu aku….

  6. Kayaknya pernah makan ni, Ci … Duh, kapan ya bisa nyoba buat ???

  7. waaaaaaaa…. jadi pengen…. kayaknya bahannya ada semua, kecuali jagung…. mmm… nanti cari jagung di warung sebelah…. trims Ci Ine!

  8. iya mba ine emang lepet jagung mustinya pake klobot jagung ya….tp aq akhirnya dibungkus daun pisang terus bentuknya tum dech….:D,…wah aq mau coba resep ya ini ya mba, soalnya biasanya aq pakenya tepung maizena

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: