Skip to content

Nasi Bestikan Hisjman

April 11, 2010

Description:
Nasi Bestikan ini mungkin maksudnya nasi plus tiruan bestik, (bestik bestik-an) hahaha… Ini salah satu menu di Hisjman yang selalu di orderkan mami untukku, khusus tanpa daging, karena waktu itu masih kecil belum bisa makan daging.

Menu sebenarnya, sepiring nasi, dengan sepotong besar daging, di taburi bawang merah goreng, seiris tebal timun yang di kupas, di atasnya di tumpangi sambal khas Hisjman. Timun di solo, adalah timun besar, penampangnya mungkin segede penampang botol selei.. Jadi..tuh timun selalu di sajikan cukup seiris, terkupas, dan di potong tebal..1 cm.

Rasanya, kalau nasi bestikan telur, porsi nasinya sama, cuma telurnya dapat setengah. entah harganya sama atau beda… Aku senang kalau diajak makan di Hisjman, karena kalau di rumah, makan telur jatahnya cuma seperempat butir.

Kalau kami makan berdua, jatah sambal yang ada di pinggir piringku (meski buat anak2.. tetap sambal di bubuhkan) selalu di ambil mami. Setelah mulai remaja, aku bisa pergi sendiri ke Hisjman, bersama adikku, order nasi bestikan, dan karena sudah doyan daging, gak pernah lagi order nasi bestikan telur.

Sambalnya, entah pakai trasi nggak, tapi yang aku ingat, rasa tak terlalu menyengat, dan ada sedikit minyak cabe yang membaur ke kuah bestikan yang diperkaya aroma bawang merah goreng.

Aku menyimpulkan, bumbu daging bestikan sama dengan racikan selat, karena kalau masak racikan selat, dan dagingnya berlebih, aku tampilkan nasi bestikan, dan saat memakannya, perasaanku terbang ke jaman awal tahun 70-an, terkenang makan berdua dengan mami selesai belanja di pasar singosaren.

Ingredients:
ini persis racikan selat, aku kutip lagi
500 gr daging sengkel, potong melintang setebal 1 cm.
5 btr telur rebus, kupas
50 gr bawang merah, iris tipis
10 sdm kecap manis
2 bh tomat, belah dua, potong tipis2
1/4 sdt kayu manis
1/2 sdt pala bubuk
1/4 sdt lada bubuk
1/2 sdm garam (atau sesuai selera)
1 sdm gula (atau sesuai selera.)
2 sdm minyak untuk menumis
1000 ml air

Sambal goreng uleg:
10 cabe kriting
6 btr bawang merah, potong2 asal
2 bawang putih
1/2 btr tomat
garam
gula
1 sdm minyak goreng

PELENGKAP:
Timun
bawang merah goreng

Directions:
Daging dan telur bestikan:
1. Tumis irisan bawang merah bersama pala sampai layu dan harum
2. masukkan daging, kecap, air dan semua bumbu, tomat iris dan telur rebus.
3. Masak dengan api kecil, hingga daging empuk dan bumbu meresap
(aku masak dengan slowcooker)

Sambal goreng uleg
1. tumis cabe, tomat, bawang merah dan putih hingga cabe layu.
2. uleg tak terlalu halus, tambahkan garam dan gula.

Penyajian:
Sepiring nasi, di pinggir diberi irisan timun dan sambal, letakkan sepotong daging dan sepotong telur, di siram dengan kuah bestikan. Kuah tak semelimpah soto, tetapi cukup untuk membumbui sepiring nasi. orang jawa bilang…nyemek nyemek.

32 Comments
  1. jadi citarasanya mirip semur ya mbak?atau si selat solo itu lho.. iya ya?tampak enaaaak..

  2. wah! terlihat lezat….

  3. rasanya ya semur Da.. hehehe..

  4. ndak cuma terlihat, emang enak, apalagi kalau masaknya di inepin

  5. ho’oh…. jadi bumbunya lebih meresap ke dalam daging dan telurnya yah…ah! jadi pengen nih…tapi kemarin istri baru masakkin semur ceker ayam… lezaaaaat….😀

  6. aku ra ngalami hisjman :p

  7. Thanx for sharing.. kayanya pantas dicoba nih…

  8. sayang Yu… sosisnya enak bener… aku gak ingat menu lainnya selain sosis dan nasi bestikan. kayane ono huspot segala.. embuh nulisnya gimana…ini semacam burger steak rasa jawa disajikan ama mashed potato. huzaren sla juga ada kayane.

  9. enaknya makan makanan yg penuh kenangan

  10. cari timun seperti itu disini tidak ada🙂

  11. hijsman ini kalo jaman skrg masi ada pasti laris jadi tujuan wiskul, menu2nya fussion belanda gitu ya mbak.. Ah aku jadi keinget pas makan di hema *jkt* emg ga sama ama hijsman tp kayaknya nuansa belanda bikin larut dg nostalgia. Di hema juga enak2 banget

  12. elkaje said: kayane ono huspot segala.. embuh nulisnya gimana…

    Nulisnya hutspot, salah satu jenis stamppot yang sayurannya wortel dan bawang bombay. Ini satu-satunya stamppot yang Leo rada doyan. Stamppot lain, mboten mawon…..mendingan bestikan kayak gini nganggo sego…he..he..he..

  13. Aku wis nggawe iki…selat solo wis tak sulap jadi nasi bestikan Hijsman (kalau dugaanku, kemungkinan namanya adalah Hijsman bukan Hisjman karena dalam bahasa Belanda ada huruf “ij” yang dibacanya kayak kita baca “ei”. Tapi ya ngga tahu kalau kemudian di Indonesia huruf tersebut dimodifikasi lagi).Lha nek Leo, makan nasi bestik ini, ubo rampe nya ya kayak selat Solo, jan persis plek kaé…..he..he..he…Oh ya, kuahnya nyemek, ngga banjir…pokoke menurut dia, selat Solo jauh lebih enak dimakan pake nasi daripada kentang…..hi…hi…hi…

  14. Sri, yang nulis Hisjman kuwi versiku.. mungkin asline bener Hijsman. Aku bisa nulis Hisjman, karena beneran dari mendengar ucapan, bukan baca tulisan. hehehe… kiro2 artine opo nek Hijsman?KJ kuwi, nek aku suguhi racikan selat komplit pake kentang, ya tetep nyiduk nasi. hahaha..

  15. aku dah lama banget gak ke Hema, iya Lia.. mirip2 gitu.

  16. adanya timun yang gimana Nes?

  17. Ci Ine, daging sengkel itu daging apa yah? Bhs Inggris e apa? Juga sandung lamur, itu daging apa ya? Aku bingung dg istilah2 ini dweh…

  18. wow……mantap bangat.jd laffar….

  19. Ine….mungkin HUISMAN….tp yg kedengaran hijsman hehehehe…kan bahasa belanda ada yg di indonesiakan….atret…atret…kata tukang parkir..padahal sebenarenya achter uit….

  20. itu daging bagian betis.. ntar deh, aku scan penampang sapi dan bagian2nya.. biar lebih jelas

  21. kalau Huisman, ada artinya ndak cie?haha.. jangan2 atret itu malah di bakukan jadi bahasa indonesia lho.

  22. pasti enaaak banget juga nih mbak

  23. elkaje said: … kiro2 artine opo nek Hijsman?

    Setahuku Hijsman itu nama orang…..wingi arep takon Leo kok yo lali yo….

  24. iya Vit, penuh kenangan juga

  25. sama. saya juga suka sengkel, di semur. di kare, di soup,

  26. kalo di oz, sengkel itu Shank. Jadine Beef Shank. kalo sandung lamur ngga tau d, ga pernah beli hehehe…….kalo mo nyoba selat solo, di jkt, dimana yg enak ya ?

  27. ntar kalau aku niat mbikin, aku bilang kamu, minta si Udin ambil ya.

  28. ngiler ama telornya, thanks utk resep ci Ine.

  29. mba ine klo menceritakan membuat yang baca jadi ikutan terbang ke masanya mba ine dech..😀,

  30. laperrr laperr dan lapeerr… salahh masuk kalo pagi2 ga boleh ke blognya ci ine!!

  31. Keliatannya enak dh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: