Skip to content

Bubur Sagu Ambon

May 1, 2010

Description:
Aku ingat sekali kesan pertama kenal bubur ini, yaitu waktu TK, saat makan bersama, di beri bubur coklat brindilan.
Karena suka, bilang ke mami minta bubur yang brindil2.. tentu mami bingung memenuhi permintaanku.

sampai suatu saat ikut mami ke pasar singosaren, di tukang bubur aku melihat bubur brindil2 ini…naaah..baru tahu kalau ini namanya sagu ambon. Di solo sih, sagu ambon aja, tanpa campuran apa2.

Biasanya bubur sagu ambon di sebut sagu rangi, dengan campuran talas atau ubi. Ini adanya ubi…

Ingredients:
200 gr Sagu ambon, rendam air hingga mekar, hancurkan
150 gr gula jawa
800-1000 cc air. (tergantung selera kekentalan hasil akhirnya nanti)
Seruas jari jahe, memarkan.
3 lbr daun pandan
200 gr ubi merah, potong2

300 cc santan kental
2 lembar daun pandan.
1/2 sdt garam.
1/2 sdm sagu tani untuk mempertebal santan

Directions:
1. Rebus gula jawa dengan air, hingga gula larut
2. Saring air gula jawa, masukkan jahe, pandan dan ubi
3. masak hingga ubi matang, masukkan sagu yang sudah di tiriskan
4. masak hingga kental dan meletup letup

Santan:
didihkan santan, garam dan pandan, kentalkan dengan sedikit sagu.

Sajikan bubur dengan siraman santan. Enak di makan kalau bubur sudah dingin

From → Tradisional

26 Comments
  1. bikinnya kalo bulan puasa aja.. hehehe enak.. apalagi kalo jahenya banyak… bikin badan jadi hangat…🙂

  2. lah..aku bikinnya kalau lagi niat Ning..hehe..

  3. makanan kesukaan keluarga nie mbak… kebetulan ada sepupu yang baru datang bawa sagu, sayang tidak bawa sagu tumbuk hiks

  4. Wah aku harus nunggu mudik kalau mau makan ini…..perasaan belum pernah lihat sagu ambon di sini…..

  5. ehhh, kemaren ke philly baru aja ngeliat sagu ambon n iseng2 beli 1, hari ini dapet resepnya, yihaaaa, thanks banget Ci Ine

  6. ahh pernah bikin nih pake tales tapinya…cari sagu ranginya yg susah, ampe skrng blm nemu2 lagi…

  7. aiiih, ini cemilan favorit yg suka dibikinin mamah waktu akyu kecil duluw :(( udah bertaon-taon gak pernah makan ini lagi, ntar ah bikin kalo mamah udah pulang dari RS😀 tfs yaaak🙂

  8. Sukak banget bubur ini Ci’…kalo di Sidoarjo bubur ini termasuk isian dawet selain bubur ketan item dan bubur sumsum

  9. ci ine,… sagu rangi tuh piye bentuknya? beli dimana???kasih info yah ci ine..

  10. Saya termasuk yang ngga tau jenis sagu ambon, kalo makan seh pernah banget waktu di Indo😀 Pengen juga trial, tapi kalo sudah ketemu sagu ambon/sejenisnya😀

  11. sagu tumbuk itu yang kayak apa Fem?

  12. padahal banyak orang maluku di Holland ya Sri..

  13. jodoh tuh..Ratna sama sagunya

  14. di sini juga ndak setiap pasar ada tuh, tempo hari ketemunya malah di pasar Cikini

  15. waah… semoga mamanya cepat sehat ya Mi

  16. oh..gitu ya… coba ah.. kapan2 kalau bikin dawet tepung beras, aku kasi bubur ini

  17. Liv, itu yang kayak di foto, aku taruh di keranjang kecil bareng gula jawa. itu bentuk mentahnya. aku belinya di pasar cikini. karena di KG ndak ada.

  18. itu Mel, sagu ambon sebelum di masak, ikut nampang di foto yang warnanya pink dekat gula jawa

  19. ooh itu yah ci, pengen….

  20. Ci, yang mirip fungsinya sperti sagu ambon ada ga? Kalo ga ada ….. woaaaa 😦

  21. bisa juga yang itu..

  22. wah ini dia yang aku cari2, terimakasih resepnya mbak, makanan favorite kala kecil.

  23. Mbak sagu abon…samakah dengan tepung pati kirut?aku mo coba resep mbak, dengan pati kirut…..:-)

  24. beda say/… itu bentuk mentahnya liat di poto, yang di keranjang bareng gulajawa, warnanya rada pink..

  25. Ci, aku pernah makan bubur sagu ambon seperti ini tapi pakai talas. Wah jadi kepengen lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: