Skip to content

Mie siram Udang tahu taoco

May 1, 2010

Description:
Akhir2 ini seneng bikin aneka masakan mie, karena dapat mie yang enak di supermarket. Mienya mentah, aneka bentuk, yang halus, yang gepeng, yang lebar, yang bulat. Aku coba satu persatu.

Ini kali pertama bikin yang mie halus, duh…enak sekali di siram udang msak taoco.

Kalau suka pedas, tambahkan potongan cabe saat menumis, lebih sedaaap.

Ingredients:
300 gr mie mentah
2 siung bawang putih
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin

2 sdm minyak wijen
2 siung bawang putih, geprek, cincang kasar
1/2 butir bawang bombay, potong2
100 gr udang, kupas, sisakan kulitnya
1/2 potong tahu cina, potong2
3 atau 4 butir jamur champinon atau jamur merang, potong2
1 sdm taoco, haluskan
1 sdm anciu (optional)
1 sdm kecap asin
200 cc air..kalau ada kaldu
1 lbr daun bawang potong2.
garam, lada secukupnya
1 sdm maizena untuk mengentalkan

Directions:
Mie:
1. Rebus mie hingga matang, tiriskan
2. tumis bawang putih dengan minyak wijen hingga wangi, tambahkan kecap asin dan mie
3. masak hingga bumbu rata, taruh di piring.

Udang dan tahu:
1. goreng tahu setengah matang, sisihkan
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
3. masukkan semua bahan kecuali maizena, beri garam dan lada secukupnya
4. setelah mendidih, kentalkan dengan maizena.. jangan terlalu kental ya, saus tetap bisa mengalir.
5. Siramkan di atas mie.

From → Masak, Mie/Pasta

16 Comments
  1. Mbak, permisi tanyak, ini mie’nya mie kering atau mie basah? Disini banyak macemnya. Ada fresh mie yang pake tepung, Ada mie basah, Ada mie kering, belon lagi macemnya. Kalo yang mbak pake yg seperti apa ya?

  2. suamiku uda mulei doyan mkn ginian. Tumisan jamur & tahu, dulu aneh di lidahnya :))

  3. Pernah coba pake jamurnya yang item wangi itu?

  4. ini fresh mie, mentah. bisa juga pake mie kering.

  5. bagus dong Li..masak dan makan bisa lebih bervariasi ya

  6. Hioko? kalau hioko sering oom

  7. mie merek apa cik.. beli di supermarket apa juga😀

  8. Pengin nyoba ah kapan-kapan. Sing penting ora nganggo angciu ora popo to? Kebetulan aku sekarang nemu toko yang jual tahu yang enak. Rada jauh memang (mahal di ongkos. he..he..he..), tapi sekali-sekali ngga papa ke sana demi untuk makan tahu yang enak. Cuma sayang ngga bisa beli banyak untuk disimpan lama, taku cepet basi. Makasih bu lurah resepnya……

  9. kalau mienya digoreng kayak ifumie sedep juga yah ?

  10. helvinrita said: mie merek apa cik.. beli di supermarket apa juga😀

    Rita, aku beli di Farmer Market KG. merk mienya Happy, kemasan sederhana plastik bening, dengan merk dan petunjuk foto kopian yang di tempel. harga sekitar 10 ribuan per setengah kilo ini. ada macam2, mie bulat, mie gepeng, mie lebar, mie halus. ada pilihan putih atau kuning. aku belum membedakan yang putih dan kuning, tapi kalau menurut dugaanku, yang kuning itu pake kuning telur (lembut) yang putih lebih kenyal.

  11. oh Ci… fotonya bikin aku mau nangis darah…. sementara ini mi-mian lagi dihapus dari daftar menu, karena lagi diet rendah karbohidrat… mmm… tapi kalau buat akhir pekan, boleh juga niiiii….😛

  12. enak tenan, lafffar awak liatnya.

  13. Ini resep dari Saji yang dulu aku kirim ya Vit?

  14. Makasi banyak Cik Ine……asikkkkk… di sini kan ada farmer.. soalnya aku dah nyoba2 beli mie basah biasanya kurang OK… pengen bikin mie ayam ama ifumie nih cik

  15. yang mie alus, buat mie ayam, oke banget Rit.

  16. sedap juga kali mbak, kuahnya rada di banyakain klo gitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: