Skip to content
Tags

Timus

May 10, 2010

Description:
Gorengan tradisional yang simpel bikinnya, enak buat teman minum teh.

Adonan ubi, di beri sedikit garam, untuk menimbulkan rasa gurih. Trus, jangan memulungi terlalu besar, supaya tepung yang tercampur dalam adonan sempat matang rata.

enak sih..mengingatkan pada masa kecil, timus yang legit manis.

Ingredients:
500 gr ubi, kukus, haluskan
75 gr gula pasir
1/2 sdt vanilie
1/2 sdt garam
25 gr tepung sagu tani
minyak untuk menggoreng

Directions:
1. Campurkan ubi halus dengan gula, vanili dan tepung sagu, aduk rata
2. Pulungi adonan lonjong, jangan terlalu besar, agar tepung bisa matang sampai di tengah
3. panaskan minyak, goreng hingga kuning kecoklatan
4. Sajikan hangat.

From → Kue, Tradisional

31 Comments
  1. Buat orang betawi, timus itu lemet-nya orang jawa. Kalo kue ubi seperti ini, bilangnya kue ubi, biasanya ada isian gula merah di tengahnya

  2. lhooo… emang ini timus??setau saya timus itu yang dari singkong diparut kemudian dicampur dengan kelapa yang diiris dna gula jawa…saya suka banget sama timus, cuma ibu saya males bikinnya, soalnya capek marut singkongnya.jadi kalo mau makan timus, saya yang parutin singkongnya atau beli aja timus di tukang bajigur keliling :)enaaaaaaaaaaaaak……πŸ™‚

  3. baru tau kl timus terbuat dr ubi, bukan dari singkong…???tp enak, mau coba, kebetulan disini banyak ubi.thx Ci Ne, aku ambil resepnya. yah……

  4. kalau di jawa, gak pake isian Ning, soale udah manis. Kepikir di isi keju atau coklat.. tapi ntar kapan2 dah.

  5. kalau itu, di solo namanya Utri.. di sini di sebut lemet atau timus.

  6. siiip… semoga laris manis ntar bikinannya

  7. amoebasterix said: lhooo… emang ini timus??setau saya timus itu yang dari singkong diparut kemudian dicampur dengan kelapa yang diiris dna gula jawa…saya suka banget sama timus, cuma ibu saya males bikinnya, soalnya capek marut singkongnya.jadi kalo mau makan timus, saya yang parutin singkongnya atau beli aja timus di tukang bajigur keliling :)enaaaaaaaaaaaaak……πŸ™‚

    hiks… kangen sama timus ini… tukang bajigur cari dimana ya???πŸ™‚

  8. coba panggil aja si timus, siapa tau dia lagi ngumpet di kolong meja..mus..mus……. timus…….dimana kamu..???heuheuheu….kalo di Bekasi, masih banyak kok tukang bajigur yang keliling perumahan…

  9. baru tahu nie kl di Jawa namanya timus ya, setahuku ini bola-bola ubi, di tukang gorengan juga ada… tp jangan banyak2 makannya mbak, nti ada hawa tak sedap keluar xixixi

  10. Lha kalau ngga punya sagu tani, terus pake tapioka?Oh ya, aku sudah coba bikin rempeyek pake cetakan. Memang rontoknya jauh berkurang, tapi bener rada tebal….masih belum perfect, tapi sudah lumayan. Makasih, bu lurah….

  11. pernah makan tp ga tau namanya…beda jauh ya ama ketimus…

  12. Tepungnya harus sagu tani Cie ?

  13. Saya sampe lupa ini namanya apa Ci’….saking lamanya gak nemu ginian di Bogor

  14. oh ini namanya timus, biasa Mami bikin disebutnya bola2 obi, pernah makan yang dalamnya diisi dengan daging, namanya apa yah lupa. sagunya boleh sagu tapioka ngga yah?, disini ngga ada sagu tani Ci Ine.

  15. wah, saya jd inget masa2 di yogya dulu, soalnya di sby sy ga pernah lht org jual timus…thx resepnya.

  16. hmm harus pesen pak satpam niy… agar mempersilahken tukang bajigur lewatπŸ˜€

  17. Oalah.. kirain dari singkong.. ternyata salah .. hehehe

  18. bisa Sri..pake tapioka

  19. bisa tapioka, atau maizena. Lin

  20. tiap daerah punya nama ndiri2 ya Syl

  21. bisa Lin di ganti tapioka

  22. ntar kalau dah datang tukang bajigurnya, panggil aku ya.. mau ikutan beli :-))

  23. kalau yang dari singkong, namanya misro (sunda) di jawa namanya klenyem

  24. kebanyakan ubi emang bikin kentut bau ya Fem

  25. makannya kalo dicocol dengan kuah kinca kayaknya enak ya mbak??he.he.he..

  26. elkaje said: ntar kalau dah datang tukang bajigurnya, panggil aku ya.. mau ikutan beli :-))

    tukang bajigur belum datang juga.. tapi sudah ketemu timus yang dimaksuduenak tenan… bikin ketagihan… beli di ibu donat *soalnya dia jual bermacam2 donat* πŸ™‚

  27. hallo salam kenal ya…namaku irene..aku kmrn nyobai nih resep..tp kok pas digoreng ndak isa bagus gitu ya bentuk nya..malah jd ne rada gosong…ini nggoreng nya pake minyak banyak ga yah? trus mesti api sedang apa gmn? kok punyaku jd nya ga bagus gorengan nya..trus rada ada gosong2 nya

  28. Ne aku suka beli kue ini di bakmi orpa. Namanya setau aku kue bola hehehe…….enak loh

  29. Ne aku suka makan kue ini di bakmi orpa. Namanya kue bola. Enak loh……

  30. kalau di daerah saya(purwokerto) ini memang namanya timus.ya memang di tiap daerah punya nama sendiri- sendiri…trims resepnya.

Leave a Reply

