Skip to content

Masak alon alon pasti kelakon pakai Slow Cooker

January 25, 2011

Beberapa hari lalu Sri Fonkemecer pingin beli slowcooker dan tanya2 soal Slow cooker ini, merk apa yang jadi rekomendasi, bagaimana slow cooker yang baik.

Slow Cooker (SC) bentuknya mirip Rice Cooker, tetapi menggunakan claypot untuk bowl bagian dalam nya. Alat ini memasak dengan suhu relatif rendah, dan waktu yang lama. Makanan tidak cepat hangus dan kering di masak di SC, karena kelembaban di pertahankan, yaitu dengan tutup kaca yang rapat, meminimalkan uap air keluar. Suhu panas yang tidak terlalu tinggi, merata dan lembut, di distribusikan ke seluruh sisi bagian clay pot sehingga proses pematangan bahan menjadi lebih merata.

Claypot ini sebagai wadah memasak dan penahan panas, dari elemen pemanas di bagian bawah. Belakangan aku baru tahu, SC merk Takahi, elemen pemanasnya melingkar di samping. Tapi ingat, jika memasak bubur, pengadukan tetap di perlukan, tidak perlu terus menerus, tetapi beberapa puluh menit sekali, karena bahan makanan yang di masak, cenderung mengendap. Kalau tidak diaduk, lama kelamaan akan membentuk kerak, terutama untuk SC yang elemen pemanasnya di bagian bawah.

Konon, menurut beberapa sumber, memasak menggunakan SC, akan memproses gelatin dalam bahan makanan tsb secara perlahan, sehingga tidak melepaskan sari makanan tsb keluar.Entah penjelasan ilmiahnya bagaimana. Tapi berdasarkan apa yang aku alami, hasil masakan dengan SC memang berbeda tekstur dan rasanya.

Memasak dengan SC memang membutuhkan waktu lebih lama, dibanding memasak cara konvensional, atau bahkan menggunakan Presscooker (panci tekan/panci Presto). Tetapi ini tetap bisa menjadi salah satu cara masak praktis bagiku, untuk beberapa masakan tertentu, dan mendapatkan citarasa masakan yang lebih nikmat.

Dengan SC, bumbu terasa lebih meresap, dan bahan makanan (terutama daging) tetap terlihat utuh, tapi sangat empuk. Bahkan untuk memasak bubur, atau merebus kacang-kacangan,tekstur rasa yang tercipta, lebih legit.

Untuk memasak daging, khususnya rendang, meski sama sama butuh waktu lama, jika menggunakan SC, hanya menjadi sampai kalio saja. Kuah santannya perlu di keringkan sendiri dengan menggunakan wajan secara konvensional.

Cara masak menggunakan slow cooker ala aku, dengan setelan low temperatur:

Daging/Ayam:
Tumis bumbu seperti biasa, tambahkan air, masak hingga mendidih, lanjutkan masak dengan SC, agar bumbu meresap dan daging empuk. (daging sapi perlu waktu 3-4 jam. Ayam perlu waktu maks 2 jam)

Bubur Ayam:
Tumis bumbu seperti biasa, tambahkan ayam, beras, air, masak hingga mendidih, lanjutkan masak dengan SC, aduk tiap beberapa menit sekali, hingga bubur mengental dan bumbu meresap. (komposisi beras:air, 1:4, butuh waktu kira-kira 4 jam, aduk tiap 20-30 menit sekali)

Kuah Kacang (hijau, tanah)
Didihkan air dan daun pandan, masukkan kacang, lanjutkan masak dengan SC hingga kacang setengah empuk, tambahkan garam dan gula, lanjut masak hingga kacang empuk. (kacang hijau, kira2 2 jam, kacang tanah perlu waktu 3-4 jam)

Gudeg:
Rebus nangka muda sebentar, untuk menghilangkan getahnya. Tumis bumbu seperti biasa, tambahkan nangka, santan encer secukupnya. Setelah santan mendidih, pindahkan ke SC, tambahkan ayam, telur tahu. Masak hingga semua bumbu meresap dan nangka lunak. (kira2 2-3 jam) Areh gudeg di masak tersendiri, di tambahkan di saat akan menyajikan.

Memasak dengan kuah santan (Gule, opor, pindang kudus, soto betawi):
Gunakan santan yang encer, untuk meresapkan dan mengempukkan, terakhir, tambahkan santan kental yang sudah di didihkan terpisah, supaya kuah santan tidak pecah dan tetap cantik.

Selain sebagai alat masak, SC cantik juga di gunakan sebagai wadah saji yang bisa terus menjaga agar masakan terutama masakan berkuah tersaji tetap panas.

Merk

Merk apa yang direkomendasikan? Hm… dulu sebelum punya SC, tahunya yang terkenal itu merk Takahi. Merk Panasonic juga ada SCya, dengan banyak fungsi pengaturan. Dua merk ini harga cukup tinggi, lebih tinggi dari rice cooker malahan.

Tapi waktu aku jalan ke suatu hypermart, ada SC murah, Cuma 100 ribu lebih dikit, merk maspion, kapasitas juga hanya 1,8 L. tombol fungsi hanya pengatur panas, low, high, dan auto. Tidak ada timernya. Tanpa mikir panjang.. karena murahnya… beli, dan pakai sampai sekarang.

Kapasitas ini pas untuk keluarga kecilku, dan ini sudah hampir 5 tahun, tidak pernah masalah. yang punyaku di gambar, yang kanan atas tuh. persis warnanya juga putih dan cream.

Kenapa merk Takahi lebih mahal dari yang lain? Heater takahi, bukan di bagian bawah body, tetapi melingkar di pinggiran body bawah. Analisaku, panas lebih cepat merata, daripada slowcooker biasa yang heaternya menempel di dasar bowl. Dan untuk memasak bubur, yang memang selalu mengendap, kalau heater di dasar bowl, pasti lebih cepat berkerak dan gosong di banding yang yang melingkar di pinggir bowl.

From → Tips/Alat dapur

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: