Skip to content

Kukis Kacang

May 3, 2011

Description:
Waktu kopdaran di rumah Ningnong, pulangnya kami di beri setoples kukis kacang. Kata anak2 enak tuh.. aku sih nggak di sisain, malah di suruh bikin lagi.

Langsung minta resepnya ke Ningnong, nggak usah nunggu besok, langsung di bikin.

Emang enak.. rasa kue tempo doeloe.

Resep dari ibundanya Ningnong terimakasih ya Ning, sampaikan salam dan doaku buat ibu, semoga sehat selalu.

Aku gak memodifikasi resep, hanya menambahkan vanila biar lebih wangiiiii

Ingredients:
500 gram kacang tanah yang masih berkulit ari, goreng
500 gram minyak goreng
500 gram gula halus
1100 gram terigu sangrai
1 sdt garam
2 butir telor, kocok asal lepas
4 sdm margarin
2 sdt vanila extract

2-3 kuning telur untuk olesan
almond iris atau kacang mede atau kenari cincang buat taburan

Directions:
1. campur terigu, gula halus, dengan garam, aduk rata
2. Blender sampai halus kacang tanah matang berikut kulit arinya campur dengan minyak goreng
3. tuang adonan kacang halus ke dalam adonan tepung, aduk rata
4. tuang kocokan telor, aduk rata
5. tambahkan margarin, aduk sampai adonan bisa dibentuk (kurang lebih 200 gram) —> amat sangat tergantung pada kelembaban/kekeringan tepung
6. giling adonan tipis, kurang lebih 5-7 mm, cetak sesuai selera
7. pindahkan ke atas loyang yang dialasi baking sheet (atau dioles margarin)
8. oles kuning telor, beri hiasan kacang sesuai selera
9. panggang di oven yang telah dipanaskan 150 derajat C, selama kurang lebih 20 menit —> tergantung oven yaaaa…
10. angkat, dinginkan, simpan dalam wadah kedap udara

From → Kue

18 Comments
  1. Asiiikkk… enyaak nih.. aku tau banget.. apalagi aku cookie monster.. kapan2 bikin ah.. tp ancurlah diet😀

  2. pasti Ros, kudu kuat iman nih.. di satu sisi pingin menyenangkan anak2, di sisi lain, kita lemah.. pingin ngemil terus. hihihi

  3. Jadi kangen kukis kacang buatan ibuku, sama resepnya sama pake minyak goreng…

  4. khas kue jadul.. udah lupa kapan pertama kali ibu bikin kue ini…

  5. trus punya mana ci???………..hua………..hua……….hua……….

  6. Ci..copas ya…menarik untuk dicoba… hehe…TFS juga buat mamanya Mbak Ning

  7. dulu aku pernah bikin, lupa pake resep siapa, rapuh banget. ini enak dan kokoh In

  8. klo dah makan, makin lupa lagi berapa banyak yang udah di emplok.hihihi

  9. kamu mau berapa kilo Jeane? **hahaha…. sok nantangin.**

  10. silakan Cing.. aku juga copas resepnya ningnong

  11. Iya kukis kacangnya bundanya ningnong enak banget, aku yang jualan kuker kadang dah bosan makan kukis eh ini ga mau berhenti, secara aku doyan kacang hehe, setengah toples dah habis tuh hihihi thanks ya ning resepnya kapan2 aku coba😀

  12. jadi tambah pngen bikin nih Ci… tp badan dah + melar….. jadi bingung … hehehehe

  13. asyik ada resep enak tapi kayaknya yang makan aku doang deh, soalnya suami tdk terlalu suka cookies hehhe🙂

  14. iya kukis kacang ibunya Nining uenak, ngemplok terus gak bisa berenti.

  15. mbak ijin numpang copas yaa resepnyaa..mau praktek drumah..:-)btw,1100 gram terigu sangrai itu..mksdnya terigu dsangrai di wajan gt ya mbak?–maap ga mudeng,bru bljr masak soalny..heheehmksih^^

  16. maaf Ci ine, kalo pake selai kacang kira2 bisa ndak ya ?makasih infonya

  17. @ Erni: aku bantu jawab ya.. Bisa aja pakai peanut butter, tapi kurang sedep😀 (sudah pernah coba)

  18. Ci ine kemana ya? Kok menghilang? Kangen aku sama tulisannya😦

Leave a Reply

