Skip to content

Petis Kangkung

May 22, 2011

Description:
Di masa SMA, sekolahku tak jauh dari jalan Lingga tempat ibu Lubis, penjual janganan (pecel), lotis/rujak, Petis kangkung.

Kalau beli di ibu Lubis, tak pernah ganti menu, aku selalu ordernya petis kangkung. Meski aku juga suka makan pecel, menurutku, petis kangkung ibu Lubis rasanya lebih unggul dari janganannya.

Untuk aroma bumbu petisnya, meski sudah pakai daun jeruk purut, masih juga pakai jeruk Limau, yang di uleg se kulit kulitnya.

Ingredients:
2 ikat kangkung

1/2 sdt garam
2 siung bawang putih
2 lbr daun jeruk
4 sdm petis udang
2 mata asam, di cairkan dengan 6 sdm air matang
1 sdm gula jawa
4 cabe rawit merah (pedas sesuaikan selera)

Pelengkap:
Tahu pong goreng
Kerupuk kampung putih

Directions:
Cara:
– Uleg garam, bawang putih, daun jeruk dan cabai hingga halus
– tambahkan petis udang, gula jawa, uleg hingga tercampur rata
– tambahkan sedikit air asam jawa
– belah jeruk limau, buang bijinya, uleg berikut kulitnya. (kulit jeruk tidak akan hancur, tapi memberi aroma lebih wangi)
– campurkan kangkung yang sudah di rebus dan di tiriskan.
– Sajikan bersama kerupuk kampung dan tahu pong goreng

14 Comments
  1. Kalau gaya Cerebonan, namanya Rujak Sambel Asem. Enak, seger-meger, pedes-medes. Versi kumplit: kangkung + toge, timun, disiram bumbu sambel asem-nya. Variasi bisa dikasih bakmi basah juga. Versi minimalis: isinya cuma timun doang diuleg bareng bumbu pedes-nya, pake petis, cabe merah, asem (banyakan).Ini tampilannya: http://ophoeng.multiply.com/recipes/item/37/Rujak_Sambel_Asem_Plus_Plushttp://ophoeng.multiply.com/journal/item/265/Padu_Padan_Rujak_Sambel_Asem_Kolek_Gedang_Nan_Nyamleng_Jeh

  2. kalo ibuku bilang, rujak kangkung.. sambel + asem2 blimbing wuluh, di aduk2 campur kangkung (sepertinya begitu bumbunya hihi)

  3. hihi… aku barusan bikin tadi malem, cuma krn ga ada stok krupuk jadinya bikin krupuk microwave… :))

  4. Ooohh.. kangen kangkung.. diu suka banget, kalo mudik minta kangkung.. diapain aja.. tp di mana2 ga pernah nemu kangkung😦 malas nyari juga sih..😛

  5. thks Oom, iya, mestinya pake timun juga, ini gak punya. hehe..

  6. ada yang bilang pecel kangkung juga Cho

  7. sehati dong.. hehe

  8. haha… ya disini murah banget, beli 2 ribu bisa buat makan sekeluarga

  9. aku punya petis kagak tau cara masaknya. kebetulan banget posting resep ini. aku copas ya. thanks bu

  10. maem kangkung enakkkkkk, ngantuk dan lancarrrrr

  11. ci, kalo rujak cingur, pake petis juga kan ya? cari ah resepnyaaaaa🙂

  12. siiip mbak

  13. hahaha… orang bilang emang bikin ngantuk Na.. tapi aku kog gak berasa ya

  14. iya.. pake petis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: