Skip to content

Tahu Petis

May 22, 2011

Description:
Camilan semarangan, tahu petis. Kalau di semarang sih, tinggal beli di Prasojo simpang lima, atau di warung wedang di Mataram. Tapi di Jkt, bikin sendiri lebih enak ketimbang beli.. karena mahal dan rasanya masih jauh dari Prasojo.

Ini camilan sederhana, Tahu yang di potong tak terlalu tebal, di goreng kering, lalu di belah di isi dengan petis udang.

Petisnya jangan petis kwalitas prima semua, justru enak di campur petis yang kwalitas sedang dan di olah lagi. Petisnya di bumbuin lagi… makin sedap di makan hangat dengan nyeplus cabe rawit.

Tahunya, enak menggoreng sendiri, bisa di atur kekerinan kulit tahunya, kering, tapi tak sekering tahu sumedang yang siap makan.

Ingredients:
– 20 tahu pong atau tahu sumedang mentah,
intinya, tahu yang digoreng bisa berkulit… jangan tahu cina atau tahu takwa atau tahu bandung.. nggak cocok tuh. Potong tahu, ketebalan 2 cm. karena tahu pong memang potongan tahunya tak terlalu tebal.

– Minyak untuk menggoreng

Bahan Petis
3 sdm petis kwalitas prima
2 sdm petis kwalitas sedang
2 bawang putih
garam, gula seperlunya
beberapa sendok makan air asam

Directions:
Petis :
– Uleg bawang putih hingga halus
– campurkan petis, bawang putih, tambahkan satu atau dua sendok makan air asam, aduk rata dan mencapai kekentalan yang dikehendaki. (kira2 sekental mayonaise, karena petis yang dijual, umumnya agak liat)
– tambahkan garam atau gula, hingga rasa asin manisnya sesuai selera.

Penyelesaian:
– goreng tahu hingga kulitnya kering
– panas-panas, belah salah satu sisinya, isi dengan sesendok teh petis
– Sajikan panas dengan cabe rawit

19 Comments
  1. Mb Ine, petis sing kwalitas prima atau sedang ki merk opo?. Aku biasa beli merk bhek kalau lagi ke Surabaya, kui sing prima opo sedang? hehehe…, makasih…rully.

  2. Cik Ine, di BSD ada yang khusus juwal tahu petis dari Semarang – tapi, petisnya gak enak. Juga agak-agak pelit kasih petisnya. Gaka tahu mereknya Prasojo atau bukan.Ada satu kedai bakmi Semarangan juga juwal tahu petis, yang ini lebih enak – petisnya juga berlimpah. Sayang sudah tutup kayaknya tuh.Petis yang baik (dan bener), katanya mestinya gak liat, walau tarok di kulkas. Saya pernah beli di satu warung Jatiman di Bintaro (Tegal Rotan), ternyata bener. Gak liat – punya Ny. S yang dari Sidoarjo malah liat. Katanya sih itu kerana kebanyakan tepungnya jadi liat dan keras – make sense.O, ya, itu resep, petisnya gak dimasak tah?

  3. pake di cicip Rul, rasanya manis2 ada sedikit pahit. susah di jelasin, klo yang bermerk, kayak bhek, ny siok, itu kental banget, rasanya sih oke

  4. Oom, krn langsung di makan, gak di masak, sekali pake abis. klo mau makan, ngaduk lagi. klo buat jualan, mungkin perlu di masak, biar lebih awet.emang.. pernah beli petis Ny S, liat kayak lem. aku beli petisnya malah di pasar johar semarang. minta coba dulu.. di dulit di endus dan dijilat dulu. hehehe… baru beli.

  5. jajanan sederhana tapi ngangeni ya ci Ine…. hehe, bulan depan nyerbu Prasojo ah🙂

  6. cik, petis kwalitas prima ama sedang bisa tolong difotoin gaa… aku juga kuangen pollllll sama yg namanya tahu petis niii😀😀

  7. emmm enak aku suka banget karena makanan kesukaan papiku.

  8. aku malah kemarin nggak beli di prasojo, sekarang ini jarang beli gorengan Ka. klo pingin… mending goreng ndiri.

  9. aku beli kiloan di pasar Johar Rit. ada 2 macam, aku colek dulu, cicip dulu. Yang bagus, berasa udang, teksturnya agak lembek. yang satunya lagi.. harganya murah, teksturnya lebih kental mirip lem castol, rasanya cuma manis2 gurih doang

  10. iya Fer, sederhana, tapi ngangeni.

  11. makanan semarang emang bikin kangen😉

  12. Mbak Ine posting petis kangkung & tahu petis, bikin aku tambah kangen Smg aja… Bulan depan mesti balas dendam deh…🙂

  13. haha.. ya.sempatin belanja petis juga biar bisa di bawa pulang Shin buat persediaan klo lagi pingin

  14. nah yang seperti ini ngga ada nih disini, tahunya semua berair.

  15. nggak bisa kopong tengahnya ya Lin?

  16. Duduk manis menikmati gambar petis…..

  17. soale ora iso ndulit yo?

  18. Aku biasanya tidak suka petis, kecuali yang sudah diolah lagi dan dimakan pakai tahu.

  19. ada tahu yg kopong tengahnya dijual sudah digoreng, namanya tofu pok, tetapi ngga daging tahunya, benar benar kopong, mungkin kapan2 saya coba pake itu tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: