Skip to content

Meracik aneka bumbu dengan Stick Blender

March 25, 2012

gambar dari berbagai sumber, kecuali kanan bawah, stick blenderku dengan cup plastik bekas

Stick Blender ini peralatan elektronik yang paling sering aku pakai untuk memasak, karena praktis, untuk memblender apa aja di tempat apa aja.

Untuk membuat bumbu-bumbu halus, cepet dan tidak perlu keluar tenaga, stick blender ini bisa jadi andalan.

Untuk menghaluskan sedikit bahan, pakai wadah kecil, seperti wadah cup bekas mie instant, yang penampang alasnya sedikit lebih besar dari moncong stick blender, sehingga stick blender bisa leluasa menghaluskan bahan yang sedikit ini.

Untuk bahan yang lebih banyak, pakai wadah yang lebih besar, seperti panci, stainless bowl dll, atau bahkan di tempat memasaknya sekalian, asal jangan panas2. Tapi ada juga heavy duty stick blender yang bisa dipake untuk blender bahan panas… ngiler dah.

Stick blender ini akan bisa bekerja efektif untuk bahan makanan yang sedikit basah. Nggak bisa untuk bahan kering, karena bahan kering serbuknya bisa terbang keluar wadah, karena tak ada tutup yang melindunginya.

Aku mengumpulkan beberapa cup bekas mie instant ini, untuk wadah penghalus bumbu. Misalnya merencanakan masak beberapa macam masakan,racik bumbu2 di masing2 cup. Lalu gunakan stick blender untuk menghaluskan di masing2 cup.

Urutannya adalah bumbu yang paling sederhana, yang paling netral warnanya. Misalnya bumbu rawon, bumbu soto kuning dan bumbu terik daging.Ya.. mulai dulu dari bumbu terik daging yang tak berwarna, trus menghaluskan bumbu soto, terakhir bumbu rawon, tanpa harus selalu mencuci blendernya.

Untuk bahan yang lebih banyak, misalnya aku membuat sambal bajak, setengah kilo cabe, setelah di masak, tetap di pancinya biarkan dingin, lalu gunakan stick blender langsung di panci tsb, naik turun, kiri kanan… halus dah tuh sambel dalam waktu tak terlalu lama.

Mencucinya juga cukup mudah, isi cup dengan air, nyalakan stick blender, sehingga mengocok air tsb.Tambahkan sedikit sabun cuci bila perlu. Bilas ujung stick blender di air kran yang mengalir.

From → Tips/Alat dapur

2 Comments
  1. dewi permalink

    sy lg mencari alat yg memudahkan sy di dapur. sy biasanya memakai blender biasa utk menghaluskan bumbu tapi yah kekurangannya harus memakai air. nah mau nanya nih. kalo stick blender gini apa tdk perlu memakai tambahan air? terutama utk membuat sambal terasi dan sambal2 lainya. tks sebelumnya ya mbak

    • hai Dewi,
      tergantung jumlahnya juga. Kalau saya bikin bumbu jumlahnya sedikit (hasil akhir kira2 2-3 sendok makan), memang perlu di kasi air supaya ini bumbu bisa bergolak saat di blender.
      tapi kalau saya bikin sambel, setidaknya 250 gr cabe, saya tidak perlu tambah air lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: