Skip to content

Magic cooker, Panci pengempuk yang nggak bikin was was

December 3, 2012

Kenal panci ini, akibat hasutan intens dari cie Inge Gunawan. Hasutannya beneran bagaikan racun yang langsung menghipnotisku untuk keluar duit🙂

Waktu itu, kami janjian jalan-jalan ke pasar Petak sembilan. Sebelum acara di mulai, cie Inge dengan semangat cerita soal panci pengempuk, yang di jual di salah satu toko yang akan kami lewati. Berkali kali ngomong soal panci ini. Dan…. pancinya sudah habis di toko itu.

Tak kurang semangat, cie inge ngajak ke toko lain, rada jauh, untuk memamerkan itu panci.

Karena aku percaya cie Inge, apalagi melihat semangatnya, maka aku pun beli tuh panci. Rp 370.000. Saat membayar, masih ada keraguan,  Rasanya… mahal banget, harga sebuah panci berbentuk thermos itu.

magic cooker

***

Suatu hari, aku memasak rawon. Bumbu di tumis hingga harum, masukkan daging, tambahkan air, tuang ke dalam panci ini, lalu didihkan selama 10 menit.

Angkat panci, pasang tutupnya, masukkan ke dalam wadahnya, tutup rapat.

Semua ini aku lakukan sambil percaya nggak percaya, beneran empuk nggak ya? Karena KJ-swami- tuh suka rewel kalau masak daging nggak beneran empuk.

4 jam kemudian.. saatnya makan siang, itu thermos di buka… aku cicip.. woooooow… dagingnya muprul, empuk meresap. tanpa api, tanpa listrik.

***

Nah.. panci ini sekarang jadi andalan untuk masak masak berkuah, seperti soto, sop daging, gule, kare. Irit.. praktis.. dan nggak was was. (gosong, keasinan, lupa matikan api dll)

***
tambahan lagi:
suatu hari ke pasar ular, perlu beli sesuatu, saat sedang nunggu barang diambilkan, mataku tertuju pada thermos panci pengempuk ini, tapi karena ukurannya lebih kecil daripunyaku, aku agak ragu. Supaya yakin, aku tanya pada si empunya toko Leo, “ini apa?” Dia menjelaskan ini termos untuk piknik, kalau mau bawa makanan berkuah. titik.

Ada berapa ukuran? mana kotaknya? aku pun minta di keluarkan yang ukuran 3 L, yang persis punyaku. Yang keluar memang kotaknya Magic cooker ini. Aku bilang ke engkohnya toko Leo, kalau ini panci pengempuk, begini cara pakainya, hasilnya akan begini..begitu. Eh…. dia malah sojah sojah bilang terimakasih di kasi infonya, karena selama ini dia jualan nggak tahu itu maksud “magic” nya.

aku pikir, dengan begitu, dia akan kasi tambahan discount, ternyata enggak tuh… di toko Leo harganya 340 atau 350 ribu… lupa, tapi lebih murah daripada di glodog. Kebetulan SriFon bilang mau beli panci ini, aku beliin skalian, mumpung mau ketemu.

sekitar 340-350…lupa aku.

From → Tips/Alat dapur

24 Comments
  1. Aku udah tergoda sekali… belum sempet ke Glodok lagi Ci🙂
    Thanks for sharing, makin ngiler…

    • ine elkaje permalink

      cepetan Van, ntar keburu kehabisan lagi🙂

  2. Makasih infonya, mbak Ine. Masuk wish list…..pokoke dicatet. Terus belinya harus di Petak 9 ya mbak? gedene sepiro? Ada ukurannya? Maturnuwun sak derengipun.
    Aku wis ngandani Leo, KUDU TUKU! ha..ha..ha..

    • ine elkaje permalink

      Sri, Dimensinya 20X20 tinggi 30 cm. bisa masuk koper kog :-)) ya, tahunya kemarin di glodok sih, belum tanya di tempat lain.

  3. Makasih sharing panci ajaibnya mbak ine ….

  4. ini kayak panci stainless dimasukin termos ya, jadi panasnya awet
    bikin ngirit gas😀

  5. silvia permalink

    Asikk..Ci Ine aktif lagi, aku pikir masi sakit mata, ternyata pindah ke sini..Ci, kalau aku sih pake pressure cooker juga bisa kok, asal abis api dimatiin gak dinyalain lagi sampai berjam-jam. Masak dari siang2, bukanya baru malem, empuk kok..aku males sih beli panci macem2, lemari dapur penuh

    • ine elkaje permalink

      ini udah menahan diri beberapa lama ndak belanja Vi, nah saking kena racun ci Inge nih, jadi beli:-)

  6. silvia permalink

    OO…sama ini Ci, dulu aku juga pernah, pake rice cooker juga bisa kok. Abis dimasak di panci biasa, masukin rice cooker, terus diamkan selama berjam2 pakai fungsi ‘warm’

    • silvia permalink

      gak di ‘warm’ juga bisa sih, seingetku, soalnya struktur magic cooker sama rice cooker ini sebenernya sama ya, cuma rice cooker mungkin lebih kecil kapasitasnya

      • ine elkaje permalink

        Silvi, aku pernah liat rice cooker yang memang bisa buat masak, ndak sekedar warm. kayaknya suhunya lebih tinggi dari warm, tapi tidak ada timingnya seperti masak nasi. rice cooker serba gunalah.
        nah.. aku belum pernah pakai “warm” untuk slow cook, lah bikin nasi aja setiap akan makan, jadi nasi pun jarang di tinggal di rice cooker

  7. mbak Ine mereknya apan itu atau magic cooker itu termasuk merek…..pengen hehehe

    • ine elkaje permalink

      merknya ya magic cooker gitu, kalau tanya di toko, cuma bilang panci pengempuk

  8. baru tahu ada magic cooker kaya termos.. biasanya kalu mo ngempukin daku pake slow cooker deh.. colokin rawon sebelum tidur, sajikan saat sarapan..
    “termos” ajaib ini kapasitasnya 5 liter ya? *cari ah ke petak9..

    • ine elkaje permalink

      cuma 3 liter mbak, belum lama saya beli di pasar ular tanjung priok, lebih murah cuma 345 ribu.

      • lebih murahnya ga jauh banyak ya.. eh di pasar uler ada? kesanaaaaaa..

  9. gimana cara kerjanya ya Ne ?

    • kayaknya nih mbah, prinsipnya panas tsb di bekap untuk mengempukkan daging tsb.
      panci stainlesnya juga tebel.

  10. sinta permalink

    Ci ine tq u sharenya sy merasa terberkati dgn sharenya ci ine, u memastikan termos ini pake listrik ato ga ya? Termksh. Gbu

    • Hallo Sinta, terimakasih udah berkunjung ke dapurku.
      ini tidak pakai listrik sama sekali. makanya saya bilang nggak bikin was-was.
      karena kalau macam slowcooker, pakai listrik, kaldunya bisa menyusut juga.

  11. sinta permalink

    Ok ci, tq. Sy tau ci udh lama wkt di multiply. Tq banget u resep2nya.

  12. helena_benedicta@yahoo.com permalink

    wuih mantaf nih….kalo sekarang harganya berapa ya?biasanya tempat beli panci panci yg harganya murah dimana ci?tq

    • entah sekarang berapa harganya. Panci2 murah ya di pasar ular. atau di toko melati pasar baru, pilihannya banyak

  13. Ci Ine, dulu banget baca postingan ini dan kemarin waktu aku pulang ke Indonesia, aku nggak sengaja lihat magic cooker ini. Sama persis. Teringat postingannya aku beli deh hehehe makasih ya Ci sudah sharing tentang magic cooker ini

Leave a Reply

