Skip to content

Sate Males

May 26, 2013

Ini niru resep mbak Estherlita.

Duluuuuu… waktu sering ngumpul di rumah mbak Estherlita, pernah di masakin ini, katanya karena males nusukin daging ayam, maka terciptalah resep ini. *sudah lama tidak ngumpul2 lagi ama genk ini*

Memang praktis dan cepat, cuma kurang satu… aroma asapnya yang ndak ada. hehehe…
Ini jurus ampuh kalau lagi mati ide masak apa, dan kebetulan punya daging ayam. Kalau bumbu kacang sih, selalu tersedia di lemari es.

Lumayan sering masak ini, karena anak2 juga suka.

sate males

Bahan:

400 gr daging ayam tanpa tulang tanpa kulit, potong kecil2 layaknya mau di sate
3 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, geprek, cincang halus
2 sdm minyak goreng
2 sdm kecap manis
250 gr sambal kacang/sambal pecel, cairkan dengan air secukupnya, didihkan.
2 buah jeruk limo
1 sdm bawang merah goreng

cara:

1. tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum
2. masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan kecap, masak sampai airnya menyusut.
3. masukkan sambal kacang, masak hingga bumbu kacang merata bercampur daging ayam. angkat dari api.
4. sajikan dengan menaburkan bawang merah goreng dan kucuran jeruk limo

Note:
– lebih enak daging ayam bagian paha, dibanding bagian dada.
– Jika suka, pelengkapnya cabe rawit iris dan bawang merah iris (mentah) makin mirip sate ayam beneran nih.

13 Comments
  1. Hihi.. mantap juga sate males nusuknya🙂

  2. pake kacang emang lebih mirip sate walupun ga dipanggang dan ga tusukin.. lucu namanya sate malas..

    • tahu sendiri lah mbak, kalau mbak Estherlita itu kreatif dan lucu kalau menciptakan nama. Kenal ama beliau kan?

      • pernah ke rumahnya di taman anggrek ambil sumak..😀
        pernah ikutan demo masak arab deh.. nanti september ada demo lagi.. ikut yok mbak ine.. waktu demo masak arab maren ketemuan sama nining loh.. rame..

  3. Dian P permalink

    kangen banget sama MP ya mbak ine ..😦

  4. Andalanku kalau bikin sate.
    Lebih males lagi bikinanku mbak.
    Bumbunya dicampur semuanya ke daging ayam / daging sapi. Dibiarkan semalam di kulkas, besoknya baru dipanggang. Mau lebih males lagi? Dimasukin microwave.
    Hihihihihihi…
    Bawang merah dan cabe rawit diiris iris pada saat akan dihidangkan.

  5. met kenal ci

  6. Mba ineeeeeeee, jeruk limo itu jeruk nipis bukan ya?

    • bukan Non.
      Jeruk Limo itu lebih kecil2, lebih beraroma Wangi, bijinya banyak, yang biasa buat siomay bandung,

  7. hehehe males tusuk menusuk pun jadi resep ya mbak😀

  8. Motik permalink

    Salam kenal Mba Ine, di tempat kami ndak ada jeruk limo. Apakah bisa pakai lemon saja? Ada ngaruh ke rasa ndak yah? Makasih. Motik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: